TEMA
7 : Peristiwa dalam
Kehidupan
SUB
2 : Peristiwa
Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan
Pembelajaran : 1
KOMPETENSI
DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
(KD)
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.5 Menggali informasi penting dari teks narasi
sejarah yang disajikan secara lisan dan tulis menggunakan aspek: apa, di
mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana
|
3.5.1 Menggali informasi
penting dari peristiwa-peristiwa
penting seputar pembacaan teks Proklamasi Kemederkaan
|
4.5 Memaparkan informasi penting dari teks
narasi sejarah menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan
bagaimana serta kosakata baku dan kalimat efektif
|
4.5.1 membuat peta pikiran
peristiwa-peristiwa penting seputar pembacaan teks Proklamasi Kemederkaan
|
IPA
Kompetensi Dasar
(KD)
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.7 Menganalisis pengaruh kalor terhadap
perubahan suhu dan wujud benda dalam kehidupan seharihari
|
3.7.1 memahami kalor dapat
mengubah suhu benda dengan penuh percaya diri.
|
4.7 Melaporkan hasil percobaan pengaruh kalor
pada benda
|
4.7.1 mengetahui kalor dapat
mengubah suhu suatu benda dengan penuh tanggung jawab.
|
IPS
Kompetensi Dasar
(KD)
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.4 Mengidentifikasi faktor-faktor penting
penyebab penjajahan bangsa Indonesia dan upaya bangsa Indonesia dalam
mempertahankan kedaulatannya.
|
3.4.1 mengidentifikasi
peristiwaperistiwa penting seputar pembacaan teks Proklamasi Kemederkaan
dengan penuh tanggung jawab.
|
4.4 Menyajikan hasil identifikasi mengenai
faktor-faktor penting penyebab penjajahan bangsa Indonesia dan upaya bangsa
Indonesia dalam mempertahankan kedaulatannya.
|
4.4.1 mengetahui peristiwa
pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan dengan penuh kepedulian.
|
Peristiwa Pembacaan Teks Proklamasi
Acara yang disusun dalam upacara di kediaman Ir. Soekarno itu, antara lain sebagai berikut.
a. Pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
b. Pengibaran bendera Merah Putih.
c. Sambutan Wali Kota Suwiryo dan dr. Muwardi.
Upacara Proklamasi Kemerdekaan berlangsung tanpa protokol. Latief Hendraningrat memberi aba-aba siap kepada semua barisan pemuda.Semua yang hadir berdiri tegak dengan sikap sempurna. Suasana menjadi sangat hening. Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta dipersilakan maju beberapa langkah dari tempatnya semula. Ir. Soekarno mendekati mikrofon. Dengan suaranya yang mantap, Ir. Soekarno didampingi Drs. Moh. Hatta membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang telah diketik oleh Sayuti Melik. Berikut teks Proklamasi yang diketik oleh Sayuti Melik.
PROKLAMASI
Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05
Atas nama bangsa Indonesia
Soekarno/Hatta
Bangsa Indonesia pernah mengalami masa
penjajahan cukup lama.Selamaenjajahan, bangsa Indonesia mengalami
penderitaan.Oleh karena itu, bangsa Indonesia semangat untuk melepaskan diri
dari penjajah.Namun, usaha untuk memperoleh kemerdekaan ternyata tidak
mudah.Indonesia harus melalui berbagai rintangan dan peristiwa sejarah yang
perlu dicatat dan menjadi pelajaran bagi kehidupan bangsa.
Peristiwa Pembacaan Teks Proklamasi
Pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan
dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 17 Agustus 1945.Sejak pagi, telah
dilakukan persiapan di rumah Ir. Soekarno, untuk menyambut Proklamasi
Kemerdekaan Indonesia.Banyak tokoh pergerakan nasional beserta rakyat berkumpul
di tempat itu.Mereka ingin menyaksikan pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan
Indonesia. Sesuai kesepakatan yang diambil di rumah Laksamana Maeda, para tokoh
Indonesia menjelang pukul 10.30 waktu Jawa zaman Jepang atau pukul 10.00 WIB
telah berdatangan ke rumah Ir. Soekarno. Mereka hadir untuk menjadi saksi
pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
Acara yang disusun dalam upacara di
kediaman Ir. Soekarno itu, antara lain sebagai berikut.
a. Pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan
Indonesia.
b. Pengibaran bendera Merah Putih.
c. Sambutan Wali Kota Suwiryo dan dr.
Muwardi.
Upacara Proklamasi Kemerdekaan berlangsung tanpa
protokol.Latief Hendraningrat memberi aba-aba siap kepada semua barisan
pemuda.Semua yang hadir berdiri tegak dengan sikap sempurna.Suasana menjadi
sangat hening.Ir. Soekarno dan Drs. Moh.Hatta dipersilakan maju beberapa
langkah dari tempatnya semula.Ir. Soekarno mendekati mikrofon.Dengan suaranya
yang mantap, Ir. Soekarno didampingi Drs. Moh.Hatta membacakan teks Proklamasi
Kemerdekaan Indonesia yang telah diketik oleh Sayuti Melik.Berikut teks
Proklamasi yang diketik oleh Sayuti Melik.
Sesaat setelah pembacaan Proklamasi
Kemerdekaan, dilanjutkan upacara pengibaran bendera Merah Putih.Bendera Sang
Saka Merah Putih dijahit oleh Ibu Fatmawati Soekarno.Suhud mengambil bendera
dari atas baki (nampan) yang telah disediakan dan mengibarkannya dengan bantuan
Shodanco Latief Hendraningrat.Kemudian, Sang Merah Putih mulai dinaikkan dan
hadirin yang datang bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya.Bendera
dinaikkan perlahan-lahan menyesuaikan syair lagu Indonesia Raya. Seusai
pengibaran bendera Merah Putih, acara dilanjutkan sambutan dari Wali Kota
Suwiryo dan dr. Muwardi.
Ayo Berlatih
Ayo, temukan kosakata baku dan tidak
baku pada bacaan yang berjudul “Peristiwa Pembacaan Teks Proklamasi”. Kemudian,
carilah arti katanya di Kamus Besar Bahasa Indonesia, bertanya kepada guru,
atau berdiskusi.Perhatikan cara-cara menggunakan kamus.
- Pilihlah sebuah kata dari daftar kosakata barumu. Misalnya: proklamasi
- Bukalah kamusmu, carilah daftar kata-kata yang dimulai dengan huruf awal “p”. Ingat, setiap kata pada kamus selalu diurutkan berdasarkan urutan abjad.
- Dalam daftar kata yang berhuruf awal “p” itu, carilah daftar kata yang dimulai dengan “pr”.
- Carilah daftar kata yang dimulai dengan “pro”. Kata proklamasi akan kamu temukan di antara kata-kata itu. Selamat mencari!
Kata Baku dan Tidak Baku
|
|||
Kosakata Baku
|
Arti
|
Kosakata Tidak Baku
|
Arti
|
Proklamasi
|
Pemberitahuan resmi kepada seluruh
rakyat; permakluman; pengumuman
|
Baki
|
Nampan
|
Laksamana
|
Pangkat perwira tinggi dalam angkatan
laut,
|
Shodanco
|
Pangkat kemiliteran Jepang
|
Saksi
|
Orang yang melihat atau mengetahui
sendiri suatu peristiwa
|
-
|
-
|
Upacara
|
Rangkaian tindakan atau perbuatan yang
terikat pada aturan tertentu
|
-
|
-
|
Protokol
|
Orang yang bertugas mengatur jalannya
upacara
|
-
|
-
|
Ayo Menulis
Kalor didefinisikan sebagai energi
panas yang dimiliki oleh benda. Secara umum, mengetahui adanya kalor yang
dimiliki oleh benda dapat dilakukan dengan cara mengukur suhu benda tersebut.
Jika suhu benda tinggi, kalor yang dikandung oleh benda juga besar.Sebaliknya,
jika suhu benda rendah, kalor yang dikandung oleh benda juga kecil.
Kalor yang dimiliki oleh suatu benda
bisa berubah-ubah.Bisa naik, bisa juga turun karena kalor dapat berpindah dari
suhu tinggi menuju suhu rendah. Contoh bahwa kalor dapat mengubah suhu benda:
Air panas memiliki suhu tinggi. Air dingin memiliki suhu rendah. Apabila kedua
air dicampur, campuran itu akan menghasilkan suhu baru. Suhu rendah akan
meningkat karena menerima panas yang bersuhu tinggi.
Suhu air yang sebelumnya panas berubah
menjadi lebih dingin dan suhu air yang sebelumnya dingin menjadi lebih
panas.Hal ini menunjukkan bahwa air panas melepaskan kalor dan air dingin
menerima kalor dari air panas untuk menaikkan suhunya.Semua benda dapat melepas
dan menerima kalor. Benda-benda yang bersuhu lebih tinggi dari lingkungannya
akan cenderung melepaskan kalor.
Demikian juga sebaliknya benda-benda
yang bersuhu lebih rendah dari lingkungannya akan cenderung menerima kalor
untuk menstabilkan kondisi dengan lingkungan di sekitarnya. Suhu zat akan
berubah ketika zat tersebut melepas atau menerima kalor. Dengan demikian, dapat
diambil kesimpulan bahwa kalor dapat mengubah suhu suatu benda. Untuk lebih
memahami kalor mengubah suhu lakukan percobaan seperti di bawah ini
KesimpulanMakin
besar energi panas yang diterima air, makin besar pula kenaikan suhu pada air.
Ayo Mengamati
Ayo, amatilah peristiwa-peristiwa dalam
kehidupan sehari-hari yang menunjukkan adanya perubahan suhu benda yang
disebabkan kalor. Indentifikasi dengan cara menuliskan perubahan suhu benda
yang disebabkan oleh kalor pada tabel berikut!
Peristiwa Perubahan Suhu karena Kalor
|
|||
1.
|
Saat memasak air air air yang dingin
berubah menjadi panas
|
4
|
Besi yang dibakar akan menjadi panas
|
2.
|
Setelah berolah raga tubuh
berkeringat
|
5
|
Saat siang hari tubuh terasa panas
saat berjalan di bawah sinar matahari
|
3
|
Sendok menjadi panas saat digunakan
mengaduk kopi
|
6
|
Air raksa dalam termometer akan naik
saat terkena panas tubuh
|
Latihan Soal Matematika
1. Berapakah rusuk kubus jika kubus memiliki volume 15.625 cm3 ?
2. Sebuah balok memiliki panjang dua kali lebarnya jika lebar blok tersebut adalah 6 m dan tingginya 12 m, berapakah volume balok tersebut?
3. Arini mendapatkan tugas dari sekolah untuk membuat kerangka kubus menggunakan kawat. ia memiliki kawat sepanjang 6 meter dan akan membuat kubus dengan panjang rusuk 15 cm. berapakah
a. Banyaknya kubus yang dibuat?
b. Berapa sisa kawat milik Arini?
4. hasil dari 11pangkat 3 x 3pangkat 3 : akar pangkat tiga dari 35.937 adalah ....
5. luas permukaan sebuah kubus adalah 1350. Volume kubus tersebut adalah ...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar