MATERI AJAR
P5 DAN MATEMATIKA
Hari / Tanggal : Kamis / 8 Agustus 2024
Kelas : 2A
Mata Pelajaran : P5
Aktivitas 2 : PERMAINAN SUARA KENDARAAN
Bismillah…
Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah. Bagaimana kabarnya pagi ini? In syaa Allah dalam keadaan sehat semua ya Nak, aamiin.
Baik, hari ini kita akan belajar Projek P5 dengan Tema Berekayasa dan Berteknologi Untuk Membangun NKRI.
Apakah anak-anak sudah siap untuk belajar?
Silahkan disimak materinya ya Nak.. ^,^
Minggu kemarin kita sudah membahas alat transportasi darat, udara dan laut.
Apakah kalian tahu bagaimana suara dari berbagai macam alat transportasi?
Bagimana suara mobil? Bagaimana suara pesawat terbang?
Setiap alat transportasi pasti memiliki suara yang berbeda.
Nah, melalui pertemuan hari ini, kita akan mengenal berbagai suara alat transportasi.
Yuk kita simak video berikut!
https://youtu.be/i01zdGlthWE?si=BtMMsy1is2BXy6eg
Cobalah tebak suara kendaraan yang terdapat pada video di atas.
MATEMATIKA
BAB/Tema : 1 / Bilangan 1 sampai 1.000
Materi :
CP : Pada akhir fase A, peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20.
Peserta didik menunjukkan pemahaman pecahan sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak, pecahan yang diperkenalkan adalah setengah dan seperempat.
TP : Mampu memahami makna dan representasi bilangan, serta mengembangkan kemampuan penggunaan bilangan.
1. Mampu membilang dengan mengelompokkan benda dalam ukuran yang sama untuk tiap kelompok.
2. Memahami cara merepresentasikan bilangan dengan menuliskan lambang bilangannya sampai bilangan ribuan, serta dapat mengurutkan bilangan.
3. Mampu memahami ukuran relatif bilangan seperti melihat bilangan dalam ukuran puluhan atau ratusan.
Bismillah…
Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah. Bagaimana kabarnya pagi ini? In syaa Allah dalam keadaan sehat semua ya Nak, aamiin.
· Memperhatikan susunan dan nilai tempat bilangan 3 angka.
·
· Pikirkan ada berapa banyak lompatan.
· Perhatikan barisan bilangan yang diberikan lalu cari tahu bagaimana perubahannya.
· Temukan bahwa nomor 1 adalah 1 lompatan, nomor 2 dari 870 menjadi 880 adalah 10 lompatan, dan nomor 3 dari 700 menjadi 800 adalah 100 lompatan. Juga perhatikan nomor 4 dari 598 menjadi 597 adalah urutan bilangan yang berkurang 1.
· Tuliskan setiap bilangan yang bersesuai dengan tanda panah tersebut di buku siswa.
Berikan kesempatan kepada peserta didik untuk memperhatikan dan memahami bahwa bilangan pada skala tersebut diperoleh dengan menggunakan metode lompatan 10.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar