Selasa, 25 Februari 2020

TEMA 8 SUB 1 PB 1

MATERI AJAR HARI SELASA, 25 FEBRUARI 2020

TEMA    8          : LINGKUNGAN SAHABAT KITA
SUBTEMA 1
PB 1

Menentukan Peristiwa pada teks non fiksi
Teks non fiksi merupakan teks yang berisi imformasi tentang fakta atau kenyataan. Biasanya, teks nonfiksi berupa teks berita atau artikel. Teks nonfiksi dapat kita temukan pada media cetak maupun media elektronik. Contoh teks nonfiksi antara lain: esai, jurnal penelitian ilmiah, ensiklopedia,dan biografi.
Informasi berupa peristiwa pada teks nonfiksi memiliki keterkaitan dan disusun menjadi paragraf. Kita dapat berlatih mencari peristiwa pada teks nonfiksi menggunakan langkah-langkah berikut :
a.       Membaca teks nonfiksi dengan sesama
b.      Menemukan kalimat utama atau gagassan pokok setiap paragraf
c.       Menandai kata atau kalimat yang penting sebagai kunci.
Pentingnya Melestarikan Lingkungan
Lingkungan merupakan segala sesuatu yang ada di sekitar serta memengaruhi kehidupan manusia. Lingkungan sangat berguna bagi manusia karena menyediakan semua kebutuhan manusia. Contohnya tumbuhan dan hewan dapat menjadi sumber makanan bagi manusia. Tumbuhan dapat menghasilkan udara bersih dan menyimpan air.
Oleh karena itu kita haru selalu menjaga kelestarian lingkunga, dengan beberapa cara sebagai berikut :
1.       Merawat dan tidak mengganggu hewan di sekitar
2.       Mengolah sampah organik menjadi pupuk kompos
3.       Menanan dan merawat tanaman
Jika kita tidak menjaga lingkungan akan menimbulkan banyak kerugian misalnya kekurangan bahan makanan, kekurrangan air bersih, dan udara sekitar tercemar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pend. Seni

  Hari / Tanggal : Jumat / 17 Mei 2024  Satuan Pendidikan   : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                                      Fase/ Kelas ...