Rabu, 11 Maret 2020

TEMA 8 SUB 2 PB 5

MATERI AJAR HARI RABU, 11 MARET 2020

TEMA 8      LINGKUNGAN SAHABAT KITA
SUBTEMA  2
PB 5

Bahasa Indonesia
Belajar memahami informasi teks nonfiksi dengan menjawab pertanyaan. Sebelum menjawab pertanyaan kita baca dulu teks nonfiksi dengan seksama.

Setelah kita membaca teks tersebut kemudian kita membuat pertanyaan sesuai dengan peristiwa yng ada dalam teks dan kemudian menjawabnya. 
 
IPA
Peristiwa kekeringan 
Air sangat penting bagi hewan, tumbuhan, dan manusia. jika terjadi kekeringan kegiatan manusia akan terganggu. Musim kekeringan biasanya terjadi saat kemarau panjang, saat kemarau hujan jarang turun sehingga, air tanah yang diserapun sedikit.
sehingga tanah menjadi kering dan retak-retak. tanah yag retak menunjukkan hanya ada sedikit air di dalam tanah. jumlah air yang sedikit tidak mampu untuk mencukupi kebutuhan hewan, tumbuhan, dan manusia.
untuk menghadapi kekeringan kita perlu berusaha untuk menhemat penggunaan air. berikut ini adalah cara menghemat penggunaaan air.
1. mandi menggunakan pancuran (Shower)
2. menutup keran air jika sudah tidak digunakan
3. menggunakan air bekas mencuci bahan makanan untuk menyiram tanaman
SBDP
Pola lantai tari Seudati dari Aceh
Tari seudati biasanya ditarikan secara berkelompok oleh beberapa orang penari. Tari seudati merupakan salah satu tarian yang memiliki makna sebagai ungkapan rasa syukur kepada tuhan yang maha esa. dalam pementasan tari seudati menggunkan beberapa pola lantai yaitu 
Jenis-jenis iringan dalam tari
berdasarkan jenisnya iringan tari dibagi menjadi dua yaitu iringan musik internal dan iringan musik eksternal
1. iringan musik iternal
yaitu iringan musik yang berasal dari bunyi-bunyian yang berasal dari anggota tubuh manusia misalnya hentakan kaki, tepuk tangan, petikan jari, suara-suara dari mulut seperti siulan atau nyanyian. contoh tarian yang menggunakan iringan musik internal adalah tari kecak yang menggunakan iringan decak dan tepukan tangan para penari. juga tari ratoh jaroe yang diiringi dengan nyanyian, tepukan tanga, dan tepukan bahu.
2. iringan musik eksternal adalah iringan musik yang menggunakan alat musik atau benda yang dimainkan.alat musik yang digunakan dapat berupa alat musik tradisional maupun alat musik modern. alat musik tradisional contohnya alat musik  kolintang, tifa, angklung, dan rebana, sedangkan alat musik modern seperti piano, trompet, keyboard, dan drum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pend. Seni

  Hari / Tanggal : Jumat / 17 Mei 2024  Satuan Pendidikan   : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                                      Fase/ Kelas ...