Selasa, 15 Oktober 2019

TEMA 4 SUB 1 PB 3

MATERI AJAR HARI RABU, 16 OKTOBER 2019
TEMA 4  SEHAT ITU PENTING
SUBTEMA 1 PEMBERLAJARAN 3

Pengertian Hak, Kewajiban, dan Tanggung Jaw ab

Kerja bakti membersihkan   lingkungan  merupakan  upaya menciptakan lingkungan   sehat. Mengikuti   kerja  bakti merupakan   kewajiban sekaligus tanggung   jawab  setiap  warga masyarakat.  Sebagai  warga masyarakat, kita juga  berhak  untuk  hidup  di  lingkungan   bersih dan sehat.  Mari  kita ingat kembali pengertian   dari  hak, kewajiban,  dan tanggung  jawab.
Hak berarti segala sesuatu  yang  harus kita dapatkan dan miliki.  Penggunaan   hak tergantung  kepada  orang  yang  bersangkutan.  Contoh hak yaitu tinggal  di lingkungan  yang sehat.
Kewajiban  berarti  segala  sesuatu  yang  harus  dilakukan   dengan   pe• nuh  rasa  tanggung   jawab.  Kewajiban harus  kita laksanakan   jika   kita ingin   memperoleh   hak.  Contoh  kewajiban   yaitu menjaga  kebersihan lingkungan
Tanggung jawab berarti kesadaran  melaksanakan  tugas  dan kewajib• an, baik terhadap diri sendiri, keluarga, masyarakat,  lingkungan  (alam, sosial dan  budaya),  negara,  maupun Tuhan Yang Maha Esa. Contoh tanggung jawab  yaitu makan  makanan  sehat  dan  menjaga  kebersihan lingkungan agar tubuh sehat.
Image result for kerja bakti/gotong royong
 
INTERAKSI MANUSIA DENGAN LINGKUNGAN
Kerja bakti merupakan  salah  satu  bentuk  interaksi  manusia   dengan lingkungan. Lingkungan adalah ruang yang ditempati oleh makhluk hidup dan  benda tidak hidup. Kehidupan manusia tidak  dapat dipisahkan dari lingkungannya,  baik lingkungan sosial  maupun   lingkungan alam.
 
1.   lnteraksi Manusia dengan Lingkungan Sosial 
lnteraksi manusia dengan lingkungan  sosial sering kita sebut de• ngan interaksi   sosial. lnteraksi sosial  sangat penting  dilakukan  oleh setiap individu.  Kita pasti membutuhkan orang  lain   untuk memenuhi kebutuhan   hidup.  Contohnya, nasi yang kita makan berasal dari padi yang ditanam  petani. Sebelum menjadi  beras, padi digiling oleh orang yang bekerja di tempat penggilingan   padi. Beras kemudian dibeli  dari pedagang  dan ditanak oleh ibu. Akhirnya  kita pun dapat memakan nasi.   Selain    untuk memenuhi kebutuhan   hidup,  interaksi  sosial juga merupakan salah satu sarana untuk mencapai tujuan  bersama.
 
Contoh interaksi sosial  individu dengan individu

1.     lbu  mengajari  anaknya untuk menabung. 
2.    Ayah sedang menasehati anaknya. 
3.    Kakak  mengajari  adiknya  belajar  matematika. 
4.    Seorang  siswa bertanya kepada gurunya.  
5.    Dokter mengobati  pasiennya.

Contoh  interaksi   sosial  individu  dengan   kelompok



1.    lbu  guru berbicara  di depan siswa-siswinya.

2.   Ketua  RW berbicara di depan para warga.

3.    Lurah sedang berdiskusi dengan para warga.

4.    Ketua  kelompok  berdiskusi dengan anggota-anggotanya.
5.    Seorang    siswa membaca  puisi  di  depan  teman-temannya.

Contoh lnteraksi sosial  kelompok dengan kelompok



1. Kelompok PMR dan kelompok pramuka bekerjasama memberikan bantuan kepada korban          bencana alam.
2. Kelompok pelajar dari suatu sekolah melakukan studi banding ke sekolah yang lain.
3. Suatu kelompok melakukan presentasi di depan kelompok lain.
4. Dua tim sepak bola bersalaman ketika akan bertanding.
5. Diskusi antarkelompok di dalam kelas.

2.  lnteraksi Manusia dengan Lingkungan Alam Selain berinteraksi dengan lingkungan sosial, manusia juga berinteraksi dengan lingkungan alam. lnteraksi dengan lingkungan alam merupakan interaksi antara manusia dengan lingkungan yang terbentuk secara alami seperti gunung, sungai, dan rawa. Berikut beberapa contoh interaksi manusia dengan lingkungan alam.
1.   Manusia    hidup   dekat  dengan  sumber  makanan.
2.   Petani menyesuaikan   waktu tanam dengan musim  penghujan.
3.   Nelayan  berlayar  dengan   menyesuaikan   keadaan  cuaca.
4.  Manusia menghindari   tinggal   di  daerah  rawan  bencana alam.
5.   Petani mengolah   tanah   sebelum ditanami  tanaman.

Bentuk-Bentuk lnteraksi Sosial
lnteraksi sosial tidak selamanya mengarah pada kebersamaan atau persatuan. lnteraksi sosial juga dapat mengarah pada perpecahan. lnteraksi yang mengarah pada persatuan disebut interaksi yang bersifat asosiatif. Sementara interaksi yang mengarah pada perpecahan disebut interaksi yang bersifat disosiatif.

Contoh interaksi yang mengarah pada persatuan 1. Para siswa melakukan kerja kelompok.
2. Masyarakat mengikuti pemilihan umum. 

3. Masyarakat bergotong royong rnernbersihkan selokan.
4. Setiap orang saling menghormati dan menghargai antarumat beragama. 

5. Anak-anak bermain bersama teman secara sportif. 


Contoh interaksi yang mengarah pada perpecahan 1. Warga antarsuku perang memperebutkan wilayah.
2. Seseorang bertengkar dengan orang lain.
3. Dua negara saling berseteru.
4. Warga saling berselisih saat rapat RW.
5. Pelajar melakukan tawuran.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pend. Seni

  Hari / Tanggal : Jumat / 17 Mei 2024  Satuan Pendidikan   : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                                      Fase/ Kelas ...