Selasa, 07 Januari 2020

MATEMATIKA + TEMA 6 SUB 1

MATERI AJAR HARI RABU, 08 JANUARI 2020

MATEMATIKA DAN  TEMATIK

Ciri-Ciri Bangun Ruang Kubus
  1. Kubus memiliki 6 buah bidang sisi yang berbebentuk bujur sangkar yaitu ABCD, EFGH, ABFE, BCFG, CDGH, dan ADEH.
  2. Kubus memiliki 8 buah titik sudut yaitu A, B, C, D, E, F, G, dan H.
  3. Kubus memiliki 12 buah rusuk yang sama panjanganya yaitu AB, CD, EF, GH, AE, BF, CG, DH, AD, BC, EH, dan FG.
  4. Kubus memiliki sudut yang semuanya adalah sudut siku-siku.
  5. Kubus memiliki 4 diagonal ruang dan 12 diagonal bidang. Diagonal ruang biasanya yaitu garis AG, BH, CE, DF sedangkan diagonal bidang kubus biasanya garis AC, BD, EG, FH, DE, AH, CF, BG, AF, BE, DG, dan CH.


TEMA 6: Panas dan Perpindahannya



SUB 1 : Suhu dan Kalor



Pembelajaran 3

B.        KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3    Meringkas teks penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik.
3.3.1      Meringkas teks penjelasan secara benar.
4.3    Menyajikan ringkasan teks penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif secara lisan, tulis, dan visual.
4.3.1      menyajikan ringkasan teks penjelasan secara benar.

PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.2    Menghargai kewajiban, hak, dan tanggug jawab sebagai warga masyarakat dan umat beragama dalam kehidupan sehari-hari.

2.2    Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam memenuhi kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

3.2    Memahami hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari.
3.2.1      Memahami makna hak sebagai siswa dan warga negara secara benar.
4.2    Menjelaskan hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
4.2.1      menjelaskan makna hak sebagai siswa dan warga negara secara benar.

IPS
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2    Menganalisis bentuk bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia.
3.2.1      mengidentifikasi interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya secara benar.
4.2    Menyajikan hasil analisis tentang interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia.
4.2.1      membuat laporan hasil observasi di lingkungan sekitar tentang interaksi manusia dengan lingkungan secara tepat dan jelas.


Ayo Berdiskusi
Diskusikanlah bersama dengan temanmu, usaha-usaha apa saja yang dilakukan manusia untuk memanfaatkan energi panas dari matahari. Bagaimana masyarakat sekitarmu memanfaatkan energi panas untuk memenuhi kebutuhan hidupnya? Apakah energi panas diperuntukkan bagi semua orang? Bagaimana usaha masyarakat di sekitarmu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya?

Ayo Membaca
Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia harus berhubungan dengan lingkungannya. Dalam hubungan dengan lingkungannya, ada peristiwa saling memengaruhi satu dengan yang lain. Matahari adalah sumber kehidupan yang memungkinkan lingkungan manusia berjalan sebagaimana mestinya. Lingkungan manusia terdiri atas lingkungan alam dan juga lingkungan masyarakat. Lingkungan masyarakat tempat kita tinggal dipengaruhi oleh kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya.

Bagaimana manusia berhubungan dengan lingkungan alamnya? Simaklah bacaan berikut ini!

Manusia dengan Lingkungan Alam
Semua makhluk hidup yang ada di bumi, melakukan hubungan dengan sesama makhluk hidup maupun dengan lingkungannya. Lingkungan alam terdiri atas benda mati dan makhluk hidup. Lingkungan alam merupakan sumber penghidupan bagi makhluk hidup, karena alam menyediakan semua kebutuhan makhluk hidup. Dst..

Bacalah kembali bacaan di atas dengan saksama. Kemudian, jawablah pertanyaan berikut ini!

1. Apa judul bacaan di atas?
Manusia dengan Lingkungan Alam

2. Tuliskanlah kata-kata kunci yang ada dalam setiap paragraf di atas.
• Paragraf 1 : Makhluk hidup, Lingkungan alam
• Paragraf 2 : Benda mati dan makhluk hidup
• Paragraf 3 : Malkluk hidup, Benda mati
• Paragraf 4 : Hubungan, Menyesuaikan diri, Memanfaatkan alam.
• Paragraf 5 : Manusia, Alam, Ilmu pengetahuan dan Teknologi

3. Buatlah sebuah pertanyaan dengan menggunakan kata kunci yang kamu tentukan dari setiap paragraf pada bacaan di atas. Kemudian, mintalah temanmu untuk menjawabnya!
Mengapa makhluk hidup dapat memengaruhi benda mati?

4. Buatlah paling sedikit dua pertanyaan tentang bacaan yang ingin sekali kamu ketahui lebih dalam!

5. Apa yang dapat kamu simpulkan dari bacaan di atas? Jelaskanlah isi bacaan di atas kepada teman sebangkumu.

Kesimpulan:
Makhluk hidup melakukan hubungan dengan sesama makhluk hidup dan lingkungnnya.Mkhluk hidup juga dapat memengaruhi benda mati. Manusia memanfaatkan alam menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi

Ayo Mencoba
Perhatikanlah lingkungan sekitar tempat tinggalmu. Berdasarkan keterangan pada bacaan di atas tentang interaksi manusia dengan lingkungannya, cobalah lakukan pengamatan terhadap lingkungan di sekitarmu. Gunakan pertanyaan berikut ini sebagai panduanmu.

1. Bagaimanakah kondisi geografis lingkungan di daerah tempat tinggalmu? Apakah termasuk daerah pantai, pegunungan, atau dataran?

2. Apa pekerjaan utama orang-orang di sekitarmu?
Daerah Tempat Tinggal
Pekerjaan Utama Penduduk
Pegunungan
Petani
Dataran Tinggi
Petani
Dataran Rendah
Petani
Pantai
Nelayan

3. Apa saja bentuk interaksi masyarakat sekitarmu dengan lingkungan alamnya? Lengkapilah tabel berikut, perhatikan contoh!
Bentuk Interaksi Masyarakat
dengan Alam
Hasil Interaksi dengan
Lingkungan Alam
Bercocok tanam
Mudah mendapatkan sayuran dan buah-buahan
Menjadi nelayan
Mendapatkan berbagai jenis ikan
Memelihara hewan ternak sapi
Mudah mendapatkan susu dan daging
Melakukan penghijauan
Tersedianya sumber air bersih

4. Apa kesimpulan yang kamu dapatkan dari kegiatan ini?
Daerah yang berbeda, tanaman yang dihasilkan pun bisa berbeda sehingga manusia harus mampu menyesuaikan diri..

Ayo Mencoba
Konvensi Hak-Hak Anak
Anak-anak merupakan generasi penerus cita-cita perjuangan sebuah bangsa. Oleh karenanya, kebutuhan untuk tumbuh dan berkembang dalam kehidupan anak harus diutamakan. Sayangnya, tidak semua anak mempunyai kesempatan yang sama dalam mewujudkan harapannya. Banyak di antara mereka yang mengalami kesulitan untuk tumbuh dan berkembang secara sehat dan mendapatkan pendidikan yang terbaik. Banyak anak berasal dari keluarga yang kurang mampu yang tidak mendapatkan layanan pendidikan dan kesehatan.

Apa saja hak-hak anak menurut Konvensi Hak-Hak Anak? Menurut konvensi ini hak anak dikelompokkan dalam 4 golongan, yaitu:

1. Hak Kelangsungan Hidup, hak untuk melestarikan dan mempertahankan hidup dan hak memperoleh standar kesehatan tertinggi dan perawatan yang sebaik-baiknya. Apakah kamu tahu nama lengkap kedua orang tuamu? Apakah kamu tahu asal usul kedua orang tuamu? Apakah kamu tahu asal usul keluargamu? Setiap anak berhak tahu keluarganya dan identitas dirinya.

2. Hak Perlindungan, perlindungan dari diskriminasi, eksploitasi, kekerasan, dan keterlantaran. Kamu memiliki hak yang sama dengan anak-anak lain untuk melakukan kegiatan keagamaanmu, atau melakukan kegiatan perayaan tradisimu. Sebagai seorang anak kamu belum boleh bekerja, dan kamu berhak diperlakukan secara baik tanpa kekerasan.


3. Hak Tumbuh Kembang, hak memperoleh pendidikan dan hak mencapai standar hidup yang layak bagi perkembangan fisik, mental, spiritual, moral, dan sosial. Kamu memiliki hak untuk sekolah, mendapatkan tempat tinggal, mendapatkan makanan dan minuman yang layak. Hakmu adalah bermain dan mendapatkan istirahat yang cukup, karena hal itu diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembanganmu sebagai seorang anak.

4. Hak Berpartisipasi, hak untuk menyatakan pendapat dalam segala hal yang memengaruhi anak. Kamu mempunyai hak untuk mendapatkan informasi yang sesuai dengan usiamu. Kamu juga berhak untuk memberikan pendapat jika itu berhubungan dengan kehidupanmu sebagai seorang anak.

Berdasarkan bacaan di atas, lakukanlah kegiatan berikut!
1. Tuliskan beberapa kata-kata sulit yang belum kamu pahami. Cari tahu makna kata tersebut dengan mendiskusikannya bersama teman dan gurumu!
No.
Kata Sulit
Makna
1.
Konvensi
Permufakatan atau kesepakatan
2.
Ratifikasi
Pengesahan dokumen negara khususnya pengesahan undang-undang, perjanjian antarnegara, dan persetujuan hukum internasional;
3.
Identitas
Ciri-ciri atau keadaan khusus seseorang; jati diri:
4.
Diskriminasi
Pembedaan perlakuan terhadap sesama warga negara
5
Eksploitasi
Pemanfaatan untuk keuntungan sendiri;

2. Buatlah daftar hak anak yang kamu dapatkan dari bacaan di atas! Catatlah hak-hak tersebut di bawah ini!

• Hak Kelangsungan Hidup, hak untuk melestarikan dan mempertahankan hidup dan hak memperoleh standar kesehatan tertinggi dan perawatan yang sebaik-baiknya.

• Hak Perlindungan, perlindungan dari diskriminasi, eksploitasi, kekerasan, dan keterlantaran.

• Hak Tumbuh Kembang, hak memperoleh pendidikan dan hak mencapai standar hidup yang layak bagi perkembangan fisik, mental, spiritual, moral, dan sosial.

• Hak Berpartisipasi, hak untuk menyatakan pendapat dalam segala hal yang memengaruhi anak. 

3. Dari daftar yang kamu buat di atas, tulis dan tandailah hak-hak yang sudah kamu dapatkan dengan membuat tanda centang (√).
No.
Hak Anak
Ket.
1.
Hak Kelangsungan Hidup
2.
Hak Perlindungan, perlindungan dari diskriminasi, eksploitasi, kekerasan, dan keterlantaran. 
3.
Hak Tumbuh Kembang, hak memperoleh pendidikan dan hak mencapai standar hidup yang layak bagi perkembangan fisik, mental, spiritual, moral, dan sosial.
4.
Hak Berpartisipasi, hak untuk menyatakan pendapat dalam segala hal yang memengaruhi anak. 

4. Bagaimana kamu mendapatkan hak-hak tersebut?
No.
Hak Anak
Cara Mendapatkan
1.
Hak Kelangsungan Hidup
Selalu menjaga kesehatan tubuh dengan makan makanan bergizi. Selalu  memeriksakan kesehatan tubuh.
2.
Hak Perlindungan
Mematuhi semua aturan yang ada dalam keluarga. Taat dan patuh terhadap perintah orang tua.
3.
Hak Tumbuh Kembang
Belajar dengan tekun dan sungguh-sungguh, Memanfaatkan waktu dengan bijak untuk bermain dan belajar.
4.
Hak Berpartisipasi
Mendengarkan dan melaksanakan nasehat orang tua. menyampaikan pendapat dengan sopan, 

Tahukah kamu tentang hakmu sebagai siswa? Bacalah artikel berikut ini dengan saksama!
Hak-Hak Seorang Siswa
Setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan. Setiap anak yang menjadi warga negara berhak atas kesempatan untuk mengikuti pendidikan. Hal ini sesuai dengan Konvensi Hak Anak yang ditandatangani pemerintah Indonesia. Setiap anak di Indonesia memiliki hak untuk memperoleh pengetahuan, kemampuan dan keterampilan yang akan membantunya menjadi warga negara yang mandiri di kemudian hari.

Setiap anak yang belajar di sebuah lembaga pendidikan, baik formal maupun tidak formal, disebut sebagai siswa. Setiap siswa yang belajar di sebuah sekolah mempunyai hak-hak yang sama.

Menurut Peraturan Pemerintah No 28 Tahun 1990, yang dimaksud dengan hak-hak siswa adalah hak untuk:
  1. mendapat perlakuan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya;
  2. memperoleh pendidikan agama sesuai dengan agama yang dianutnya;
  3. mengikuti program pendidikan yang bersangkutan atas dasar pendidikan berkelanjutan, baik untuk mengembangkan kemampuan diri maupun untuk memperoleh pengakuan tingkat pendidikan tertentu yang telah dibakukan;
  4. mendapat bantuan fasilitas belajar, beasiswa, atau bantuan lain sesuai dengan persyaratan yang berlaku;
  5. pindah ke sekolah yang sejajar atau yang tingkatnya lebih tinggi sesuai dengan persyaratan penerimaan siswa pada sekolah yang hendak dimasuki;
  6. memperoleh penilaian hasil belajarnya;
  7. menyelesaikan program pendidikan lebih awal dari waktu yang ditentukan; 
  8. mendapat pelayanan khusus bilamana menyandang cacat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pend. Seni

  Hari / Tanggal : Jumat / 17 Mei 2024  Satuan Pendidikan   : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                                      Fase/ Kelas ...