Jumat, 27 September 2019

TEMA 3 SUB 3 PB 1

MATERI AJAR HARI JUM'AT, 27 SEPTEMBER 2019

B. INDONESIA
Memperagakan iklan media elektronik






















Membuat naskah iklan media elektronik





















IPA

Fungsi dan Gangguan Organ Pencernaan Manusia



 Kita sudah belajar tentang organ pencernaan manusia.  Kita sudah mengetahui    fungsi  tiap  orga tersebut.   Kali ini,  kita  akan  mengingat kembali  macam-macam  organ pencernaan dan fungsinya  serta gangguan yang dapat  menyerang.   Ayo, kita simak uraian   berikut dengan saksama.

1.     Mulut    berfungsi   untuk   menghancurkan     makana menjadi    ukuran yang  lebih  kecil sehingga   dapat   ditelan  ke dalam  perut.  Gangguan yang dapat terjadi  di dalam  mulut   adalah   sakit  gigi.

2.    Kerongkongan    berfungsi   sebagai  saluran  untuk  mendorong  makanan dari  mulut  ke lambung.

3.    Lambung     berfungsi    sebagai  tempat   mencerna    makana menjadi lebih  halus lagi dengan  bantuan   enzidan  larutan  asam  lambung. Gangguan   yang dapat terjadi  di  lam bung adalah  mag.

4.    Usus  halus   berfungsi  untuk  menyerap  sari makanan  yang bermanfaat bagi tubuh.  Gangguan  yang dapat  terjadi di usus halus adalah  diare dan tifus.

5.    Usus  besar berfungsi   untuk  menyerap air,  vitamin,  dan  mineral  yang terdapat   dalam  sisa-sisa  makana sebelu dikeluarkan    oleh  tubuh. Ganggua yang dapat terjadi  di usus besar adalah  diare dan konstipasi.
6.     Anus berfungsi sebagai  saluran    pembuangan  sisa-sisa makana yang sudah  tidak diperlukan   oleh  tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pend. Seni

  Hari / Tanggal : Jumat / 17 Mei 2024  Satuan Pendidikan   : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                                      Fase/ Kelas ...