MATERI AJAR HARI KAMIS, 09 JANUARI 2020
Tema 6 Kelas 5 Subtema 1 Pembelajaran 4
Pernahkah kamu melihat gambar di atas? Gambar tersebut merupakan pesan
kepada masyarakat dalam bentuk papan iklan layanan masyarakat. Papan
iklan tersebut, merupakan salah satu media yang digunakan untuk
menyampaikan informasi kepada masyarakat melalui media cetak. Pesan atau
informasi apa saja yang kamu dapatkan dari papan iklan tersebut?
Pernahkah kamu melihat papan iklan serupa?
Ayo Mengamati
Perhatikanlah gambar-gambar berikut ini!
Apa yang dapat kamu ceritakan tentang gambar-gambar di atas? Apakah kamu
pernah menemuinya di lingkungan tempat tinggalmu? Bagaimana pendapatmu
terhadap gambar tersebut? Menurutmu, hal-hal apa sajakah yang
menyebabkan hal itu terjadi? Bagaimana hubungan atau interaksi manusia
terhadap lingkungan yang tampak dari gambar tersebut?
Ayo Membaca
Pengaruh Negatif Interaksi Manusia dengan Lingkungan Alamnya
Manusia tidak dapat hidup tanpa mengandalkan lingkungan alamnya. Dari
alam manusia memperoleh banyak manfaat untuk memenuhi kebutuhannya.
Pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, merupakan bentuk-bentuk
interaksi manusia dengan lingkungan alamnya untuk memenuhi kebutuhan
hidupnya. Manusia memelihara alam sedemikian rupa, agar dapat
dimanfaatkan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan manusia dan mahluk
hidup lainnya.
Tetapi, tidak semua interaksi manusia dengan alam berdampak baik bagi
alam. Perilaku masyarakat yang suka membuang sampah sembarangan
misalnya, dapat merusak lingkungan alam di sekitarnya. Membuang sampah
di sungai dan di laut, dapat merusak makhluk hidup lain yang ada di
dalamnya. Tidak hanya itu, kerusakan lingkungan yang ditimbulkannya
dapat membahayakan manusia sendiri.
Interaksi manusia dengan lingkungan yang kurang baik, juga dapat
menyebabkan beberapa bencana yang merugikan manusia dan lingkungannya.
Contohnya, terjadi banjir karena saluran air yang terganggu oleh sampah
dari kegiatan manusia merupakan salah satu contohnya. Demikian juga
dengan bencana tanah longsor, disebabkan karena manusia sering menebang
pohon di tanah yang landai. Kebakaran hutan karena kecerobohan manusia
pun, menyebabkan kerusakan dan kerugian yang sangat besar.
Berdasarkan bacaan di atas, jawablah beberapa pertanyaan berikut!
- Dapatkah manusia hidup tanpa mengandalkan lingkungan alamnya? Mengapa? Manusia tidak dapat hidup tanpa lingkungan alam karena manusia mendapatkan kebutuhan hidupnya dari alam.
- Jelaskanlah dua atau tiga contoh interaksi manusia dengan lingkungan alamnya yang terjadi di sekitarmu! Jawaban bisa bervariasi.
- Sebutkan dan jelaskanlah contoh banjir.
- Apa saja akibat interaksi negatif manusia terhadap lingkungan alamnya? Jelaskan! Banjir karena saluran air yang terganggu oleh sampah, tanah longsor yang terjadi karena manusia sering menebang pohon di tanah yang landai, kebakaran hutan karena kecerobohan manusia. interaksi manusia dengan lingkungan alamnya yang merugikan manusia dan lingkungannya! Membuang sampah sembarangan menyebabkan banjir, menebang pohon sembarangan menyebabkan tanah longsor dan banjir.
- Apa saja akibat interaksi negatif manusia terhadap lingkungan alamnya? Jelaskan! Banjir karena saluran air yang terganggu oleh sampah, tanah longsor yang terjadi karena manusia sering menebang pohon di tanah yang landai, kebakaran hutan karena kecerobohan manusia.
Berdasarkan bacaan di atas, gunakan diagram berikut untuk menjelaskan
apa yang telah kamu baca. Jelaskan dan tuliskanlah pemahamanmu pada
setiap paragraf bacaan tersebut. Lalu tuliskanlah kata-kata kunci pada
setiap paragraf yang kamu anggap penting.
Jawab:
Manusia tidak dapat hidup tanpa mengandalkan lingkungan alamnya. Tetapi,
tidak semua interaksi manusia dengan alam berdampak baik bagi alam.
Interaksi manusia dengan lingkungan yang kurang baik, juga dapat
menyebabkan beberapa bencana yang merugikan manusia dan lingkungannya.
Dalam kelompok yang terdiri atas empat orang, tunjukkanlah hasil
pekerjaanmu satu sama lain. Apakah teman-temanmu menceritakan hal yang
sama pada setiap paragraf bacaan di atas? Mengapa?
Ayo Mengamati
Perhatikanlah masyakarat di sekitar tempat tinggalmu! Lakukanlah
kegiatan berikut untuk mengamati interaksi masyarakat di sekitarmu
terhadap lingkungan alam dan pengaruh negatifnya. Gunakan tabel berikut
untuk membantumu!
Bentuk Kegiatan
Interaksi
|
Pengaruh Negatif yang
Terjadi
|
Usaha untuk
Memperbaiki
|
---|---|---|
Pertanian | Penggunaan pupuk buatan berlebihan merusak tanah | Menggunakan pupuk alam dari kotoran hewan |
Perkebunan | Penggunaan pestisida menyebabkan pencemaran lingkungan | Penggunaan musuh alami hama tanaman |
Peternakan | Pembuangan limbah peternakan ke sungai menyebabkan bau tidak enak yang menyengat. | Limbah ternak dapat dimanfaatkan untuk bahan makanan ternak, pupuk organik, energi dan media pelbagai tujuan |
Perikanan | Limbah sisa pengolahan ikan menimbulkan pencemaran lingkungan | Tepung dan silase ikan, dari limbah daging, tulang, insang dapat digunakan sebagai bahan pembuatan pupuk dan pakan ternak/ikan. |
Perlihatkanlah hasil pengamatanmu kepada teman dalam kelompokmu.
Presentasikanlah hasil temuanmu di dalam kelompok. Jawablah pertanyaan
yang diberikan temanmu terhadap hasil presentasimu. Berikan juga
tanggapan atas pekerjaan temanmu yang lain.
Kesimpulan :
Mendapatkan manfaat dari lingkungan alam merupakan hak kita. Tetapi memeliharanya adalah kewajiban kita bersama.
Ayo Membaca
Bacalah artikel berikut ini untuk membantumu memahami makna kewajiban secara umum.
Kewajiban Warga Negara dan Siswa
Apakah yang kamu rasakan jika sekolahmu dipenuhi dengan sarana belajar
yang kotor, penuh coretan, dan rusak? Demikian juga dengan dinding
sekolah yang penuh coretan, buku siswa yang sobek-sobek, kamar mandi
sekolah yang kotor, dan bangku-bangku kelas yang penuh dengan
tulisan-tulisan. Kamu tentu sedih dan prihatin, karena dengan demikian
kamu tidak dapat belajar dengan baik.
Salah satu hak siswa adalah mendapatkan pendidikan yang layak. Tetapi
pada saat yang sama siswa juga mempunyai kewajiban untuk menjaga sarana
pendidikan agar haknya terpenuhi. Jika siswa tidak melakukan kewajiban
tersebut, maka sarana belajarnya akan rusak sehingga kegiatan belajar
akan terganggu.
Apakah yang dimaksud dengan kewajiban? Menurut Kamus Besar Bahasa
Indonesia, kewajiban berasal dari kata wajib yang berarti harus
dilakukan atau diamalkan. Sehingga kewajiban adalah sesuatu yang wajib
dilaksanakan. Kewajiban merupakan sesuatu yang harus dilakukan untuk
menjamin haknya terpenuhi.
Semua siswa yang sedang belajar di Indonesia, wajib mengikuti peraturan
yang ditetapkan Negara melalui undang-undang. Semua kewajiban ini, harus
dilakukan untuk menjamin seorang siswa mendapatkan haknya. Seorang
siswa berhak untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Maka kewajiban
siswa, antara lain menaati peraturan yang berhubungan dengan pendidikan,
misalnya menaati peraturan sekolah.
Ayo Berdiskusi
Sebagai warga negara dan anggota masyarakat, kita perlu mengetahui hak
dan kewajiban kita. Sebelumnya kamu telah mengetahui hak-hakmu sebagai
siswa dan sebagai seorang anak. Bersama dengan teman sebangkumu, gunakan
tabel di bawah ini, untuk menentukan hak-hakmu sebagai siswa. Setelah
itu, kamu dapat menentukan kewajibanmu untuk mendapatkan hak-hakmu.
Hakmu sebagai Siswa di Sekolah
|
Kewajibanmu sebagai Siswa di Sekolah
|
---|---|
Mendapatkan pendidikan dan pengajaran. | Mengikuti seluruh kegiatan sekolah |
Menggunakan fasilitas pembelajaran | Mematuhi berbagai peraturan di lingkungan sekolah. |
Memperoleh bimbingan dan konsultasi | Memelihara seluruh fasilitas yang ada di lingkungan sekolah. |
Hakmu sebagai Anak di Rumah
|
Kewajibanmu sebagai Anak di Rumah
|
Hak Mendapatkan Kasih Sayang | Membantu Orang Tua |
Hak Mendapatkan Perlindungan | Belajar dengan tekun dan sungguh-sungguh |
Hak Mendapatkan Kesehatan | Membereskan Kamarnya |
Presentasikanlah hasil diskusimu di dalam kelompok kecil yang terdiri
atas empat orang. Buatlah beberapa pertanyaan tentang presentasi yang
dibuat teman-teman di dalam kelompokmu. Catatlah beberapa hal yang kamu
anggap penting. Lalu, buatlah kesimpulan tentang makna kewajiban dari
hasil diskusimu.
Kesimpulan:
Kewajiban merupakan sesuatu yang harus dilakukan untuk menjamin haknya
terpenuhi. Kewjiban dan hak harus dilaksanakan secara seimbang sehingga
keharmonisan hidup akan terjaga.
Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 5
Hari masih sangat pagi. Siti terbangun karena mendengar suara azan subuh
dari musala. Siti segera menunaikan kewajibannya untuk sholat. Siti
mengira ia orang pertama yang terbangun pada pagi hari itu. Ternyata ia
melihat Ibu sudah berada di dapur.
Setelah melakukan sholat subuh, Siti menghampiri ibunya yang sedang
menyalakan kompor. Siti melihat Ibu sedang memasak air pada dua panic
yang berbeda. Panci pertama yang berukuran lebih besar berisi air
setengah penuh. Air di panci pertama akan digunakan Ibu untuk merebus
sayur. Panci kedua berukuran lebih kecil berisi air yang hampir penuh.
Panci kedua akan digunakan Ibu untuk membuat teh. Siti menduga-duga, air
dalam panic manakah yang akan mendidih lebih cepat. Diam-diam Siti
melakukan pengamatan sambil membantu ibunya menyiapkan sarapan.
Ayo Mengamati
Perhatikanlah gambar berikut ini!
1. Bagaimana ukuran kedua panci tersebut?
Ukuran kedua panci berbeda, panci A lebih besar dari panci B
2. Manakah panci yang berisi air lebih banyak? A atau B?
Panci A yang digunakan umtuk berisi air lebih banyak
3. Jika kedua panci berisi air itu dididihkan, panci manakah yang akan
memerlukan waktu lebih lama untuk mendidihkan air di dalamnya?
Panci A membutuhkan waktu yang lebih lama dari panci B.
4. Mengapa?
Jumlah air dalam panci A lebih banyak daripada air yang ada di panci B.
5. Bagaimana hubungan antara energi panas yang dibutuhkan untuk
mendidihkan air di dalam panci dengan suhu air di dalamnya? (Air
mendidih pada suhu 100°C).
Semakin banyak jumlah air, semakin banyak energi panas yang dibutuhkan untuk mendidihkannya.
6. Apakah kesimpulan yang kamu dapatkan dari kegiatan di atas?
Kesimpulanku:
Kegiatan yang berbeda memerlukan energi panas yang berbeda juga.
Berdasarkan kegiatan di atas, identifikasi kegiatan sehari-hari yang menunjukkan penggunaan energi panas.
1. Menyetrika baju menggunakan setrika listrik
2. Penjemuran pakaian, pengeringan pakaian/ikan asin/bahan makanan, proses pembuatan garam
3. Memasak air di atas kompor.
4. Mengeringkan rambut menggunakan hairdryer.
Ayo Mengamati
Manakah dari kegiatan berikut yang membutuhkan energi panas (kalor)
lebih banyak? Berilah tanda centang (√) pada kotak yang telah
disediakan!
Kegiatan 1
|
Kegiatan 2
| ||
---|---|---|---|
Mengeringkan pakaian yang sangat basah. | √ | Mengeringkan pakaian yang setengah basah. | - |
Mengeringkan sapu tangan basah dari kain yang tipis. | - | Mengeringkan handuk mandi basah yang tebal. | √ |
Mengeringkan rambut panjang sehabis keramas. | √ | Mengeringkan rambut pendek setelah keramas. | - |
Perubahan Akibat Perubahan Suhu
Suhu menunjukkan derajat panas benda. Semakin tinggi suhu suatu benda,
semakin panas benda tersebut. Suhu menunjukkan energi yang dimiliki oleh
suatu benda. Energi panas dapat mengubah benda. Beberapa benda akan
mengalami pemuaian. Pemuaian panas adalah perubahan suatu benda yang
dapat menjadi bertambah panjang, lebar, luas, atau berubah volumenya
karena terkena kalor atau panas. Tetapi sebaliknya, benda dapat
mengalami penyusutan. Penyusutan adalah perubahan suatu benda yang
menjadi berkurangnya panjang, lebar, dan luas karena terkena suhu
dingin. Pemuaian dan penyusutan bisa terjadi pada logam, udara, dan air.
Berikut ini adalah beberapa contoh pemuaian dan penyusutan benda karena perubahan suhu dalam kehidupan sehari-hari.
1. Pemasangan Kaca Jendela
Pernahkah kamu mengamati posisi kaca yang terpasang pada jendela? Atau
mungkin kamu pernah melihat proses pemasangan kaca jendela yang
dilakukan oleh tukang kayu. Para tukang kayu selalu merancang ukuran
bingkai jendela yang sedikit lebih lebar dari ukuran sebenarnya. Mengapa
harus demikian? Hal ini dilakukan oleh tukang kayu dengan tujuan untuk
memberikan ruang pemuaian bagi kaca saat terkena panas. Jika bingkai
jendela tidak diberi ruang pemuaian, maka ketika terkena panas akan
mengakibatkan kaca menjadi retak atau bahkan pecah. Selain itu, untuk
menghindari keretakan kaca saat ada bunyi yang menggelegar seperti
ketika ada petir, atau bunyi keras lainnya.
2. Ban Sepeda/Motor dan Mobil
Tahukah kamu apa yang terjadi ketika kamu memompa udara terlalu banyak
ke dalam ban sepedamu? Jika ban sepeda, ban sepeda motor, dan ban mobil,
diisi udara terlalu banyak, maka ban akan mengeras dan menjadi tidak
nyaman dikendarai. Selain itu, mengisi udara terlalu penuh ke dalam ban
sepeda atau mobil akan membahayakan
pengemudinya. Ban yang diisi terlalu banyak udara dapat meletus dan
dapat mengakibatkan kecelakaan. Hal ini disebabkan karena udara di dalam
ban dapat memuai karena panas.
3. Kawat/kabel Listrik dan Telepon
Apakah kamu memperhatikan bahwa kawat atau kabel telepon dan listrik
terlihat mengendur dan tidak tegang? Hal ini dilakukan dengan tujuan
agar kawat atau kabel tidak putus pada malam hari ketika mengalami
penyusutan. Selain itu, agar kawat atau kabel tidak putus jika tertimpa
pohon yang tumbang.
4. Pemuaian yang Terjadi pada Gelas Kaca
Pernahkah kamu melihat sebuah gelas kaca yang tiba-tiba pecah atau retak
ketika dituangi air panas? Hal ini terjadi karena adanya pemuaian yang
tidak merata pada bagian gelas. Oleh karena itu, disarankan agar tidak
menuangi gelas basah atau gelas dingin dengan air panas yang baru
mendidih.
5. Pemuaian pada Sambungan Rel Kereta Api
Sambungan pada rel kereta api, dibuat ada celah antara dua batang rel.
Hal ini dilakukan untuk memberikan ruang muai sehingga saat terkena
panas, rel tersebut tidak melengkung. Rel yang melengkung akan
membahayakan gerbong kereta yang melewatinya.
6. Penggunaan Termometer
Tahukah kamu cara menggunakan termometer klinis atau termometer badan?
Termometer akan ditempelkan ke beberapa bagian tubuh seperti dalam mulut
atau ketiak. Tujuannya adalah untuk mengukur suhu panas tubuh. Setelah
beberapa lama, cairan di dalam termometer akan karena terjadi pemuaian
setelah mendapatkan panasdari tubuh. Cairan akan berhenti pada angka
tertentu untuk menunjukkan suhu tubuh. Ketika thermometer tidak
digunakan, akan kembali turun karena mengalami penyusutan.
Ayo Menulis
Bacalah kembali bacaan di atas dengan saksama. Jelaskanlah apa yang kamu
ketahui dari setiap paragraf dalam bacaan di atas. Apa yang kamu
ketahui tentang isi sebuah paragraf merupakan gagasan utama pada
paragraf tersebut. Gunakan tabel berikut ini untuk membantumu.
Apakah yang kamu ketahui tentang paragraf-paragraf pada bacaan?
Paragraf
|
Berisi Tentang
|
---|---|
Satu | Benda akan memuai jika dipanaskan dan menyusut jika didinginkan |
Dua | Contoh pemuaian dan penyusutan benda akibat suhu |
Tiga | Bingkai jendela dibuat lebih lebar dari ukuran sebenarnya untuk ruang muai |
Empat | Udara di dalam ban dapat memuai karena panas |
Lima | Kawat atau kabel dipasang kendur agar tidak putus saat memuai |
Enam | Pemuaian terjadi ketika gelas dituangi air panas |
Tujuh | Pembuatan celah antara dua batang rel untuk ruang muai |
Delapan | Cairan dalam termometer akan memuai saat mendapat panas dari tubuh |
Dengan menggunakan tabel di atas, dapatkah kamu menjelaskan kesimpulan
dari bacaan di atas? Tuliskanlah kesimpulanmu tentang bacaan di atas di
tempat yang tersedia di bawah ini dengan menggunakan kata-kata baku yang
tepat.
Bacaan di atas menjelaskan bahwa:
Benda akan memuai jika dipanaskan dan menyusut jika didinginkan. Contoh pemuaian dan penyusutan benda akibat suhu antara lain:
1. Bingkai jendela dibuat sedikit lebih lebar dari ukuran sebenarnya untuk ruang muai
2. Udara di dalam ban dapat memuai karena panas
3. Kawat atau kabel diasang kendur agar tidak putus saat memuai
4. Pemuaian terjadi ketika gelas dituangi air panas
5. Pembuatan celah antara dua batang rel untuk ruang muai
6. Cairan dalam termometer akan memuai saat mendapat panas dari tubuh
Ayo Bernyanyi
Sebelumnya, kamu telah mengetahui bahwa beberapa lagu daerah dimainkan
dalam tangga nada pentatonis yaitu slendro dan pelog. Gamelan adalah
salah satu alat musik yang digunakan untuk mengiringi lagu-lagu pada
tangga nada pentatonis. Beberapa alat pada gamelan terbuat dari bilah
besi. Seperti beberapa alat musik pada gamelan Jawa berikut ini.
Alat musik gamelan dibuat dari campuran tembaga dan timah dengan ukuran
tertentu. Ukuran dan perbandingan antara kedua logam tersebut dapat
menghasilkan suara yang berbeda. Campuran logam itu harus dipanaskan
dengan suhu tinggi agar mencair dan mudah dibentuk. Proses ini disebut
dengan peleburan. Paduan suara yang dihasilkan oleh alat-alat musik
tersebut terdengar harmonis untuk mengiringi lagu-lagu yang dimainkan
pada laras slendro atau pelog.
Perhatikanlah lagu daerah di bawah ini dengan saksama. Mintalah Guru
untuk memperdengarkan lagu ini di kelas. Lalu tentukanlah tangga nada
yang digunakan!
Lengkapilah tabel berikut untuk mengetahui lebih banyak tentang lagu daerah di halaman 56.
Judul Lagu : Cing Cangeling
| |
---|---|
Asal | Jawa Barat |
Tangga Nada | Slendro |
Arti syair lagu | Kleung dengdek buah kopi raranggeuyan Bunyi tetabuhan, buah kopi bertangkai-tangkai. Keun anu dewek ulah pati diheureuyan Biarkan! itu milikku jangan sering diganggu Cingcangkeling manuk cingkleng cindeten Ingatlah manusia, hati harus selalu tenang Plos kakolong bapak satar buleneng Agar mendapat dunia yang penuh rahmat Pat lapat pat lapat katingalan masih tebih kene pisan Jangan sampai ketinggalan walau masih jauh Layarna bodas jeung celak kasurung ombak-ombak Layarnya putih dan terlihat kecil terdorong ombak |
Kesan | Gembira |
Nyanyikanlah lagu “Cing Cangkeling” dan beberapa lagu yang telah kamu
pelajari sebelumnya. Nyanyikanlah secara berulang-ulang hingga kamu
dapat menyanyikannya sendiri! Carilah arti lagu lagu tersebut untuk
membantumu memahami pesan yang disampaikannya.
👍🏻insyaallah..siap buu..khalila biar baca dulu..sambil kita dampingi..
BalasHapus