Rabu, 06 November 2019

TEMA 5 SUBTEMA 1 PB 1

MATERI AJAR HARI RABU, 06 NOVEMBER 2019
TEMA 5        : EKOSISTEM
Subtema 1     : Komponen Ekosistem
Pembelajaran 1
Bahasa Indonesia
KD. 3.7          Menguraikan konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi.
Mengenal teks nonfiksi
Teks nonfiksi adalah teks berisi informasi tentang fakta atau kenyataan yang ada. Informasi tersebut tersusun menjadi sebuah keterkaitan dan disusun menjadi sebuah paragraf. Teks nonfiksi biasanya berupa paragraf atau artikel. Kita dapat menemukan teks nonfiksi pada surat kabar atau majalah. Contoh teks nonfiksi yaitu esai, jurnal tentang sejarah, jurnal penelitian ilmiah, biografi.
Menentukan gagasan pokok dan informasi dari teks nonfiksi
 
















 Dari teks tersebut kita dapat menemukan beberapa informasi penting yaitu :
Mengenal ekosistem
Ekosistem merupakan interaksi antara komponen abiotik dan biotik . komponen biotik terdiri dari tumbuhan, hewan, dan makhluk hidup lain. Sedangkan komponen abiotik terdiri dari cahaya matahari, air, udara, dan tanah. Komponen biotik atau makhluk hidup dalam suatu ekosistem terdiri dari individu, populasi, dan komunitas.

Individu merupakan makhluk hidup tunggal misalnya seekor ikan, individu membutuhkan tempat tinggal yang disebut habitat.
Kumpulan individu sejenis yang menempati suatu habitat disebut populasi. Contoh sekumpulan kambing.
Kumpulan dari beberapa populasi akan membentuk komunitas.contoh komunitas adalah komunitas suangai dan komunitas padang rumput. Kumpulan komunitas tersebut akan membentk ekosistem.
Jenis-jenis makanan hewan
Untuk bertahan di suatu ekosistem setiap hewan memerlukan makanan. Makanan pada hewan berbeda-beda dikelompokkan menjadi dua yaaitu tumbuhan dan hewan.
Menetukan jenis makanan hewan
No
Nama Hewan
Jenis makanan
1
Rusa
2.
Burung beo
3.
Katak
4
Kelinci
5.
Kuda
6.
Harimau
7.
Buaya
8.
Singa
9.
Burung merpati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar Kamis, 2 Mei 2024

  HARI/TANGGAL    : KAMIS, 2 Mei 2024  KELAS                : I (SATU) SEMESTER          : II (DUA)  MATERI              : P5 (RONCEKU KREAT...