Minggu, 13 Oktober 2019

TEMA 4 SUB 1 PB 1

MATERI AJAR  HARI SENIN, 14 OKTOBER 2019
TEMA 4 SUB 1 PB 1
TEMA 4 : PEREDARAN DARAHKU SEHAT

MENGENAL SISTEM PEREDARAN DARAH
Related image 
Darah  dapat  mengalir   dalam tubuh  kita  karena  adanya  organ yang bekerja dalam  sistem peredaran darah. Organ peredaran darah manusia adalah  jantung,  pembuluh darah,  dan darah.


1.     Jantung
Jantung merupakan organ yang berfungsuntuk  memompa darah ke seluruh  tubuh. Jantung terletak di  dalam  rongga dada sebelah kiri. Ukuran jantung kira-kira sebesar kepalan tangan.
Related image Jantung   terbagi   dalam  empat ruang yaitu serambi kanan,serambi kiri,  bilik kanan, dan bilik kiri. Antara serambi dan bilik jantung  terdapat katup yang dapat membuka dan menutup. Katup jantung berfungsi untuk   mencegah dara mengalir kembali dari bilik  ke serambi.

2.   Pembuluh Darah
Pembuluh  dara adala saluran yang  berfungsi   sebagai  tempat mengalirnya darah dari seluruh tubuh menuju ke jantung atau sebalik nya. Berdasarkan arah  aliran darahnya,  pembuluh darah dibedakan menjadi dua yaitu pembuluh arteri (nadi) dan pembuluh vena (balik). 

Image result for Sistem peredaran darah manusia 



3.  Darah
Darah merupakan cairan yang mengalir di dalam pembuluh darah manusia dan hewan yang terdiri atas plasma dan sel-sel  darah. Plasma darah berupa cairan bening berwarna kekuningan. Plasma darah sebagian besar tersusun atas air. Plasma darah berfungsi untuk mengangkut zat gizi seperti protein, lemak, gula, dan garam.
Selain itu plasma darah juga mengangkut zat-zat  hasil   metabolisme yang  suda tidak  berguna bagi  tubuh. Komposisi   plasma  darah kira-kira 45% dari volume darah.  
Sel-sel   darah  terbagi   ata sel   darah  merah  (eritrosit),   sel darah putih    (leukosit),    da keping  dara (trombosit).    Eritrosit  berfungsi untuk   mengikat    oksigen  sebab  mengandung    pigmen darah  yang disebu hemoglobin.    Leukosit    memiliki    fungsi    untumembunuh kuman yang masuk ke dalam  tubuh.  Sementara trombosit berfungsi untuk  membekukan  darah. Zat dalam  trombosit  yang berperan dalam pembekuan  darah    disebut  fibrinogen.    Komposisi  sel-sel dara kirakira  45% dari  volum darah.
Image result for darah manusia
 Sistem Peredaran Darah Manusia

a Sistem  Peredaran  Darah  Kecil
        Sistem peredaran darah kecil merupakan peredaran darah dari jantung ke paru-paru kemudian         kembali   ke jantung. Darah mengalir  menuju ke paru-paru melewati  arteri pulmonalis.   Sementara itu, darah kembali ke jantung melewati vena pulmonalis. 


b.   Sistem Peredaran  Darah Besar
        Sistem  peredaran darah besar merupakan  peredaran darah dari jantung   ke seluruh tubuh         kecuali paru-paru. Lalu, darah dari seluruh tubuh  kembali  lagi ke jantung.  


Membuat  Laporan Kegiatan Percobaan
Mengukur detak jantung

Mengenal Pantun 
Pantun adalah  salah  satu jenis  puisi lama yang  berasal dari Melayu. lstilah   pantun berasal dari kata patuntun yang berarti penuntun atau memberi  tuntunan. Pantun juga  merupakan  salah satu seni merangkai kata. Biasanya pantun berisi   curahan    hati  yang  digunakan    untuk  mengungkapkan   perasaan
Hari lebaran  makan  ketupat 
Dengan  saudara  haruslah  akur  
Jika  tubuh sehat dan kua
Jangan lupa mengucap syukur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pend. Seni

  Hari / Tanggal : Jumat / 17 Mei 2024  Satuan Pendidikan   : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                                      Fase/ Kelas ...