MATERI AJAR HARI RABU, 08 JANUARI 2020
MATEMATIKA DAN TEMATIK
Ciri-Ciri Bangun Ruang Kubus
Ciri-Ciri Bangun Ruang Kubus
- Kubus memiliki 6 buah bidang sisi yang berbebentuk bujur sangkar yaitu ABCD, EFGH, ABFE, BCFG, CDGH, dan ADEH.
- Kubus memiliki 8 buah titik sudut yaitu A, B, C, D, E, F, G, dan H.
- Kubus memiliki 12 buah rusuk yang sama panjanganya yaitu AB, CD, EF, GH, AE, BF, CG, DH, AD, BC, EH, dan FG.
- Kubus memiliki sudut yang semuanya adalah sudut siku-siku.
- Kubus memiliki 4 diagonal ruang dan 12 diagonal bidang. Diagonal ruang biasanya yaitu garis AG, BH, CE, DF sedangkan diagonal bidang kubus biasanya garis AC, BD, EG, FH, DE, AH, CF, BG, AF, BE, DG, dan CH.
TEMA 6:
Panas dan Perpindahannya
SUB 1 : Suhu dan Kalor
Pembelajaran 3
B. KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.3
Meringkas teks penjelasan
(eksplanasi) dari media cetak atau elektronik.
|
3.3.1 Meringkas teks penjelasan
secara benar.
|
4.3
Menyajikan ringkasan teks penjelasan
(eksplanasi) dari media cetak atau elektronik dengan menggunakan kosakata
baku dan kalimat efektif secara lisan, tulis, dan visual.
|
4.3.1 menyajikan
ringkasan teks penjelasan secara benar.
|
PPKn
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
1.2
Menghargai kewajiban, hak, dan
tanggug jawab sebagai warga masyarakat dan umat beragama dalam kehidupan
sehari-hari.
|
|
2.2
Menunjukkan sikap tanggung jawab
dalam memenuhi kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan
sehari-hari.
|
|
3.2
Memahami hak, kewajiban dan tanggung
jawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari.
|
3.2.1 Memahami makna hak sebagai
siswa dan warga negara secara benar.
|
4.2
Menjelaskan hak, kewajiban, dan
tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
|
4.2.1 menjelaskan makna
hak sebagai siswa dan warga negara secara benar.
|
IPS
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.2
Menganalisis bentuk bentuk interaksi
manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial,
budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia.
|
3.2.1 mengidentifikasi interaksi manusia
dengan lingkungan dan pengaruhnya secara benar.
|
4.2
Menyajikan hasil analisis tentang
interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan
sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia.
|
4.2.1 membuat laporan
hasil observasi di lingkungan sekitar tentang interaksi manusia dengan lingkungan
secara tepat dan jelas.
|
Ayo
Berdiskusi
Diskusikanlah
bersama dengan temanmu, usaha-usaha apa saja yang dilakukan manusia untuk
memanfaatkan energi panas dari matahari. Bagaimana masyarakat sekitarmu
memanfaatkan energi panas untuk memenuhi kebutuhan hidupnya? Apakah energi
panas diperuntukkan bagi semua orang? Bagaimana usaha masyarakat di sekitarmu
untuk memenuhi kebutuhan hidupnya?
Ayo
Membaca
Untuk
memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia harus berhubungan dengan lingkungannya.
Dalam hubungan dengan lingkungannya, ada peristiwa saling memengaruhi satu
dengan yang lain. Matahari adalah sumber kehidupan yang memungkinkan lingkungan
manusia berjalan sebagaimana mestinya. Lingkungan manusia terdiri atas
lingkungan alam dan juga lingkungan masyarakat. Lingkungan masyarakat tempat
kita tinggal dipengaruhi oleh kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya.
Bagaimana
manusia berhubungan dengan lingkungan alamnya? Simaklah bacaan berikut ini!
Manusia
dengan Lingkungan Alam
Semua
makhluk hidup yang ada di bumi, melakukan hubungan dengan sesama makhluk hidup
maupun dengan lingkungannya. Lingkungan alam terdiri atas benda mati dan
makhluk hidup. Lingkungan alam merupakan sumber penghidupan bagi makhluk hidup,
karena alam menyediakan semua kebutuhan makhluk hidup. Dst..
Bacalah
kembali bacaan di atas dengan saksama. Kemudian, jawablah pertanyaan berikut
ini!
1. Apa
judul bacaan di atas?
Manusia
dengan Lingkungan Alam
2.
Tuliskanlah kata-kata kunci yang ada dalam setiap paragraf di atas.
•
Paragraf 1 : Makhluk hidup, Lingkungan alam
•
Paragraf 2 : Benda mati dan makhluk hidup
•
Paragraf 3 : Malkluk hidup, Benda mati
•
Paragraf 4 : Hubungan, Menyesuaikan diri, Memanfaatkan alam.
•
Paragraf 5 : Manusia, Alam, Ilmu pengetahuan dan Teknologi
3.
Buatlah sebuah pertanyaan dengan menggunakan kata kunci yang kamu tentukan dari
setiap paragraf pada bacaan di atas. Kemudian, mintalah temanmu untuk
menjawabnya!
Mengapa
makhluk hidup dapat memengaruhi benda mati?
4.
Buatlah paling sedikit dua pertanyaan tentang bacaan yang ingin sekali kamu
ketahui lebih dalam!
5. Apa
yang dapat kamu simpulkan dari bacaan di atas? Jelaskanlah isi bacaan di atas
kepada teman sebangkumu.
Kesimpulan:
Makhluk
hidup melakukan hubungan dengan sesama makhluk hidup dan lingkungnnya.Mkhluk
hidup juga dapat memengaruhi benda mati. Manusia memanfaatkan alam menggunakan
ilmu pengetahuan dan teknologi
Ayo
Mencoba
Perhatikanlah
lingkungan sekitar tempat tinggalmu. Berdasarkan keterangan pada bacaan di atas
tentang interaksi manusia dengan lingkungannya, cobalah lakukan pengamatan
terhadap lingkungan di sekitarmu. Gunakan pertanyaan berikut ini sebagai
panduanmu.
1.
Bagaimanakah kondisi geografis lingkungan di daerah tempat tinggalmu? Apakah
termasuk daerah pantai, pegunungan, atau dataran?
2. Apa pekerjaan utama
orang-orang di sekitarmu?
Daerah
Tempat Tinggal
|
Pekerjaan
Utama Penduduk
|
Pegunungan
|
Petani
|
Dataran
Tinggi
|
Petani
|
Dataran
Rendah
|
Petani
|
Pantai
|
Nelayan
|
3. Apa saja bentuk
interaksi masyarakat sekitarmu dengan lingkungan alamnya? Lengkapilah tabel
berikut, perhatikan contoh!
Bentuk
Interaksi Masyarakat
dengan
Alam
|
Hasil
Interaksi dengan
Lingkungan
Alam
|
Bercocok
tanam
|
Mudah
mendapatkan sayuran dan buah-buahan
|
Menjadi
nelayan
|
Mendapatkan
berbagai jenis ikan
|
Memelihara
hewan ternak sapi
|
Mudah
mendapatkan susu dan daging
|
Melakukan
penghijauan
|
Tersedianya
sumber air bersih
|
4. Apa
kesimpulan yang kamu dapatkan dari kegiatan ini?
Daerah
yang berbeda, tanaman yang dihasilkan pun bisa berbeda sehingga manusia harus
mampu menyesuaikan diri..
Ayo
Mencoba
Konvensi
Hak-Hak Anak
Anak-anak
merupakan generasi penerus cita-cita perjuangan sebuah bangsa. Oleh karenanya,
kebutuhan untuk tumbuh dan berkembang dalam kehidupan anak harus diutamakan.
Sayangnya, tidak semua anak mempunyai kesempatan yang sama dalam mewujudkan
harapannya. Banyak di antara mereka yang mengalami kesulitan untuk tumbuh dan
berkembang secara sehat dan mendapatkan pendidikan yang terbaik. Banyak anak berasal
dari keluarga yang kurang mampu yang tidak mendapatkan layanan pendidikan dan
kesehatan.
Apa
saja hak-hak anak menurut Konvensi Hak-Hak Anak? Menurut konvensi ini hak anak
dikelompokkan dalam 4 golongan, yaitu:
1. Hak
Kelangsungan Hidup, hak untuk melestarikan dan mempertahankan hidup dan hak
memperoleh standar kesehatan tertinggi dan perawatan yang sebaik-baiknya.
Apakah kamu tahu nama lengkap kedua orang tuamu? Apakah kamu tahu asal usul
kedua orang tuamu? Apakah kamu tahu asal usul keluargamu? Setiap anak berhak
tahu keluarganya dan identitas dirinya.
2. Hak
Perlindungan, perlindungan dari diskriminasi, eksploitasi, kekerasan, dan
keterlantaran. Kamu memiliki hak yang sama dengan anak-anak lain untuk
melakukan kegiatan keagamaanmu, atau melakukan kegiatan perayaan tradisimu.
Sebagai seorang anak kamu belum boleh bekerja, dan kamu berhak diperlakukan
secara baik tanpa kekerasan.
3. Hak
Tumbuh Kembang, hak memperoleh pendidikan dan hak mencapai standar hidup yang
layak bagi perkembangan fisik, mental, spiritual, moral, dan sosial. Kamu
memiliki hak untuk sekolah, mendapatkan tempat tinggal, mendapatkan makanan dan
minuman yang layak. Hakmu adalah bermain dan mendapatkan istirahat yang cukup,
karena hal itu diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembanganmu sebagai seorang
anak.
4. Hak
Berpartisipasi, hak untuk menyatakan pendapat dalam segala hal yang memengaruhi
anak. Kamu mempunyai hak untuk mendapatkan informasi yang sesuai dengan usiamu.
Kamu juga berhak untuk memberikan pendapat jika itu berhubungan dengan
kehidupanmu sebagai seorang anak.
Berdasarkan bacaan di atas,
lakukanlah kegiatan berikut!
1. Tuliskan beberapa
kata-kata sulit yang belum kamu pahami. Cari tahu makna kata tersebut dengan
mendiskusikannya bersama teman dan gurumu!
No.
|
Kata
Sulit
|
Makna
|
1.
|
Konvensi
|
Permufakatan
atau kesepakatan
|
2.
|
Ratifikasi
|
Pengesahan
dokumen negara khususnya pengesahan undang-undang, perjanjian antarnegara,
dan persetujuan hukum internasional;
|
3.
|
Identitas
|
Ciri-ciri
atau keadaan khusus seseorang; jati diri:
|
4.
|
Diskriminasi
|
Pembedaan
perlakuan terhadap sesama warga negara
|
5
|
Eksploitasi
|
Pemanfaatan
untuk keuntungan sendiri;
|
2.
Buatlah daftar hak anak yang kamu dapatkan dari bacaan di atas! Catatlah
hak-hak tersebut di bawah ini!
• Hak
Kelangsungan Hidup, hak untuk melestarikan dan mempertahankan hidup dan hak
memperoleh standar kesehatan tertinggi dan perawatan yang sebaik-baiknya.
• Hak
Perlindungan, perlindungan dari diskriminasi, eksploitasi, kekerasan, dan
keterlantaran.
• Hak
Tumbuh Kembang, hak memperoleh pendidikan dan hak mencapai standar hidup yang
layak bagi perkembangan fisik, mental, spiritual, moral, dan sosial.
• Hak
Berpartisipasi, hak untuk menyatakan pendapat dalam segala hal yang memengaruhi
anak.
3. Dari daftar yang kamu
buat di atas, tulis dan tandailah hak-hak yang sudah kamu dapatkan dengan
membuat tanda centang (√).
No.
|
Hak
Anak
|
Ket.
|
1.
|
Hak
Kelangsungan Hidup
|
√
|
2.
|
Hak
Perlindungan, perlindungan dari diskriminasi, eksploitasi, kekerasan, dan keterlantaran.
|
√
|
3.
|
Hak
Tumbuh Kembang, hak memperoleh pendidikan dan hak mencapai standar hidup yang
layak bagi perkembangan fisik, mental, spiritual, moral, dan sosial.
|
√
|
4.
|
Hak
Berpartisipasi, hak untuk menyatakan pendapat dalam segala hal yang memengaruhi
anak.
|
√
|
4. Bagaimana kamu
mendapatkan hak-hak tersebut?
No.
|
Hak
Anak
|
Cara
Mendapatkan
|
1.
|
Hak
Kelangsungan Hidup
|
Selalu
menjaga kesehatan tubuh dengan makan makanan bergizi. Selalu
memeriksakan kesehatan tubuh.
|
2.
|
Hak
Perlindungan
|
Mematuhi
semua aturan yang ada dalam keluarga. Taat dan patuh terhadap perintah orang
tua.
|
3.
|
Hak
Tumbuh Kembang
|
Belajar
dengan tekun dan sungguh-sungguh, Memanfaatkan waktu dengan bijak untuk
bermain dan belajar.
|
4.
|
Hak
Berpartisipasi
|
Mendengarkan
dan melaksanakan nasehat orang tua. menyampaikan pendapat dengan sopan,
|
Tahukah
kamu tentang hakmu sebagai siswa? Bacalah artikel berikut ini dengan saksama!
Hak-Hak
Seorang Siswa
Setiap
warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan. Setiap anak yang
menjadi warga negara berhak atas kesempatan untuk mengikuti pendidikan. Hal ini
sesuai dengan Konvensi Hak Anak yang ditandatangani pemerintah Indonesia.
Setiap anak di Indonesia memiliki hak untuk memperoleh pengetahuan, kemampuan
dan keterampilan yang akan membantunya menjadi warga negara yang mandiri di
kemudian hari.
Setiap
anak yang belajar di sebuah lembaga pendidikan, baik formal maupun tidak
formal, disebut sebagai siswa. Setiap siswa yang belajar di sebuah sekolah
mempunyai hak-hak yang sama.
Menurut
Peraturan Pemerintah No 28 Tahun 1990, yang dimaksud dengan hak-hak siswa
adalah hak untuk:
- mendapat perlakuan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya;
- memperoleh pendidikan agama sesuai dengan agama yang dianutnya;
- mengikuti program pendidikan yang bersangkutan atas dasar pendidikan berkelanjutan, baik untuk mengembangkan kemampuan diri maupun untuk memperoleh pengakuan tingkat pendidikan tertentu yang telah dibakukan;
- mendapat bantuan fasilitas belajar, beasiswa, atau bantuan lain sesuai dengan persyaratan yang berlaku;
- pindah ke sekolah yang sejajar atau yang tingkatnya lebih tinggi sesuai dengan persyaratan penerimaan siswa pada sekolah yang hendak dimasuki;
- memperoleh penilaian hasil belajarnya;
- menyelesaikan program pendidikan lebih awal dari waktu yang ditentukan;
- mendapat pelayanan khusus bilamana menyandang cacat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar