Rabu, 11 September 2019

TEMA 3 SUB 1

Materi Ajar Hari Rabu, 11 September 2019


B. Indonesia
pengertian iklan
jenis-jenis iklan
Menentukan kalimat pada iklanmedia cetak
Menentukan  Kata  Kunci pada lklan   Media Cetak                                

lklan merupakan   pesan  yang menampilka keunggulan  suatu produk  yang dapat dibuat  oleh seseorang, kelompok,  maupun perusahaan.  Fungsi iklan, antara lain, untuk mengenalkan   atau mempromosikansuatu produk kepadmasyarakat, baik  berupa barang, jasa, maupun    kegiatan. Pada umumnya, iklan disajikan dalam bentuk yang menarik supaya masyarakat lebih memperhatikan    informasi   yang  hendak disampaikanlklan bisa disampaikan   melalui media, baik cetak maupun elektronik.

Jenis-Jenis  lklan



Kita  sudah tahu  pengertian,  fungsi, serta unsur suatu iklan.  Sekarang kita   akan   belajar   mengenal    jenis-jenis  iklan.    lklan dapat   dibedakan berdasarkan media yang digunakan,   sifat,  dan tujuannya.   Mari  kita simak penjelasannya   pada uraian  berikut.


1.   Berdasarkan   media  yang digunakan,    iklan  dibagi menjadi dua,  yaitu iklan  media cetak dan iklan  media elektronik.
a.  lklan   media  cetak  adalah   iklan  yang disampaikan melalui media cetak, seperti surat kabar, poster dan  selebaran. lklan media cetak bisa dibaca kapan  saja.
b.  lklan   media   elektronik  adalah  iklan   yan disampaikan    melalui media elektronik,   seperti radio  dan televisi. lklan   media  elektronik hanya bisa disimak  sekilas.

2.   Berdasarka sifatnya,  iklan  dibagi   menjadi dua, yaitu   iklan  niaga dan iklan  nonniaga.
a  lklan  niaga adalah  iklan yang dibuat untuk mempromosika suatu produk. Misalnya,  iklan   obat sakit perut.

b.     lklan   nonniaga  adalah  iklan   yan dibuat untuk   menyampaikan informasi   kepada masyarakat. Misalnya,   iklan  program   pendidikan.

3.   Berdasarka tujuannya,   iklan  dibagi  menjadi  tiga, yaitu iklan  penawara iklan  
    permintaan, dan iklan  pengumuman.
            a lklan  penawaran bertujuan  untuk menawarkan suatu produk agar masyarakat
                   membeli  Misalnya, iklan vitamin   untuk  anak
             b.   lklan permintaan    bertujuan   untuk  memengaruhi     masyarakat  agar mau bekerja                    sama denga pembuat  iklan.  Misalnya,  iklan  lowongan pekerjaan.

             c. Iklan pengumuman   bertujuan  untuk memberikan  informasi  kepada
                    masyarakat. Misalnya,   iklan  pemberitahuan  kematian (obituarium).

Menentukan kata kunci pada iklan

















 

                                        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar Jum'at, 22 November 2024

  Hari / Tanggal                   :  Jum'at, 22 November 2024 Kelas                                 :  2A Mata Pelajaran               ...