Kamis, 05 Desember 2019

RINGKASAN TEMA 5


MATERI AJAR HARI JUM'AT, 06 DESEMBER 2019

Hewan memiliki daur hidup yang berbeda-beda. Metamorfosis adalah suatu proses perkembangan biologi pada hewan yang melibatkan perubahan penampilan fisik dan/atau struktur setelah kelahiran atau penetasan.
Ayo Menulis
Mengenal daur hidup hewan akan membantumu mengetahui tahapan tumbuh kembang hewan tersebut. Dengan demikian, kamu juga akan mengetahui kebutuhan hewan terhadap saling kebergantungan dengan komponen lain di dalam ekosistem. Dengan informasi yang telah kamu dapatkan dan presentasi dari kelompok lain, kamu akan menuliskan secara lebih mendalam tentang daur hidup hewan. Pilihlah salah satu hewan yang paling kamu suka, terutama hewan yang mengalami metamorfosis. Buatlah sebuah tulisan tentang hewan tersebut paling sedikit dalam tiga paragraf. Gunakanlah diagram di atas untuk membantumu menjelaskan daur hidup hewan tersebut secara runtut. Jangan lupa, jelaskan juga beberapa informasi menarik tentang hewan dan daur hidupnya.
Daur Hidup Katak
Katak termasuk hewan yang hidup di darat dan air. Hewan seperti ini disebut amfibi. Katak berkembang biak dengan bertelur. Katak juga mengalami metamorfosis. Akan tetapi, metamorfosis sempurna katak berbeda dengan kupu-kupu atau nyamuk.
Katak bertelur di dalam air. Telurnya berlendir sehingga terlihat seolah-olah melekat satu sama lain. Telur akan berubah menjadi berudu atau kecebong. Kecebong hidup di dalam air dan bentuknya menyerupai ikan. Selanjutnya, tumbuh sepasang kaki belakang dan sepasang kaki depan.
Ekor kecebong semakin pendek seiring pertumbuhan kaki. Lama-kelamaan ekor kecebong akan menyusut dan akhirnya menghilang. Kecebong akan berubah menjadi katak muda. Selanjutnya, terus tumbuh menjadi katak dewasa. Katak dewasa sudah tidak berekor lagi.
Daur Hidup Belalang
Metamorfosis pada belalang merupakan metamorfosis tidak sempurna. Belalang berkembang biak dengan bertelur. Telur belalang menetas menjadi nimfa (muda). Belalang muda memiliki bentuk mirip dengan belalang dewasa. Bedanya, belalang muda tidak bersayap. Belalang muda berubah menjadi belalang dewasa yang bersayap.
Daur Hidup Kucing
Banyak hewan dalam daur hidupnya tidak mengalami metamorfosis. Contoh, daur hidup kucing dan daur hidup ayam. Kucing betina akan melahirkan anak kucing, kemudian anak kucing tumbuh menjadi kucing dewasa. Kucing dewasa yang betina akan melahirkan anak kucing.
Kucing menghasilkan anak melalui cara beranak (melahirkan). Sebelum anaknya lahir, kucing dewasa mengalami masa mengandung kira-kira 3 bulan. Setelah itu, lahirlah anak kucing yang belum dapat bergerak dengan lincah. Anak kucing ini belum dapat makan sendiri. Dia menyusu ke induknya. Setelah umurnya lebih dari sebulan, anak kucing baru dapat memakan makanan lain.
Setelah lahir sampai dewasa, tubuh kucing tidak berubah bentuk. Hanya ukuran tubuhnya saja yang berubah. Gerakannya pun semakin lincah. Kucing dewasa dapat memanjat dan melompat dari tempat yang tinggi.
 

LATIHAN SOAL TEMA 5


1.       Apa yang dimaksud dengan daur hidup ?

2.       Apa perbedaan  hewan yang mengalami metamorphosis dan yang tidak mengalami metamorphosis ?

3.       Apa perbedaan metamorphosis sempurna dan tidak sempurna?

4.       Sebutkan contoh hewan yang mengalami metamorphosis sempurna dan hewan yang mengalami metamorphosis tidak sempurna !

5.       Buatlah diagram daur hidup kupu-kupu !

6.       Hewan herbivor dalam rantai makanan disebut . . . .

7.       Padi dimakan tikus, tikus dimakan ular, dan ular dimakan burung elang. Hubungan antar makhluk hidup di atas disebut

8.       Hewan yang memakan hewan lain dalam suatu rantai makanan disebut . . . .

9.       Jika disebuah petakan sawah yang ditanami padi terdapat ulat, katak dan capung. Maka, akan terjadi rantai makanan, yaitu…

10.    Penyebab perubahan lingkungan yang dapat menggangu makhluk hidup adalah . . . .

11.    Beberapa jenis makhluk hidup yang tinggal bersama dalam satu lingkungan atau ekosistem disebut . . . .

12.    Hewan yang memakan produsen disebut konsumen . . . .

13.    Hubungan erat yang khas antara dua jenis makhluk hidup yang hidup bersama disebut . . . .

14.    Simbiosis yang terjadi antara benalu dengan inangnya disebut

15.    Jika dua hubungan antara makhluk hidup yang saling menguntugkan, jenis simbiosis yang terjadi adalah . . . .

16.    Kutu yang hinggap di tubuh hewan dan menghisap darah hewan yang dihinggapinya seperti kerbau, merupakan contoh dari simbiosis . . . .

17.    Sebutkan karakter lagu bertangga nada mayor dan minor !

18.    Ekosistem adalah interaksi yang terjadi di sebuah lingkungan tertentu yang terjadi antara ....

19.    Kumpulan dari beberapa individu sejenis yang menempati suatu lingkungan tertentu dinamakan ....

20.    Semua makhluk hidup memerlukan lingkungan tertentu untuk bisa bertahan dan memenuhi kebutuhannya. Lingkungan yang berupa benda mati dinamakan lingkungan ....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pend. Seni

  Hari / Tanggal : Jumat / 17 Mei 2024  Satuan Pendidikan   : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                                      Fase/ Kelas ...