Pendidikan Seni dan Pendidikan Pancasila
Hari/Tanggal : Selasa / 6 Agustus 2024
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
Fase/Kelas : A/2
BAB/Tema : 1 /Melihat dan Menggunakan Warna
Capaian Pembelajaran | |||||
Mengalami (Experiencing) • Peserta didik memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa. Merefleksikan (Reflecting) • Peserta didik menilai karya dan penciptaan karya seni rupa dengan menggunakan kosa kata sehari-hari. Berpikir dan Bekerja Artistik (Thinking and Working Artistically) • Peserta didik menggunakan pengalaman visualnya sebagai sumber gagasan dalam berkarya. Peserta didik mengeksplorasialat dan bahan dasar yang tersedia di lingkungan sekitar. Menciptakan (Making/Creating) • Peserta didik membuat karya seni rupa menggunakan hasil pengamatannya terhadap lingkungan sekitar, menggunakanunsur garis, bentuk, dan/atau warna. Berdampak (Impacting) • Peserta didik memberikan respons terhadap kejadian sehari-hari dan keadaan lingkungan sekitar melalui karya seni rupayang memberi dampak positif bagi dirinya. |
Tujuan Pembelajaran | |||||
Peseta Didik dapat mengenal dan mengeksplorasi warna primer dan sekunder. Mengenal dan mengeksplorasi alat untuk membuat garis. Mengenali dan mengeksplorasi elemen rupa dalam sebuah karya. | |||||
Bismillah…
Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah. Bagaimana kabarnya pagi ini? In syaa Allah dalam keadaan sehat semua ya Nak, aamiin.
Ibu guru harapkan, kalian bisa lebih bersemangat dan bahagia dalam melaksanakan pembelajaran selama 1 semester ya sayang..
Hari ini kita akan belajar seni rupa tentang Menggambar/Membuat Karya Cetak dari Bentuk Sekitar
Membuat karya dengan menggunakan teknik cetak stensil dengan menggunakan cetakan yang digambar sendiri atau dari benda-benda yang terdapat di sekitarnya.
Langkah-langkahnya yaitu:
1. Buatlah bentuk-bentuk yang kalian inginkan dengan menggunakan oil pastel berwarna primer.
2. Guntinglah mengikuti garis terluar bentuk yang kalian buat.
3. Letakkan potongan bentuk tersebut di atas kertas pada posisi yang diinginkan.
4. Tahan potongan kertas menggunakan satu tangan agar tetap pada tempatnya, sementara gunakan ibu jari atau telunjuk tangan yang lain untuk mengusap lembut oil pastel ke arah luar bentuk untuk mendorong minyak dari oil pastel pindah ke kertas lain mengikuti bentuk potongan.
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila
Bab 1 : Pancasila Dasar Negara
CP : Peserta didik mengenal bendera negara, lagu kebangsaan, simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila, dan menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga; mengenal para perumus Pancasila.
Selanjutnya adalah pelajaran Pendidikan Pancasila ya Nak…
Disini Ibu Guru harapkan nantinya kalian bisa memahami bendera Negara Republik Indonesia melalui tampilan video pelaksanaan upacara bendera.
Lagu Bendera Merah Putih
Ciptaan Ibu Sud
Bendera merah putih
Bendera tanah airku
Gagah dan jernih tampak warnamu
Berkibarlah di langit yang biru
Bendera merah putih
Bendera bangsaku
Bendera merah putih
Pelambang berani dan suci
Siap selalu kami berbakti
Untuk bangsa dan Ibu Pertiwi
Bendera merah putih
Terimalah salamku
Berikut link lagunya ya sayang…
https://www.youtube.com/watch?v=QmbDaxJD9vo
Alhamdulillah, materi hari ini cukup sampai di sini ya Nak..
Silahkan diiulas kembali di rumah bersama orangtua hebat kalian yaa… Jangan lupa ucapkan terimakasih, atas jasa orangtua kalian
Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat.
Jangan lupa ibadah di rumah ya, Nak!
Ibu Guru akhiri, wassalamualaikum
Kesimpulan :
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik, aktif dan lancar. Dan seluruh siswa mampu menggambar benda2 yang ada di sekitar berdasarkan bentuk dan warna nya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar