Hari / Tanggal : Senin / 9 September 2024
Kelas : 2. A
Materi : Mengenal Berbagai Cara untuk Menjaga Kesehatan Mata dan Berbagai Jenis Olahraga
CP :
· Menyimak
1. Peserta didik mampu bersikap menjadi penyimak yang baik.
2. Peserta didik mampu memahami pesan lisan dan informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
· Membaca dan Memirsa
1. Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pengamat yang baik.
2. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak.
3. Peserta didik mampu menambah kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang diamati dengan bantuan ilustrasi.
· Berbicara dan Mempresentasikan
1. Peserta didik mampu melafalkan teks dengan tepat, berbicara dengan santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
2. Peserta didik mampu bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan.
3. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan secara lisan dengan bantuan gambar dan/atau ilustrasi.
4. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar, serta menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri dan lingkungan.
· Menulis
1. Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan buku, menebalkan garis/huruf, dll.) di atas kertas dan/atau melalui media digital.
2. Peserta didik mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik.
3. Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana, menulis teks rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari, dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan sehari-hari.
TP :
Mengamati
§ Melalui mengamati grafik bersama guru, peserta didik dapat menemukenali informasi dalam sebuah grafik.
Menulis
Melalui menulis, peserta didik dapat membuat cerita dengan struktur awal, tengah, dan akhir yang sederhana.
· Dampingi peserta didik mengamati grafik “Olahraga kesukaanku”.
· Tanyakan kepada peserta didik tentang nama-nama olahraga yang ada di dalam grafik.
· Tanyakan juga tentang fungsi angka yang ada pada garis vertikal.
· Dampingi peserta didik mengamati gambar grafik sekali lagi.
· Kemudian, diskusikan pertanyaan-pertanyaan pada Buku Siswa untuk mengetahui apakah peserta didik sudah memahami informasi yang tersedia pada grafik.
· Beri kesempatan kepada peserta didik yang ingin bertanya lebih lanjut tentang grafik olahraga.
Anak-anak pada kegiatan sesi ini, kalian akan menirukan gerak hewan dari hewan yang akan Ibu guru berikan.
Dalam kegiatan Bahasa Indonesia, Alhamdulillah anak-anak sudah makin paham dalam membaca suatu diagram batang, dan juga mereka sudah berlatih dalam menuliskan cerita pendek dari pilihan topik : Olahraga kesukaan / buah kesukaan / mainan kesukaan. Meski, belum menggunakan bahasa yang baik dan benar sesuai dengan EYD.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar