Kamis, 12 Januari 2023

TEMA 6 SUB 3 PB 1-2

 Hari/Tanggal     : Kamis, 12 Januari 2023

Tema 6              : Menuju Masyarakat Sejahtera
Sub Tema 3       : Masyarakat Sejahtera, Negara Kuat
Pembelajaran    : 1 dan 2

Tujuan Pembelajaran

 Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh
 
Anak sholih sholihah hari ini kita belajar tema 6 subtema 3 pembelajaran 1 dan 2, untuk mengetahui dan memahami materi hari ini, berikut bu guru siapkan video pembelajaran, silakan ditonton, dan dipahami ya.

Pembelajaran 1


Bahasa Indonesia

Bacalah Teks Berikut dengan saksama!

Wujud Tanggung Jawab sebagai Warga Negara 

Tanggung jawab merupakan kesadaran manusia terhadap tingkah laku atau perbuatan yang dilakukan. Tanggung jawab juga berarti melakukan perbuatan sebagai perwujudan kesadaran dan kewajiban. Setiap orang memiliki tanggung jawab yang harus dilakukan. 

Sebagai warga negara, kita memiliki tanggung jawabyang harus dilakukan. Tanggung jawab sebagai warga negara dapat dipenuhi dengan melaksanakan hak dan kewajiban. Hak dan kewajiban warga negara Indonesia telah tercantum dalam UUD 1945. Dengan melakukan tanggung jawab, kehidupan berbangsa akan harmonis. 

Sebagai warga negara, kita harus memahami dan mengamalkan Pancasila. Pancasila adalah dasar negara yang mengandung nilai luhur. Kita bisa mengamalkannya dengan menghargai pendapat orang lain. Menghargai pendapat adalah perwujudan sila keempat Pancasila. Memahami dan mengamalkan Pancasila adalah salah satu bentuk tanggung jawab sebagai warga negara. 

Sebagai warga negara kita juga memiliki bentuk tanggung jawab di mata internasional. Kita bertanggung jawab untuk me- melihara nama baik bangsa. Kita juga bertanggung jawab untuk menjaga kesatuan dan persatuan bangsa. Selain itu, kita harus menjaga solidaritas antarsesama untuk menciptakan kehidupan yang rukun. 

Sebagai warga negara kita wajib meningkatkan wawasan kebangsaan. Tujuannya adalah untuk membina rasa kebangsaan dan meningkatkan semangat kebangsaan. Kita bisa meningkatkan wawasan kebangsaan dengan cara belajar, banyak membaca, dan memperingati hari besar nasional. Meningkatkan wawasan kebangsaan adalah salah satu perwujudan sikap tanggung jawab sebagai warga negara. 


Bentuk pelaksanaan tanggung jawab juga dapat kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Contoh pelaksanaan tanggung jawab adalah membayar pajak sesuai waktu yang ditentukan. Selain itu, mengikuti upacara bendera juga bentuk dari pelaksanaan tanggung jawab. Belajar dan melestarikan budaya juga merupakan pelaksanaan dari tanggung jawab. 

latihan
Setelah membaca teks berjudul Wujud Tanggung Jawab sebagai Warga Negara di atas. Tentukanlah gagasan utama setiap paragraf serta letak gagasan utama setiap paragraf!


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pend. Seni

  Hari / Tanggal : Jumat / 17 Mei 2024  Satuan Pendidikan   : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                                      Fase/ Kelas ...