Kamis, 13 Februari 2020

TEMA 7 SUB 2 PB 5

Materi Ajar Hari Kamis, 13 Februari 2020

Tema  7     : Peristiwa dalam Kehidupan
Subtema 2 : Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan
PB             : 5

KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.5    Menggali informasi penting dari teks narasi sejarah yang disajikan secara lisan dan tulis menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana
3.5.1      Membaca bacaan “Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan”
4.5    Memaparkan informasi penting dari teks narasi sejarah menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta kosakata baku dan kalimat efektif
4.5.1      Memaparkan informasi penting dari bacaan “Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan”
IPA
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.7    Menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda dalam kehidupan seharihari
3.7.1      mengetahui perubahan wujud benda yang dipengaruhi oleh kalor atau panas dengan tanggung jawab.
4.7    Melaporkan hasil percobaan pengaruh kalor pada benda
4.7.1      Melaporkan hasil perubahan wujud benda yang dipengaruhi oleh kalor atau panas dengan tanggung jawab.
SBdP
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3    Memahami pola lantai dalam tari kreasi daerah.
3.3.1      Memahami menyanyikan lagu dengan memperhatikan ketepatan nada dan tempo dengan penuh percaya diri.
4.3    Mempraktikkan pola lantai pada gerak tari kreasi daerah.
4.3.1      menyanyikan lagu dengan memperhatikan ketepatan nada dan tempo dengan penuh percaya diri.
Semangat dan suka cita menyambut Proklamasi Kemerdekaan sangat terasa di seluruh penjuru Indonesia.Semangat tersebut diikuti oleh keinginan yang kuat untuk mengusir Jepang dari Indonesia.Seberapa pun kuatnya tentara Jepang yang dipersenjatai lengkap dan modern tidak menyurutkan nyali dan tekad pejuang-pejuang Indonesia.Dengan gagah berani dan jiwa pantang mundur yang berkobar-kobar, pejuang-pejuang Indonesia terus menentang dan melakukan berbagai macam perlawanan terhadap Jepang.
Ayo, rasakan semangat gagah berani dan pantang mundur para pejuang Indonesia tersebut dengan menyanyikan lagu “Maju Tak Gentar” berikut ini! Lagu Maju Tak Gentar merupakan Lagu Wajib Nasional yang diciptakan oleh Cornel Simandjuntak.Lagu ini biasa dinyanyikan saat Upacara Kemerdekaan Republik Indonesia.
Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan
Perlawanan fisik dilakukan dengan kontak senjata.Adapun perjuangan dengan diplomasi dilakukan melalui meja-meja perundingan. Perlawanan fisik dilakukan di berbagai daerah, antara lain sebagai berikut.
  1. Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, yang kemudian setiap tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan. Berawal dari tewasnya Jenderal Mallaby, pimpinan Sekutu. Adapun tokoh yang terlibat adalah Bung Tomo, Gubernur Suryo, dan Kolonel Sungkono.
  2. Palagan Ambarawa, terjadi pada tanggal 15 Desember 1945 di Ambarawa, Jawa Tengah. Kemudian, setiap tanggal 15 Desember diperingati sebagai Hari Infantri Nasional. Insiden ini bermula dari Sekutu mempersenjatai tawanan yang sudah dibebaskan. Sekutu juga membebaskan orangorang Belanda secara sepihak. Adapun tokoh yang terlibat dalam peristiwa ini antara lain Kolonel Isdiman dan Kolonel Sudirman.
  3. Bandung Lautan Api, terjadi pada tanggal 23 Maret 1946. Insiden ini bermula dari ultimatum Sekutu meminta senjata yang diperoleh dari tentara Jepang untuk diserahkan kepada Sekutu. Namun, rakyat Bandung menolaknya, bahkan membakar Kota Bandung agar tidak dikuasai Sekutu. Tokoh yang terlibat antara lain Moh. Toha, Abdul Haris Nasution, dan Suryadi Suryadarma.
  4. Medan Area, terjadi pada tanggal 10 Desember 1945 karena orangorang Belanda menginjak-injak bendera Merah Putih. Tokoh yang terkenal adalah Ahmad Tahir.
  5. Serangan Umum 1 Maret 1949 di Yogyakarta. Peristiwa ini dipicu Belanda yang menduduki Kota Yogyakarta dan mempropagandakan bahwa TNI telah hancur. Tokoh yang terlibat antara lain Letkol. Suharto dan Sultan Hamengkubuwono IX.
Perjuangan secara diplomasi juga dilakukan dari perundingan satu ke perundingan yang lain.
1. Perundingan Linggarjati
Diadakan pada tanggal 10 November 1946 di Linggarjati, Cirebon, Jawa Barat.Dalam perundingan ini, Indonesia diwakili oleh Sutan Syahrir dan Belanda diwakili oleh Prof. Schermerhon.Hasil perjanjian ini sebagai berikut.
2. Perjanjian Renville
Perjanjian Renville diadakan pada tanggal 17 Januari 1948 di atas kapal USS Renville milik Amerika Serikat.
3. Perjanjian Roem Royen
Diadakan pada tanggal 17 April 1949 di Jakarta.Indonesia diwakili oleh Moh.Roem dan Belanda diwakili oleh Van Royen.
 Pernahkah kamu mengamati ketika merebus air sampai mendidih? Apakah yang keluar dari cerek? Dari mulut cerek, keluar asap putih. Asap putih tersebut adalah air yang terkena panas berubah menjadi uap air. Contoh lain perubahan wujud karena penguapan sebagai berikut.
  1. Bensin dibiarkan di tempat terbuka lama-lama akan habis.
  2. Minyak kayu putih dibiarkan di dalam botol terbuka dalam waktu lama akan berkurang isinya.
  3. Baju basah akan kering ketika dijemur di bawah panas matahari.
Kesimpulan
Sapu tangan basah karena mengandung air.Saat dijemur, air pada sapu tangan mengalami perubahan wujud menjadi uap air.Uap air bergerak ke udara yang suhunya lebih rendah.Setelah semua air berubah menjadi uap, sapu tangan kering.Percobaan ini membuktikan pada penguapan terjadi perubahan wujud benda dari benda cair menjadi benda gas


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pend. Seni

  Hari / Tanggal : Jumat / 17 Mei 2024  Satuan Pendidikan   : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                                      Fase/ Kelas ...