Rabu, 26 Agustus 2020

TEMA 2 SUB 1 PB 5

 MATERI AJAR RABU, 26 AGUSTUS 2020

RENCANA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)

Hari / Tanggal                 : Rabu, 26 Agustus 2020

Kelas                               : VI

Tema                                : Persatuan dalam Perbedaan

Subtema 1                        : Rukun dalam Perbedaan 

Pembelajaran                   : 5 (IPS dan SBdP) dan 6 ( Bahasa indonesia dan PKn )

Tujuan Pembelajaran       :

      Siswa mampu : Menerapkan makna proklamasi dalam kehidupan sehari-hari

                                Memperagakan pola lantai tari daerah

                                Menentukan dan menuliskan kembali informasi penting

                                Mewujudkan nilai persatuan dan hidup rukun dengan teman

            


Tonton dan simak video pembelajaran 5 berikut :

video pembelajaran 6
 
Bacalah teks berikut dalam hati!
Edo, Lani, Siti, Udin, Dayu, dan Beni berencana mengikuti festival budaya. Saat ini mereka sedang berdiskusi untuk menentukan budaya yang akan mereka usung. Edo dan teman-temannya sangat antusias mengikuti festival ini. Mereka ingin memperkenalkan seni dan budaya suku-suku yang ada di Indonesia. Menentukan kebudayaan mana yang akan dipilih tidak mudah. Semua budaya yang dimiliki Indonesia sangat beragam dan menarik.

Akhirnya Edo dan teman-temannya memutuskan untuk memperkenalkan permainan Rangku Alu. Permainan Rangku Alu berasal dari Nusa Tenggara Timur. Dalam masyarakat Manggarai, Rangku Alu dilakukan untuk merayakan hasil panen perkebunan dan tani.

Edo dan teman-temannya sangat bangga dengan kebudayaan Indonesia.
 
Makna proklamasi kemerdekaan yang tercermin dari kegiatan Edo dan teman-temannya sesuai teks terlampir adalah dengan mencintai dan bangga atas kebudayaan bangsa Indonesia. Edo dan kawan-kawanya memperkenalkan permainan Rangku Alu yang berasal dari NTT.
 
Kegiatan Edo dan teman-temannya terkait makna Proklamasi Kemerdekaan
Saya belajar dari kegiatan Edo dan teman-temannya terkait makna proklamasi kemerdekaan adalah bahwa kecintaan dan kebanggan atas kebudayaan bangsa harus diwujudkan secara nyata dengan aktif melestarikan kebudayaan tersebut dengan memperkenalkannya pada khalayak umum.
Contoh penerapan makna Proklamasi Kemerdekaan dalam kehidupanmu sehari-hari, baik di rumah, sekolah, dan masyarakat!
Beberapa contoh penerapan makna proklamasi kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari baik itu di rumah, sekolah maupun masyarakat. Di lingkungan RUMAH, makna proklamasi diwujudkan dengan menerapkan sikap persatuan dan kesatuan dengan sesama anggota keluarga. Di lingkungan SEKOLAH, makna proklamasi diwujudkan dengan belajar sungguh-sungguh dalam mengisi kemerdekaan bangsa. Adapun di lingkungan MASYARAKAT, wujud penerapan makna proklamasi adalah dengan mempererat persaudaraan dalam suasana kekeluargaan dengan kerja bakti, gotong royong, musyawarah demi kepentingan bersama dan masih banyak lagi lainnya.
Makna proklamasi kemerdekaan dapat diwujudkan dengan mencintai dan bangga atas kebudayaan bangsa Indonesia. Kecintaan atas kebudayaan bangsa harus diwujudkan secara nyata dengan aktif melestarikan kebudayaan tersebut .Makna proklamasi juga dapat diterapkan baik di sekolah, keluarga maupun masyarakat.

Ayo Berkreasi
Indonesia memiliki ragam tarian yang sangat indah. Keragaman tersebut menambah kekayaan Indonesia yang luar biasa. Kamu sudah belajar tentang pola lantai tarian daerah dan mempraktikkannya.
Amatilah gambar berikut dan gambarlah pola lantainya!
Pola Lantai


No.Nama tarianJenis Pola Lantai
1.Tari Seudati
Garis Vertikal/Lurus
Pola Lurus
2.Tari AndunDiagonal
Diagonal
3.Tari TandakGaris Melengkung
Melengkung
4.Tari Tambun dan BungaiGaris Vertikal/Lurus
Pola Lurus

 

 Tugas tematik 

 

Buatlah 5 kalimat tanya beserta jawabannya dari teks diatas tentang proklamasi dengan menggunakan kata tanya apa, siapa, mengapa, dimana, bagaimana, berapa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pend. Seni

  Hari / Tanggal : Jumat / 17 Mei 2024  Satuan Pendidikan   : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                                      Fase/ Kelas ...