Materi Ajar Hari Selasa, 28 Januari 2020
Tema 6 : Panas dan Perpindahan
Subtema 3 : Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan
PB 5 dan 6
Ingatkah kamu cara membuat Bolu Meranti yang sangat terkenal itu? Ya!
Adonan bolu itu harus dipanggang ke dalam oven dalam waktu tertentu.
Oven adalah alat untuk memanggang kue atau makanan lainnya. Pemanggang
atau oven itu, biasanya diletakkan di atas kompor. Ada juga oven listrik
yang menggunakan listrik sebagai sumber energi.
Sore itu, Beni tidak sabar menunggu hasil kue kering yang dibuat ibunya.
Ibu tampak memasukkan dua loyang kue kering kesukaannya ke dalam sebuah
oven. Ibu harus menunggu beberapa saat sampai oven itu panas, sebelum
memasukkan kue di atas loyang itu.
Tahukah kamu, bahan apa yang digunakan untuk membuat oven atau
pemanggang milik ibunya Beni? Proses perpindahan panas apa sajakah yang
terjadi dan perlu diperhitungkan untuk membuat dan menggunakan alat
tersebut? Bagaimana dengan peralatan lain di rumahmu? Terbuat dari bahan
apa sajakah alat-alat tersebut?
Bahan Konduktor dan Isolator di Sekitar Kita
Barang-barang dalam kehidupan sehari-hari, banyak yang memanfaatkan
sifat benda sebagai konduktor atau isolator. Benda apakah itu? Selimut
dan panci merupakan benda yang memanfaatkan sifat ini.
Bagaimana cara kerja selimut? Selimut memerangkap udara. Udara adalah
isolator sehingga tidak menghantarkan panas yang keluar dari tubuhmu.
Dengan demikian, badanmu tetap terasa hangat. Jaket dan sarung tangan
wol memiliki cara kerja yang sama, yaitu untuk memerangkap udara agar
badan tetap hangat dan tidak kedinginan.
Bagaimana dengan panci yang biasa digunakan di dapur? Panci terbuat dari
bahan logam, misalnya Aluminium. Aluminium merupakan penghantar panas
yang baik. Panci akan menghantarkan panas ke makanan yang dimasak. Ada
bagian pada panci yang justru berfungsi sebagai isolator. Pegangan panci
terbuat dari plastik. Plastik merupakan isolator sehingga kamu tidak
akan kepanasan ketika memegangnya.
Oven atau pemanggang, juga menggunakan prinsip perpindahan panas secara
konduksi. Dengan menggunakan bahan konduktor seperti Aluminium,
diharapkan panas dari sumber panas seperti kompor, tidak keluar.
Sehingga, panas tersebut dapat mematangkan kue atau masakan yang
dipanggang. Pemanggang biasanya berbentuk kotak dan tertutup. Bentuk
yang tertutup ini ingin memaksimalkan panas untuk mematangkan makanan
secara merata.
Mesin mobil dan motor, terbuat dari bahan yang dapat menghantarkan
panas. Mesin memerlukan panas untuk memperoleh kinerja mesin yang ideal.
Mesin juga memerlukan energi listrik sehingga perlu bahan konduktor
sebagai penghantar listrik.
Kamu tentu memiliki setrika di rumah. Dahulu, ketika listrik belum
banyak digunakan, masyarakat menggunakan bara arang sebagai sumber
panas. Arang hitam dibakar terlebih dahulu, setelah menjadi bara baru
kemudian dimasukkan ke dalam setrika. Setrika ditutup dengan pegangan
yang terbuat dari kayu. Biasanya setrika arang ini terbuat dari tembaga
yang berat. Berbeda dengan setrika listrik yang digunakan saat ini.
Sumber panas berasal dari aliran listrik yang memanaskan kumparan di
bagian bawah setrika. Agar panasnya sampai dari kabel listrik ke pakaian
maka pada alas atau bagian bawah setrika dibuat dari bahan logam.
Sedangkan bagian pegangan setrika terbuat dari plastik yang bersifat
isolator.
Berdasarkan bacaan di atas, tuliskan hal-hal yang kamu pahami dari
setiap paragraf pada bacaan dalam sebuah kalimat. Kalimat-kalimat
tersebut akan mewakili isi dari bacaan yang kamu baca. Tuliskan pada
tempat yang telah disediakan.
Isi Paragraf 1
|
Isi Paragraf 2
|
---|---|
Barang-barang dalam kehidupan sehari-hari memanfaatkan konduktor atau isolator. Misalnya saja panci dan selimut. | Bagaimana cara kerja selimut? Selimut memerangkap udara sehingga badan tetap hangat. |
Isi Paragraf 3
|
Isi Paragraf 4
|
Bagaimana dengan panci yang biasa digunakan di dapur? Panci terbuat dari bahan logam yang merupakan penghantar panas. | Oven atau pemanggang menggunakan prinsip perpindahan panas secara konduksi. Panas dari sumber panas akan mematangkan maskan yang dipanggang. |
Isi Paragraf 5
|
Isi Paragraf 6
|
Mesin mobil dan motor terbuat dari bahan yang dapat menghantarkan panas. Mesin juga memerlukan energi listrik sehingga perlu bahan konduktor sebagai penghantar listrik. | Kamu tentu memiliki setrika di rumah. Agar panasnya sampai ke pakaian bagian bawah setrika dibuat dari bahan logam, sedangkan bagian pegangan setrika terbuat dari plastik yang bersifat isolator. |
Buatlah sebuah paragraf untuk menjelaskan isi bacaan yang melibatkan
semua isi dalam setiap paragraf! Jangan lupa untuk memperhatikan
penggunaan kata-kata baku dan ejaan yang tepat.
Barang-barang dalam kehidupan sehari-hari memanfaatkan konduktor atau
isolator. Misalnya saja panci dan selimut. Bagaimana cara kerja selimut?
Selimut memerangkap udara sehingga badan tetap hangat. Bagaimana dengan
panci yang biasa digunakan di dapur? Panci terbuat dari bahan logam
yang merupakan penghantar panas. Oven atau pemanggang menggunakan
prinsip perpindahan panas secara konduksi. Panas dari sumber panas akan
mematangkan maskan yang dipanggang. Mesin mobil dan motor terbuat dari
bahan yang dapat menghantarkan panas. Mesin juga memerlukan energi
listrik sehingga perlu bahan konduktor sebagai penghantar listrik. Kamu
tentu memiliki setrika di rumah. Agar panasnya sampai ke pakaian bagian
bawah setrika dibuat dari bahan logam, sedangkan bagian pegangan setrika
terbuat dari plastik yang bersifat isolator.
Berdasarkan bacaan di atas, buatlah sebuah diagram untuk menjelaskan apa
yang telah kamu baca. Gunakan beberapa bentuk diagram yang sudah
diberikan contoh sebelumnya. Namun, kali ini kamu dapat menambahkan
gambar-gambar yang mewakili pokok pikiran pada paragraf bacaan.
Ayo Mengamati
Perhatikanlah beberapa peralatan yang ada di rumahmu! Jika kamu
perhatikan, ada beberapa peralatan yang menggunakan bahan isolator dan
konduktor sebagai bagian dari peralatan tersebut. Lakukanlah pengamatan
secara saksama di rumahmu. Temukan beberapa peralatan yang menggunakan
bahan isolator dan konduktor dengan kegunaannya masing-masing.
Identifikasikan nama, kegunaan, dan sifat hantaran yang ada pada alat
tersebut. Gunakanlah tabel berikut untuk membantumu! Lihatlah contoh
yang telah disediakan.
Nama Alat dan
Bagiannya
|
Bahan
|
Kegunaan
|
Sifat Hantaran
(Konduktor/Isolator)
|
---|---|---|---|
Pegangan panci
|
Plastik
|
Untuk membuka
dan menutup tutup panci
|
Isolator
|
Alas Setrika
|
Tembaga
|
Menghaluskan pakaian
|
Konduktor
|
Ujung Solder
|
Besi
|
Melekatkan patri
|
Konduktor
|
Gagang Solder
|
Plastik
|
Memegang solder saat digunakan
|
Isolator
|
Pegangan Setrika
|
Plastik
|
Memegang setrika saat digunakan
|
Isolator
|
Panci
|
Aluminium
|
Memasak dan merebus air
|
Konduktor
|
Ayo Membaca
Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan gambar cerita? Bacalah bacaan berikut ini dengan saksama!
Gambar Cerita
Gambar cerita adalah gambar yang menunjukkan kegiatan orangorang atau
binatang-binatang dalam suatu peristiwa. Gambar cerita dapat ditemui
pada buku-buku cerita, terutama untuk anak-anak, untuk menceritakan
sebuah peristiwa, baik peristiwa yang benar-benar terjadi atau cerita
imajinasi. Bagaimana gambar cerita dibuat?
Menggambar cerita dapat dilakukan dengan teknik kering dan teknik basah.
Alat dan bahan untuk menggambar cerita dengan teknik kering,
menggunakan beberapa alat misalnya, pensil, kapur, krayon, atau bahan
lain yang tidak memerlukan air. Pada teknik basah, media yang diperlukan
berupa cat air, tinta bak atau tinta Cina, cat poster yang menggunakan
air sebagai pengencer.
1. Teknik Kering
Menggambar cerita dengan teknik kering, tidak perlu menggunakan
pengencer seperti air. Cerita dibuat langsung pada kertas gambar.
Mula-mula dibuat sketsa atau rancangan gambar yang menggambarkan sebuah
cerita. Setelah itu, diberikan garis atau warna sesuai dengan media
kering yang digunakan. Beberapa contoh media kering yang biasa digunakan
antara lain:
a. Pensil
Pensil yang digunakan dalam menggambar cerita, biasanya adalah pensil ukuran 2B sampai 6B.
b. Krayon
Krayon memiliki beragam variasi warna. Krayon merupakan Campuran antara
lilin dan bahan pewarna yang aman untuk anak-anak. Krayon digunakan
untuk menggambar cerita yang memerlukan variasi warna.
c. Pulpen atau Spidol
Pulpen atau spidol juga digunakan untuk menggambar cerita dengan
karakter yang tegas pada garis-garis. Perhatikan salah satu gambar
cerita berikut ini.
2. Teknik Basah
Media yang digunakan untuk teknik basah antara lain, cat air, tinta,
atau media lain yang memerlukan air sebagai pengencer. Cerita dibuat
dengan cara membuat sketsa pada bidang gambar dua dimensi berupa kertas.
Setelah itu, baru diberi warna sesuai dengan media basah yang sudah
ditentukan. Teknik basah memerlukan beberapa alat dan bahan seperti cat
air, cat poster, tinta bak atau tinta Cina, berbagai jenis kuas, dan
palet cat air.
Berikut adalah contoh gambar cerita yang dibuat dengan menggunakan teknik basah.
Ayo Mencoba
Setelah kamu mengetahui alat dan bahan yang digunakan untuk membuat
gambar cerita, gunakanlah informasi di atas untuk melakukan kegiatan
berikut bersama dengan kelompokmu.
- Jelaskanlah, apa yang kamu ketahui tentang gambar cerita. Tuliskan pemahamanmu dengan menggunakan kata-katamu sendiri, pada buku catatanmu!
- Berdasarkan pemahamanmu tentang gambar cerita, bersama kelompokmu, carilah beberapa gambar cerita dari majalah dan koran.
- Guntinglah gambar cerita tersebut dan tempelkan di beberapa kertas gambar ukuran A4.
- Tuliskanlah di bawah cerita tersebut beberapa keterangan, seperti: Pembuat gambar,, Teknik yang digunakan, dan Alat yang digunakan.
- Amatilah gambar cerita yang telah kamu pilih, lalu diskusikan dengan teman sekelompokmu, cerita apa yang disampaikan dari gambar cerita tersebut. Tuliskanlah cerita yang kamu tangkap dari gambar tersebut di bawah keterangan gambar.
- Pajanglah hasil pekerjaan kelompokmu di dinding kelas. Lakukanlah pengamatan pada gambar-gambar cerita milik kelompok lain. Apakah yang dapat kamu simpulkan dari kegiatan di atas? Tuliskanlah kesimpulanmu di tempat yang tersedia di bawah ini.
Gambar cerita adalah gambar yang menunjukkan kegiatan orang-orang atau binatang-binatang dalam suatu peristiwa. Menggambar cerita dapat dilakukan dengan teknik kering dan teknik basah. Alat dan bahan untuk menggambar cerita dengan teknik kering, menggunakan beberapa alat misalnya, pensil, kapur, krayon, atau bahan lain yang tidak memerlukan air. Pada teknik basah, media yang diperlukan berupa cat air, tinta bak atau tinta Cina, cat poster yang menggunakan air sebagai pengencer.
PB 6
Ayo Membaca
Permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat, salah satunya disebabkan
oleh adanya pihak yang tidak melakukan tanggung jawabnya. Permasalahan
sosial seperti kecelakaan lalu lintas, sampah, peristiwa kriminal,
sering terjadi di sekitar kita. Adakah permasalahan sosial lainnya yang
disebabkan oleh tidak terlaksananya kewajiban salah satu pihak di dalam
masyarakat? Simaklah bacaan berikut ini dengan saksama
Masalah Sosial di Sekitar Kita
Dengan semakin majunya media informasi baik cetak maupun elektronik,
dengan mudah masyarakat mengetahui peristiwa yang terjadi di
tempat-tempat lainnya. Tidak terkecuali berita-berita tentang
permasalahan sosial yang sering diberitakan. Beberapa masalah social
seperti pencemaran lingkungan, rusaknya atau buruknya fasilitas umum,
perilaku tidak disiplin, merupakan masalah sosial yang sering terjadi.
Pencemaran lingkungan, terjadi karena masyarakat membuang bahan-bahan
berbahaya secara sembarangan ke lingkungan alam. Pencemaran limbah cair
ke sungai-sungai, dapat mencemari air sungai yang menyebabkan kerugian
bagi masyarakat yang menggunakannya. Pencemaran udara juga dilakukan
oleh kendaraan yang sudah tidak layak jalan, sehingga mencemari udara
dengan bahan berbahaya seperti timbal dan karbon monoksida. Selain itu,
masih ada pabrik-pabrik yang membuang limbahnya melalui udara.
Pencemaran pada tanah juga terjadi, karena masyarakat membuang bahan
berbahaya yang dapat membunuh organisme di dalam tanah yang diperlukan
oleh tumbuhan.
Fasilitas umum biasanya disediakan oleh pemerintah yang digunakan untuk
keperluan masyarakat. Fasilitas umum yang mudah dijumpai, antara lain
fasilitas umum sebagai sarana transportasi, sarana pendidikan, dan
sarana kesehatan. Kendaraan umum, terminal, pelabuhan, merupakan
beberapa contoh sarana transportasi. Gedung sekolah, museum, gedung
olahraga merupakan contoh sarana pendidikan. Sedangkan rumah sakit,
apotek, puskesmas merupakan contoh sarana kesehatan. Seringkali
masyarakat kurang memelihara fasilitas-fasilitas umum tersebut, sehingga
tidak terawat dan rusak. Ketika fasilitas umum itu rusak maka hak orang
lain untuk menggunakannya akan terhambat. Dengan memelihara dan
melaporkan kerusakan, masyarakat dapat menjaganya agar dapat digunakan.
Dalam kehidupan sehari-hari, kita menjumpai banyak sekali perilaku tidak
disiplin, misalnya di jalan raya. Kecelakaan lalu lintas dan kemacetan,
merupakan salah satu akibat dari perilaku tidak disiplin. Contoh
perilaku tidak disiplin antara lain: menjalankan kendaraan dengan
melawan arus. Mengendarai sepeda motor di tempat yang tidak semestinya,
misalnya di trotoar atau jembatan penyeberangan. Memarkir kendaraan di
sembarang tempat, berhenti untuk menurunkan dan menaikkan penumpang di
sembarang tempat, serta menyeberang jalan secara sembarangan, tidak
menggunakan jembatan penyeberangan.
Berdasarkan bacaan di atas tuliskan hal-hal yang kamu pahami dari setiap
paragraf pada bacaan dalam sebuah kalimat. Kalimat-kalimat tersebut
akan mewakili isi dari bacaan yang kamu baca. Tuliskan pada tempat yang
telah disediakan.
Buatlah sebuah paragraf untuk menjelaskan isi bacaan yang melibatkan
semua isi dalam setiap paragraf. Jangan lupa untuk memperhatikan
penggunaan kata-kata baku dan ejaan yang tepat.
Jawab:
Beberapa masalah sosial seperti pencemaran lingkungan, rusaknya atau buruknya fasilitas umum, perilaku tidak disiplin, merupakan masalah sosial yang sering terjadi. Pencemaran lingkungan terjadi karena masyarakat membuang bahan-bahan berbahaya secara sembarangan sehingga mengakibatkan pencemaran air, udara, dan tanah. Fasilitas umum seperti sarana transportasi, sarana pendidikan, dan sarana kesehatan harus dijaga dan dilaporkan kerusakannya agar dapat digunakan. Banyak perilaku tidak disiplin di jalan raya dapat menyebabkan kecelakaan misalnya menjalankan kendaraan dengan melawan arus, mengendarai sepeda motor di tempat yang tidak semestinya, memarkir kendaraan di sembarang tempat, berhenti untuk menurunkan dan menaikkan penumpang di sembarang tempat, serta menyeberang jalan secara sembarangan.
Beberapa masalah sosial seperti pencemaran lingkungan, rusaknya atau buruknya fasilitas umum, perilaku tidak disiplin, merupakan masalah sosial yang sering terjadi. Pencemaran lingkungan terjadi karena masyarakat membuang bahan-bahan berbahaya secara sembarangan sehingga mengakibatkan pencemaran air, udara, dan tanah. Fasilitas umum seperti sarana transportasi, sarana pendidikan, dan sarana kesehatan harus dijaga dan dilaporkan kerusakannya agar dapat digunakan. Banyak perilaku tidak disiplin di jalan raya dapat menyebabkan kecelakaan misalnya menjalankan kendaraan dengan melawan arus, mengendarai sepeda motor di tempat yang tidak semestinya, memarkir kendaraan di sembarang tempat, berhenti untuk menurunkan dan menaikkan penumpang di sembarang tempat, serta menyeberang jalan secara sembarangan.
Kesimpulanku:
Permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat, salah satunya disebabkan oleh adanya pihak yang tidak melakukan tanggung jawabnya. Peraturan dibuat agar tertib, aman, dan nyaman. Maka, jika salah satu tidak melaksanakan kewajibannya, maka bisa terjadi kecelakaan yang merugikan berbagai pihak.
Permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat, salah satunya disebabkan oleh adanya pihak yang tidak melakukan tanggung jawabnya. Peraturan dibuat agar tertib, aman, dan nyaman. Maka, jika salah satu tidak melaksanakan kewajibannya, maka bisa terjadi kecelakaan yang merugikan berbagai pihak.
Berdasarkan bacaan di atas, buatlah sebuah diagram untuk menjelaskan apa
yang telah kamu baca. Gunakan catatanmu tentang isi setiap paragraf
yang mewakili pokok pikiran dalam setiap paragraf di atas untuk
mempermudah pekerjaanmu. Tambahkanlah beberapa gambar pada setiap pokok
pikiran yang kamu jelaskan.
Masalah sosial yang terjadi seperti yang dijelaskan di dalam bacaan di
atas, mungkin pernah terjadi di sekitarmu juga. Pernahkah kamu berpikir
tentang gagasan untuk mengurangi terjadinya masalah sosial tersebut?
Dengan menggunakan bacaan di atas lakukanlah kegiatan berikut ini!
A. Lengkapilah tabel berikut ini dengan menggunakan keterangan yang ada pada bacaan di atas. Perhatikan contoh.
Masalah
Sosial
|
Penyebab
|
Pihak Yang Terlibat
|
Cara Mengatasi
|
---|---|---|---|
Kemacetan lalu lintas | Kurang disiplin | Pengguna jalan | Mematuhi peraturan lalu lintas |
Pencemaran air | Membuang limbah ke sungai | Warga mayarakat | Membuang sampah di tempat yang disdiak |
Pencemaran udara | Kendaraan dan pabrik mengluarkan zat berbahaya | Kendaraan tak layak jalan dan pabrik-pabrik | Kenggunakan kendaraan dan membangun pabrik ramah lingkungan |
Pencemaran tanah | Bahan berbahaya dari limbah | Warga mayarakat | Mengolah limbah sebelum dibuang |
Fasilitas umum rusak | Fasilita umum tidak dirawat dengan baik | Warga mayarakat dan pemerintah | Memelihara dan melaporkan failita umum jika ada krusakan |
B. Amatilah lingkungan di sekitarmu, baik di sekolah maupun di rumah.
Gunakan tabel berikut ini untuk menuliskan masalah sosial yang terjadi
di sekitarmu. Perhatikan tabel sebelumnya sebagai panduanmu.
Masalah
Sosial
|
Penyebab
|
Pihak Yang Terlibat
|
Cara Mengatasi
|
---|---|---|---|
Pemborosan energi | Penggunaan energi yang kurang bijak | Warga nasyarakat | Menggunakan energi alternatif dan perilaku hemat energi |
Pencurian | Kurangnya penjagaan keamanan lingkungan | Warga mayarakat | Menjaga keamanan lingkungan dengan siskamling |
Kenakalan remaja | Kurang bisa mengendalikan diri | Anak remaja | Memberikan keteladanan yang baik bagi para remaja. |
Kelangkaan sembako | Tidak meratanya persediaan sembako | Warga mayarakat dan pemerintah | Pemerintah menyediakan persediaan sembako dalam jangka waktu yang lama |
Demo anarkis | Kurangnya pemahaman hak dan kewajiban masing-masing | Warga mayarakat dan pemerintah | Menjalin komunikasi yang baik antara pemerintah dan warga mayarakat |
Ayo Membaca
Memahami Gambar Cerita
Gambar cerita, merupakan gambar yang menceritakan sebuah peristiwa yang
menunjukkan kegiatan orang atau binatang dalam suatu peristiwa. Gambar
yang disajikan dapat berupa cerita yang digambar pada media kering
maupun basah. Penggunaan media yang berbeda, akan memerlukan teknik
menggambar yang bebeda juga.
Pada gambar dengan menggunakan media kering, biasanya digunakan teknik
arsir. Teknik arsir dibuat dengan menorehkan pensil, spidol atau alat
lain berupa garis-garis berulang yang menimbulkan kesan gelap terang,
dan kesan adanya dimensi. Selain teknik arsir, ada juga teknik blok.
Teknik blok adalah teknik menutup gambar dengan menggunakan satu warna
sehingga menimbulkan kesan siluet atau blok. Sedangkan cara penggunaan
media basah, biasanya memerlukan kuas untuk mengaplikasikan cat baik cat
air maupun cat poster. Teknik sapuan basah menggunakan bahan dengan
campuran air di atas kertas.
Untuk memahami sebuah gambar cerita, terdapat beberapa unsur yang dapat
dipelajari. Sebuah gambar cerita harus memiliki gagasan atau tema yang
jelas sesuai dengan cerita. Sebuah cerita yang bertema pasar seharusnya
didukung dengan suasana pasar yang merupakan latar belakang cerita
tersebut. Biasanya dengan mudah akan tertangkap dari tema cerita
tersebut. Gambar ilustrasi yag ditampilkan dapat berupa penggalan cerita
yang paling menonjol. Dari gambar cerita juga dapat dibayangkan
karakter tokoh dalam cerita tersebut. Perhatikanlah gambar cerita di
bawah ini. Gambar tersebut merupakan penggalan cerita dari Kisah Malin
Kundang, cerita rakyat dari Sumatera Barat. Dapatkah kamu menceritakan
kisah berdasarkan gambar tersebut?
Setelah kamu memahami beberapa teknik menggambar gambar cerita dan juga
mengerti beberapa hal yang perlu diperhatikan pada sebuah gambar cerita,
lakukanlah kegiatan berikut ini.
- Pilihlah salah satu gambar yang tersedia di bawah ini.
- Berilah judul pada gambar tersebut, lalu tuliskanlah sebuah cerita berdasarkan gambar tersebut.
- Cari tahu juga media dan teknik menggambar yang digunakan.
Gambar 1
Judul : Tolong Menolong
Anton mempunyai sepeda baru yang dibelikan oleh orang tuanya, setelah berhasil menjadi juara 1 di kelasnya. Anton sangat senang dengan sepeda barunya, dia selalu berkeliling di lingkungan kampungnya dengan menggunakan sepeda. Pada suatu hari saat Anton sedang bersepeda dengan kencang, karena jalanan banyak pasir yang berserakan, maka Anton jatuh terguling akibat ban sepedanya terpeleset pasir. Anton jatuh terguling dan sepedanya terlempar dari Anton. Saat Anton bangun dan melihat sepedanya ternyata rantai sepedanya lepas. Anton kebingungan untuk membetulkan rantai sepedanya karena tidak membawa peralatan yang lengkap. Untung saja Dani yang saat itu berjalan hendak pulang ke rumahnya melihat Anton dan segera menolongnya. Dani kebetulan juga membawa alat perbengkelan milik ayahnya, dan segera membantu menyelesaikan masalah Anton. Sebagai ucapan terima kasih Anton mengajak Dani untuk berboncengan dan mengantarkannya pulang ke rumah.
Media dan teknik menggambar: Media Kering, Teknik Arsir
Judul : Tolong Menolong
Anton mempunyai sepeda baru yang dibelikan oleh orang tuanya, setelah berhasil menjadi juara 1 di kelasnya. Anton sangat senang dengan sepeda barunya, dia selalu berkeliling di lingkungan kampungnya dengan menggunakan sepeda. Pada suatu hari saat Anton sedang bersepeda dengan kencang, karena jalanan banyak pasir yang berserakan, maka Anton jatuh terguling akibat ban sepedanya terpeleset pasir. Anton jatuh terguling dan sepedanya terlempar dari Anton. Saat Anton bangun dan melihat sepedanya ternyata rantai sepedanya lepas. Anton kebingungan untuk membetulkan rantai sepedanya karena tidak membawa peralatan yang lengkap. Untung saja Dani yang saat itu berjalan hendak pulang ke rumahnya melihat Anton dan segera menolongnya. Dani kebetulan juga membawa alat perbengkelan milik ayahnya, dan segera membantu menyelesaikan masalah Anton. Sebagai ucapan terima kasih Anton mengajak Dani untuk berboncengan dan mengantarkannya pulang ke rumah.
Media dan teknik menggambar: Media Kering, Teknik Arsir
Gambar 2
Judul : Kolam Ikan
Tono dan Tini mempunyai halaman rumah yang luas. Untuk menambah keindahan halaman rumah mereka, Tini mengusulkan kepada ayah mereka untuk membuat kolam ikan. Karena Tini dan Tono merupakan anak yang patuh pada orang tua serta selalu melakukan kewajiban mereka di rumah dengan baik, maka ayah Tono dan Tini menyetujui usul Tini, dengan syarat Tono dan Tini harus selalu merawat kolam ikan tersebut. Tono dan Tini menyanggupi syarat dari ayah mereka. Setelah kolam ikan sudah dibuat, Tono dan Tini memasukkan berbagai jenis ikan hias ke dalam kolam. Mereka sangat senang. Karena dengan menjalankan hak dan kewajiban di rumah secara seimbang, kini mereka memiliki kolam ikan yang indah.
Media dan teknik menggambar : Media basah, Teknik Sapuan cat air
Judul : Kolam Ikan
Tono dan Tini mempunyai halaman rumah yang luas. Untuk menambah keindahan halaman rumah mereka, Tini mengusulkan kepada ayah mereka untuk membuat kolam ikan. Karena Tini dan Tono merupakan anak yang patuh pada orang tua serta selalu melakukan kewajiban mereka di rumah dengan baik, maka ayah Tono dan Tini menyetujui usul Tini, dengan syarat Tono dan Tini harus selalu merawat kolam ikan tersebut. Tono dan Tini menyanggupi syarat dari ayah mereka. Setelah kolam ikan sudah dibuat, Tono dan Tini memasukkan berbagai jenis ikan hias ke dalam kolam. Mereka sangat senang. Karena dengan menjalankan hak dan kewajiban di rumah secara seimbang, kini mereka memiliki kolam ikan yang indah.
Media dan teknik menggambar : Media basah, Teknik Sapuan cat air
Tidak ada komentar:
Posting Komentar