Kamis, 09 April 2020

TEMA 9 SUB 1 PB 6 +MATEMATIKA

MATERI AJAR HARI KAMIS, 09 APRIL 2020

TEMA 9    BENDA-BENDA DISEKITAR KITA
Subtem 1    Zat Tunggal dan Campuran
PB 6
               Assalaamu'alaikum..hai anak-anak bu guru, semoga kalian selalu sehat wal 'afiat dan selalu dilindungi oleh Allah SWT. jangan lupa pesan bu guru untuk selalu menjalankan ibadah dan patuh pada orang tua.

PKN
                                Kerukunan dalam keragaman budaya Indonesia
Wilayah Indonesia  terbentang dari Sabansampai  Merauke. Luasnya wilayah Indonesia menyebabkan munculnya  keragama budaya,  seperti upacaraadat, rumah adat, tari daerah,  dan lagu daerah.  Perbedaan  budaya di Indonesia tidak boleh menjadi sumber  konflik.  Setiap warga Indonesia wajib  menghargainya sehingga persatuan dan kesatuan  dapat  terjaga. Oleh karena itu, Indonesia memiliki semboyan Bhinneka Tunggal lka yang berarti berbeda-beda, tetapi tetap satu  jua
Semboyan Bhinneka Tunggal lka berisi tekad bangsa Indonesia  untuk tetap menjunjung persatuan dan kesatuan  meskipun memiliki  banyak perbedaan. Oengan demikian, meskipun kita berasal  dari  suku,  budaya, dan agama yang berbeda, kita tetap satu Indonesia.    Kita  mempunyai bahasa persatuan dan tanah air yang sama, yaitu  bahasa  Indonesia dan tanah  air Indonesia. Kita juga  memiliki   bender kebangsaa sebagai lambang identitas bangsa,  yakni bendera merah putih.  Kita  bersatu  di bawah falsafah dan dasar negara Pancasila.

Kunci dari persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia  adalah kerukunan antarsuku, budaya, dan agama di Indonesia. Hal tersebut  dapat terwujud dengan  sikap   saling menghargai  dan menoleransi  keragaman. Dengan demikian, kita dapat hidup   rukun, saling  membantu, dan bekerja sama.
 


Berikut   ini beberapa   contoh perilaku hidup rukun sebagai warga masyarakat.


1.  Menyapa dan senyum kepada tetangga  saat berpapasan.
2.  Bersikap sopan dan berkata santun saat berbicara.
3.  Menghargai tetangga  yang berbeda agama, suku,  atau status sosial.
4.  Mengikuti kegiatan di masyarakat seperti  kerja bakti  dan ronda.
5.  Membantu tetangga yang mengadakan hajatan

Bahasa Indonesia
Memberi pendapat terhadap iklan cetak


iklan    tersebut     berisi    pengumuman     berbagai macam lomba dengan tema kerukunan umat beragama. Tujuan pembuatannya adalah     menarik    perhatian    masyarakat    untuk mengikuti lomba.   lklan   tersebut    disajikan   dengan  kalimat singkat dan mudah dipahami masyarakat.Penggunaan  gambar  pada iklan mendukung damemperjelas isi iklan. Bahasa    iklan   menonjolkan keunggulan  yang berupa hadiayang  diperebutkan sehingga dapat menjadi   daya tarik  masyarakat.Di sisi lain, unsur-unsur iklan  yang terdapat dalam  iklan  cetak  tersebut  juga lengkap  meliputi judul, subjudul, isi  iklan,serta gambar


SBdP

                                       Alat Musik Melodis

Alat musik melodis merupakan alat musik yang dapat membunyikan melodi dalam lantunan lagu, namun pada umumnya tidak dapat memainkan kord secara sendirian.
Dengan kata lain, dimaksudkan bahwa alat musik melodis adalah alat musik yang dapat menghasilkan suatu nada atau notasi do, re, mi, fa, so, la, si, do yang dapat melengkapi bunyi yang dihasilkan oleh alat musik ritmis.

Fungsi Alat Musik Melodis

Alat musik melodis dapat berfungsi sebagai alat pengaturan nada dalam sebuah musik maupun lagu.
1. Angklung                                   2. kecapi                                    3. Sasando




MATEMATIKA
                                  PENYAJIAN DAN PENGOLAHAN DATA

Penyajian data dapat dilakukan dengan cara menyajikan data dalam bentuk diagaram. Diagram tersebut dapat berupa lingkaran, batang, atau garis. Tujuan dari penyajian data adalah untuk mempermudah pembaca dalam melihat data.
Kita akan mengulas cara penyajian data menjadi diagram lingkaran, batang, dan garis. Pembahasan akan disajikan dalam bentuk contoh soal. Akan disediakan sejumlah data, kemudian data tersebut akan disajikan dalam berbagai bentuk penyajian data.

Daftar Berat Badan 60 siswa SD Al-Azhar 1

43, 40, 42, 42, 43, 44, 41, 44, 43, 42, 42, 43,
41, 40, 40, 44, 41, 40, 42, 42, 44, 43, 40, 40,
43, 44, 44, 41, 41, 41, 41, 42, 43, 44, 43, 43,
41, 43, 41, 42, 43, 41, 43, 42, 43, 41, 43, 44,
41, 43, 42, 42, 42, 42, 44, 43, 42, 42, 43, 43.
 
Data di atas akan kita sajikan dalam bentuk diagram lingkaran, batang, dan garis. Sebelumynya, untuk mempermudah prosesnya, kita buat data di atas ke dalam tabel distribusi frekuensi seperti terlihat pada tabel di bawah.

Tabel Distribusi Frekuensi

penyajian data dalam tabel

Dengan menggunakan tabel frekuensi di atas, kita akan membuat penyajian data dalam bentuk diagram lingkaran, batang, dan garis. Penyajian data pertama yang akan dibahasa adalah diagram lingkaran.

Diagram Lingkaran
Penyajian dalam bentuk lingkaran dibedakan menjadi dua, yaitu dalam bentuk derajat dan persen. Untuk menyajikan data dalam bentuk lingkaran dalam bentuk derajat, sobat idschool perlu merubah banyak data sesuai perbandingan dalam derajat. Begitu juga untuk penyajian data bentu diagram lingkaran dalam persen. Sobat idschool perlu merubah banyak data ke dalam persen.
Perhatikan proses penyajian data dalam bentuk lingkaran dalam derajat dan persen yang akan dibahas di bawah.

Diagram Lingkaran dalam Derajat (^{o})

Perhitungan banyaknya data ke dalam derajat:
    \[ \textrm{Berat 40 kg} = \frac{6}{60} \times 360 = 36^{o} \]
    \[ \textrm{Berat 41 kg} = \frac{12}{60} \times 360 = 72^{o} \]
    \[ \textrm{Berat 42 kg} = \frac{15}{60} \times 360 = 90^{o} \]
    \[ \textrm{Berat 43 kg} = \frac{18}{60} \times 360 = 108^{o} \]
    \[ \textrm{Berat 44 kg} = \frac{9}{60} \times 360 = 54^{o} \]

Setelah mendapatkan data dalam bentuk derajat seperti data di atas, buatlah diagarm lingkaran yang sesuai seperti terlihat pada gambar di bawah.
Gambar diagram lingkaran:

diagram lingkaran dalam derajat

Diagram Lingkaran dalam Persen (%)

Perhitungan banyaknya data ke dalam persen:
    \[ \textrm{Berat 40 kg} = \frac{6}{60} \times 100 \% = 10 \% \]
    \[ \textrm{Berat 41 kg} = \frac{12}{60} \times 100 \% = 20 \% \]
    \[ \textrm{Berat 42 kg} = \frac{15}{60} \times 100 \% = 25 \% \]
    \[ \textrm{Berat 43 kg} = \frac{18}{60} \times 100 \% = 30 \% \]
    \[ \textrm{Berat 44 kg} = \frac{9}{60} \times 100 \% = 15 \% \]

Setelah mendapatkan data dalam bentuk derajat seperti data di atas, buatlah diagarm lingkaran yang sesuai seperti terlihat pada gambar di bawah.
Gambar diagram lingkaran:

diagram lingkaran dalam persen
  Ulasan materi penyajian data selanjutnya adalah penyajian data dalam bentuk diagram batang.  

Diagram Batang
Penyajian data ke dalam bentuk diagram batang cukup mudah dilakukan dibanding diagaram lingkaran. Sobat idschool hanya perlu menyesuaikan keterangan data dan banyak data pada masing-masing sumbu x dan y. Selanjutnya, sobat idschool hanya perlu menggambar batangnya sesuai data yang diketahui.
Penyajian data dalam bentuk diagram batang dapat dilihat pada gambar di bawah.

penyajian data dalam diagram

Diagram Garis

Cara menyajikan data dalam bentuk diagram garis hampir sama dengan diagram batang. Bedanya terletak pada langkah akhirnya.Pada diagram batang hasil akhinya adalah menggambar batangnya. Pada diagram garis, sobat idschool hanya perlu menarik garis dari titik-titik yang telah disesuaikan dengan data yang diketahui.
Hasil penyajian data dalam bentuk diagram garis dapat dilihat pada gambar di bawah.

penyajian data dalam bentuk diagram garis

Contoh Soal dan Pembahasan

Contoh 1
Diagram lingkaran berikut menunjukkan kegemaran 300 siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di suatu sekolah.

statistika: penyajian data, mean, median, dan modus

Banyak siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler drama adalah ….
A.     30 orang
B.     35 orang
C.     40 orang
D.     45 orang

Pembahasan:
Persentase siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler drama adalah
    \[\% Siswa \; ekskul \; drama  = 100 \% - (12 \% + 20 \% +30 \% +10 \% + 13 \%) \]
    \[ = 100 \% - 85 \% \]
    \[ = 15 \% \]

Banyak siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler drama adalah
    \[ = 15 \% \times \textrm{total siswa} \]
    \[ = 15 \% \times 300 \]
    \[ = \frac{15}{100} \times 300 \]
    \[ = 45 \; \textrm{siswa} \]

Jadi, banyak siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler drama adalah 45 orang.
Jawaban: D

Contoh Soal Penyajian Data 2 (SOAL UN Matematika SMP 2016)
“Pengunjung Perpustakaan”
Suatu hari Ani menemukan sobekan koran yang memuat data pengunjung perpustakaan berupa gambar diagram batang sebagai berikut.

Statistika: Penyajian Data, Mean, Median, dan Modus

Rata-rata Pengunjung 41 Orang Selama Lima Hari.
Informasi yang ada pada koran tersebut menunjukkan data pengunjung perpustakaan selama 5 hari. Ani penasaran ingin tahu tentang banyak pengunjung pada hari Rabu. Tolong bantu Ani, berapa banyak pengunjung pada hari Rabu?
A.     55 orang
B.     60 orang
C.     65 orang
D.     70 orang


Pembahasan:
Banyak pengunjung:
Senin = 45 orang
Selasa = 40 orang
Rabu = x orang
Kamis = 30 orang
Jumat = 20 orang

Rata-rata pengunjung 41 orang selama lima hari.
    \[ Rata-rata = \frac{45 + 40 + x + 30 + 20}{5} \]
  \[ 41 = \frac{135 + x}{5} \]
    \[ 41 \times 5 = 135 + x \]
    \[ 205 = 135 + x \]
    \[ x = 205 - 135 = 70 \]

Jadi, banyak pengunjung pada hari Rabu adalah 70 orang.Jawaban: D

klik disini
klik disini
klik disini

kerjakan soal berikut ini klik disini 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar Kamis, 2 Mei 2024

  HARI/TANGGAL    : KAMIS, 2 Mei 2024  KELAS                : I (SATU) SEMESTER          : II (DUA)  MATERI              : P5 (RONCEKU KREAT...