Hari/Tanggal : Rabu, 14 Agustus 2024
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
Fase/Kelas : A/2
BAB/Tema : 1 / Bilangan 1 sampai 1.000
Materi :
CP : Pada akhir fase A, peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20. Peserta didik menunjukkan pemahaman pecahan sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak, pecahan yang diperkenalkan adalah setengah dan seperempat.
Rangkuman Materi Matematika
Bilangan 1 sampai dengan 1.000
Lambang dan Nama Bilangan
Dua balok ratusan disebut sebagai dua ratus.
Jadi, banyaknya balok satuan di atas adalah dua ratus, tiga puluh, dan lima, disebut dengan dua ratus tiga puluh lima, dan ditulis sebagai 235.
Nilai Tempat Bilangan
Angka 2 pada 235 menempati nilai tempat ratusan.
Angka 3 menempati nilai tempat puluhan
Angka 5 menempati nilai tempat satuan
Membandingkan dua bilangan
Untuk membandingkan bilangan, kita dapat menggunakan kata kata lebih banyak, lebih sedikit atau sama banyak.
Selain itu, juga bisa dengan tanda > (lebih besar), tanda < (lebih kecil) dan tanda = (sama banyak).
Ayo, kita bandingkan bilangan!
Alhamdulillah hari ini anak2 belajar dari rumah ya Nak..
Meski belajar dari rumah, Ibu guru harapkan anak-anak tetap semangat beribadah dan belajarnya ya Nak, untuk menghadapi Sumatif harian di hari Kamis dan Jumat besok.
Silahkan kalian kerjaan tugas matematikanya di buku cetak halaman 22 - 23 pada nomor 6 sampai 10 yaa nak karena no 1 sampai 5 sudah kalian kerjakan minggu lalu di sekolah. Silahkan ditulis soalnya di buku tulis matematika🥰🙏🏻
Tidak ada komentar:
Posting Komentar