Materi Ajar
Hari / Tanggal : Selasa / 3 Agustus 2024
Kelas : 2. A
Materi : Hubungan Simbol dan Sila Pancasila
CP : Peserta didik mengenal bendera negara, lagu kebangsaan, simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila, dan menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga; mengenal para perumus Pancasila.
TP : Melalui pengamatan gambar, menyimak video, membaca teks, tanya jawab, bercerita, games snowball throwing dan diskusi kelompok tentang simbol dan sila Pancasila, peserta didik dapat menceritakan hubungan simbol-simbol Pancasila dengan sila-sila Pancasila dengan tepat.
Arti 5 Sila Pancasila
Pancasila terdiri dari lima sila atau asas yang dijadikan sebagai pedoman hidup bangsa Indonesia.
1. Sila pertama: Ketuhanan yang Maha Esa (simbol bintang)
Bintang menggambarkan sebuah cahaya. Cahaya pada simbol bintang ini diibaratkan sebagai cahaya kerohanian yang berasal dari Tuhan kepada manusia.
2. Sila kedua: Kemanusiaan yang Adil dan Beradab (simbol rantai)
Rantai pada simbol kedua terdiri atas mata rantai yang berbentuk segi empat dan lingkaran yang saling berkaitan membentuk lingkaran. Keterkaitan itu bermakna bahwa bangsa Indonesia saling terkait erat, saling bahu membahu, dan saling membutuhkan.
3. Sila ketiga: Persatuan Indonesia (Simbol pohon beringin)
Pohon beringin digambarkan sebagai Negara Indonesia, di mana semua rakyat Indonesia dapat 'berteduh' di bawah Negara Indonesia. Pohon beringin yang bersifat menjalar ke segala arah dikorelasikan dengan keragaman suku bangsa yang menyatu di bawah nama Indonesia.
4. Sila keempat: Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan (Simbol kepala banteng)
Kepala banteng memiliki filosofi sebagai hewan sosial yang suka berkumpul, seperti halnya musyawarah, di mana orang-orang berdiskusi untuk melahirkan suatu keputusan.
5. Sila kelima: Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia (Simbol padi dan kapas)
Padi dan kapas merupakan simbol pangan dan sandang yang menyiratkan makna bahwa syarat utama negara yang adil adalah bisa mencapai kemakmuran untuk rakyatnya secara merata.
Materi bahasa Indonesia
Materi : Mengenal Berbagai Cara untuk Menjaga Kesehatan Mata dan Berbagai Jenis Olahraga
CP :
· Menyimak
1. Peserta didik mampu bersikap menjadi penyimak yang baik.
2. Peserta didik mampu memahami pesan lisan dan informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
· Membaca dan Memirsa
1. Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pengamat yang baik.
2. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak.
3. Peserta didik mampu menambah kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang diamati dengan bantuan ilustrasi.
· Berbicara dan Mempresentasikan
1. Peserta didik mampu melafalkan teks dengan tepat, berbicara dengan santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
2. Peserta didik mampu bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan.
3. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan secara lisan dengan bantuan gambar dan/atau ilustrasi.
4. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar, serta menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri dan lingkungan.
· Menulis
1. Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan buku, menebalkan garis/huruf, dll.) di atas kertas dan/atau melalui media digital.
2. Peserta didik mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik.
3. Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana, menulis teks rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari, dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan sehari-hari.
TP :
Mengamati
Melalui mengamati grafik bersama guru, peserta didik dapat menemukenali informasi dalam sebuah grafik.
Menulis
· Dampingi peserta didik mengamati grafik “Olahraga kesukaanku”.
· Tanyakan kepada peserta didik tentang nama-nama olahraga yang ada di dalam grafik.
· Tanyakan juga tentang fungsi angka yang ada pada garis vertikal.
· Dampingi peserta didik mengamati gambar grafik sekali lagi.
· Kemudian, diskusikan pertanyaan-pertanyaan pada Buku Siswa untuk mengetahui apakah peserta didik sudah memahami informasi yang tersedia pada grafik.
· Beri kesempatan kepada peserta didik yang ingin bertanya lebih lanjut tentang grafik olahraga.
Alhamdulillah, materi hari ini cukup sampai di sini ya Nak..
Silahkan diiulas kembali di rumah bersama orangtua hebat kalian yaa… Jangan lupa ucapkan terimakasih, atas jasa orangtua kalian.
Jangan lupa shalatnya dilaksanakan di rumah ya sayang…
Ibu Guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Kesimpulan
Alhamdulilah sebagian besar siswa dapat mengetahui cara membuat grafik Namun, masih ada 2 siswa yang belum bisa membedakan warna primer dan warna sekunder.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar