Kamis, 08 Agustus 2019

Materi ajar Tema 2 subtema 1 PB 1

Materi ajar hari Kamis 8 Agustus 2019

Tema 2.         UDARA BERSIH BAGI KESEHATAN
Subtema 1.    Cara tubuh mengolah udara bersih
Pembelajaran 1
IPA                      : pentingnya oksigen bagi makhluk hidup
                              Sistem pernapasan pada hewan
B. Indonesia         : menentukan informasi dari teks menggunakan kata tanya
                              menuliskan informasi dari teks dalam bentuk peta pikiran
                              menyampaikan pendapat secara lisan


Makhluk hidup memiliki ciri beberapa ciri diantaranya bernafas. setiap makhluk hdup baik hewan, tumbuhan maupun manusia memiliki perbedaan dan persamaan. diantara persamaannya adalah memerlukan oksigen untuk bernafas. oksigen sangat penting untuk kelangsungan hidup setiap makhluk hidup. oleh karena itu kita harus menjaga ketersediaan oksigen, salah satunya dengan cara menanam dan merawat tumbuhan, karena tumbuhan menghasilkan oksigen melalui proses fotosintesis.

Fungsi Kata Tanya
  1. Kata tanya “Apa”
    Berfungsi : untuk menanyakan benda atau sesuatu, keadaan atau perbuatan, dan segala sesuatu yang berkaitan dengan isi atau pokok bahasan.
    Jawaban dari pertanyaan yang menggunakan kata tanya “apa” adalah benda atau sesuatu, pengertian maupun penjelasan tentang hal yang ditanyakan.
  2. Kata tanya “Siapa”
    Berfungsi : untuk menanyakan orang atau pihak yang terlibat.
    Jawaban dari pertanyaan yang menggunakan kata tanya “siapa” adalah orang atau pelaku serta pihak yang terlibat sesuatu hal yang ditanyakan.
  3. Kata tanya “Kapan”
    Berfungsi : untuk menanyakan waktu terjadinya sebuah/suatu peristiwa atau kejadian.
    Jawaban dari pertanyaan yang menggunakan kata tanya “kapan” adalah waktu kejadian terjadinya sebuah peristiwa atau kejadian yang dapat berupa jam, hari, tanggal, bulan atau tahun.
  4. Kata tanya “(Di, Ke, Dari) Mana”
    Berfungsi : untuk menanyakan tempat berlangsungnya suatu peristiwa, lokasi yang akan dituju, tempat yang sedang ditgunakan atau yang telah didatangi.
    Jawaban dari pertanyaan yang menggunakan kata tanya “(di, ke, dari) mana” adalah tempat berlangsungnya suatu peristiwa/kejadian, lokasi yang akan dituju, tempat yang sedang dipakai atau yang telah didatangi.
  5. Kata tanya “Mengapa”
    Berfungsi : untuk menanyakan sebab atau alasan suatu peristiwa terjadi.
    Jawaban dari pertanyaan yang menggunakan kata tanya “mengapa” adalah penjelasan tentang sebab atau alasan sebuah peristiwa yang terjadi, dan ditandai dengan pemakaian konjungsi atau kata hubung ‘karena’ atau ‘sebab’.
  6. Kata tanya “Bagaimana”
    Berfungsi : untuk menanyakan keadaan atau kejelasan tentang sesuatu hal, cara atau proses pengerjaan sesuatu.
    Jawaban dari pertanyaan yang menggunakan kata tanya “bagaimana” adalah penjelasan tentang keadaan, cara atau proses terhadap sesuatu hal yang ditanyakan.
  7. Kata tanya “Berapa”
    Berfungsi : untuk menanyakan banyak, jumlah atau satuan.
    Jawaban dari pertanyaan yang menggunakan kata tanya “berapa” adalah banyak, jumlah atau satuan tentang sesuatu hal yang ditanyakan.
     Menuliskan informasi teks dalam bentuk peta pikiran
https://www.muhammadnoer.com/wp-content/uploads/2012/03/mindmapanak2.jpg



1 komentar:

Pend. Seni

  Hari / Tanggal : Jumat / 17 Mei 2024  Satuan Pendidikan   : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                                      Fase/ Kelas ...