Rabu, 21 Agustus 2024

Materi Ajar Rabu, 21 Agustus 2024

 Hari/Tanggal : Rabu / 21 Agustus 2024

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung

Fase/Kelas : A/2

BAB/Tema : 2 / Bilangan 1 sampai 1.000

Materi    :  Bilangan yang Lebih Besar dari 100

CP : 

Pada akhir Fase A, peserta didik dapat menunjukkan pemahaman makna simbol matematika "=" dalam suatu kalimat matematika yang terkait dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 20 menggunakan gambar. Contoh:

 

Alur Tujuan Pembelajaran  : 

1. Peserta didik mampu menuliskan kalimat matematika dan mengungkapkan proses penjumlahan dan pengurangan yang melibatkan dua bilangan yang terdiri atas dua angka menggunakan permasalahan kontekstual

Materi 
• Bacalah teks soalnya.
• Operasi hitung apa yang sebaiknya digunakan untuk menemukan jumlah permen seluruhnya?
• Fokus pada kata "seluruhnya".
• Periksa kembali hasil dan cara penjumlahannya dengan mengamati diagram pita.
• Apa yang berbeda dari operasi penjumlahan yang telah dipelajari sejauh ini?
• Mengingatkan kembali pada operasi penjumlahan yang telah dipelajari sejauh ini, dan memikirkan tentang perbedaannya





• Berapa banyaknya permen seluruhnya? Ayo pikirkan cara menjawab 12 + 23 dengan caramu sendiri.
• Selesaikan dengan caramu sendiri.
• Siapkan terlebih dahulu kotak puluhan dan kotak satuan agar dapat digunakan segera.
• Bagi peserta didik yang tidak bisa menyelesaikan soal ini, ingatkan kembali pembelajaran berhitung yang menggunakan pengelompokan 10, serta penjumlahan dua bilangan puluhan yang telah dilakukan sebelumnya.


• Berapa hasilnya?
• Ceritakan kepada teman-teman sekelas bagaimana kamu menemukan jawaban dari 12 + 23.
• Ceritakan cara penyelesaian masing-masing.
• Bahas juga bagian mana dari cara penyelesaian yang dipikirkan oleh peserta didik yang mirip dengan cara-cara berhitung tokoh-tokoh pada buku teks.


• Apakah ada bagian yang sama dari masing-masing cara berhitung yang telah diceritakan?
• Diskusikan bahwa semua cara yang digunakan (mengelompokkan gambar permen, bulatan, atau kotak puluhan dan satuan) bermuara pada ide mengelompokkan tiap benda ke dalam puluhan.


• Bagaimana cara menemukan jawaban dari 12 + 23 dengan cepat dan mudah?
• Ayo jelaskan cara menghitung 12 + 23 menggunakan kotak puluhan dan satuan.
• Biarkan peserta didik menjelaskan sambil mengasosiasikan kotak puluhan dan satuan dengan ekspresi matematika.
• Fokuskan pada perbedaan cara berhitung Yosef dan cara berhitung Farida.
• Ayo kita simpulkan cara menghitungnya.
• Pastikan bahwa penghitungan sebaiknya dilakukan dengan menguraikan setiap bilangan ke dalam puluhan dan satuan, lalu menjumlahkan puluhan dengan puluhan, dan satuan dengan satuan.

Ada banyak cara menjumlahkan bilangan. Ayo, perhatikan cara-cara berikut.

Juga ada banyak cara mengurangkan bilangan. Ayo, perhatikan cara-cara berikut.



Nah, dari beberapa cara berhitung di atas, cara manakah yang kamu anggap paling mudah? Atau kalian punya cara tersendiri untuk berhitung? 

Bagaimanapun caranya, bu guru harap itu cara yang paling kalian kuasai sehingga memudahkan kalian dalam memecahkan masalah sehari-hari.



PENUTUP 
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, 
Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar Jum'at, 22 November 2024

  Hari / Tanggal                   :  Jum'at, 22 November 2024 Kelas                                 :  2A Mata Pelajaran               ...