Jumat, 23 Agustus 2019

TEMA 2 SUBTEMA 2 PB 5

Materi ajar Hari Jum'at, 23 Agustus 2019

Tema 2 subtema 2 Pembelajaran 5
Kompetensi Dasar.
3.2. Mengklasifikasi informasi yang didapat dari buku ke dalam aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.
3.2.  Menjelaskan organ pernafasan dan fungsinya pada hewan dan manusia, serta cara memelihara kesehatan organ pernapasan manusia.
3.3. Memahami pola lantai dalam tari kreasi daerah 


Penyakit pada Sistem Pernapasan

Manusi memiliki  organ  pernapasan yang terdiri   dari  hidung, tenggorokan,  dan paru-paru. Setiap organ dapat mengalami  gangguan yang diakibatka oleh  kuma dari lingkungan  atau kebiasaan  hidup  yang tidak sehatAda beberapa contoganggua pada sistem  pernapasan manusia,   antar lain,  seperti  berikut.

1.    Emfisema
Emfisema merupakan  penyakit  paru-paru Gejala yang di tunjukka adalah pembengkakan  pada paru-paru karena pembuluh darah di paru-paru kemasukan udara.

2 Asma
Asma merupakan penyakityang  terjadi  karena penyumbatan pada saluran pernapasanAsma disebabkan  oleh alergi, debu, bulu,  atau perubahan  cuaca.  Penyakit ini bisa diturunkan   dan dapat kambuh jika  suhu lingkungan  dala keadaan ding in.


                                     3.  Kanker Paru-paru

Kanker  paru-paru   merupakan  salah  satu penyakit yang paling berbahaya.  Sel-sel  kanker terus  tumbuh   tanpa terkendali. Semakin  lama,  kanker dapat  menyerang   seluruh organ tubuh. Salah  satu  penyebab kanker paru-paru adalah  kebiasaan  merokok.



4.  Tuberkulosis  (TBC)

TBC  merupakan  penyakit  paru-paru  yang disebabkan   oleh bakteri  Mycobacterium  tuberculosis.  Bakteri   ini  menimbulkan bintil-bintil    pada dinding  alveolus.  Jika dibiarkan  semakin  luas, TBC dapat menyebabkan  sel-sel  paru-paru  mati sehingga  paru-paru akan  mengecil. Oleh sebab itu, napas penderita TBC sering terengah-engah.



5.  Bronkitis

Bronkitis  merupakan  gangguan  yan menyerang  batang cabang tenggorokan.    Bronkitis  disebabka infeksi.  Gejala  yang muncul   adalah  demam    da mengeluarkan      lendi yang  me nyumbat  batang tenggoroka sehingga   penderita   mengalami sesak  napas.



6.   Influenza (flu)

Influenza   merupakan  penyakit  yang disebabkan  oleh  virus influenza.  Gejala yang muncul   yaitu bersin-bersin,    demam,  dan pilek.

Buatlah pertanyaan dari teks diatas dengan menggunakan kata tanya ;  Apa, siapa, dimana, bagaimana, mengapa 

 Menirukan gerak dasar tari Serampang dua belas
 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pend. Seni

  Hari / Tanggal : Jumat / 17 Mei 2024  Satuan Pendidikan   : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                                      Fase/ Kelas ...