Melalui pengamatan gambar, menyimak video, membaca teks, tanya jawab, bercerita, games musyawarah, simulasi dan diskusi kelompok tentang musyawarah melalui bimbingan guru, peserta didik dapat membuat kesepakatan sederhana dengan baik.
Materi Pembelajaran
Peserta didik dibuat berkelompok secara melingkar;
2. Peserta didik mengamati dua gambar atau tayangan orang yang menyampaikan pendapat sesuai a turandan tidak sesuai aturan;
3. Peserta didik diberikan pertanyaan, “Apa pendapat kalian mengenai kedua gambar/tayangan tersebut?”
4. Peserta didik melakukan tanya jawab dengan guru;
5. Peserta didik diarahkan untuk membaca bacaan yang berjudul, “Mencari Solusi”
6. Peserta didik tanya jawab isi bacaan “Mencari Solusi” dengan guru
7. Peserta didik dapat menceritakan kembali isi bacaan dengan bahasa sendiri.
8. Peserta didik menyimak tayangan video, film, atau animasi pada youtube, rumah belajar, atau sumber lain dengan kata kunci: “Bermusyawarah”; Peserta didik dapat menyimak video sidang dari berita di TV atau TV parlemen;
9. Peserta didik menanggapi tayangan video, film atau animasi yang ditampilkan;
10. Tanya jawab peserta didik dengan guru tentang tayangan yang ditampilkan;
11. Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok;
12. Untuk meningkatkan pemahaman peserta didik tentang berpendapat dan menyimak, peserta didik mengikuti games musyawarah. Games musyawarah dimulai dengan cara:
• Peserta didik tiap kelompok diberikan peran yaitu sebagai pemimpin dan peserta;
• Peserta didik yang berperan sebagai pemimpin musyawarah harus menyampaikan tentang cara, manfaat dan hasil musyawarah atau kesepakatan;
• Peserta didik yang berperan sebagai peserta musyawarah menyimak serta bersikap menerima atau menolak mengenai materi yang disampaikan pemimpin musyawarah;
• Peserta didik yang berperan sebagai peserta musyawarah dapat mencari penjelasan lagi kepada pemimpin musyawarah;
• Games musyawarah berhenti ketika peserta didik bersama kelompoknya selesai bermain dalam waktu yang ditentukan guru.
13. Hasil games dibahas oleh guru bersama peserta didik
14. Peserta didik dapat bermain peran dipandu oleh guru sesuai dengan isian LKPD
15. Peserta didik mendapatkan asesmen sikap, pengetahuan dan keterampilan dalam kegiatan tersebut sesuai rubriknya oleh guru;
16. Peserta didik mengisi Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) bekerjasama dengan teman sekelompoknya;
17. Peserta didik mencari sumber/referensi untuk LKPD melalui buku, internet dan lainnya dimbing guru;
18. Tiap kelompok melaporkan hasil diskusi LKPD secara bergantian di depan kelas, atau guru dapa t berkeliling ke tiap k elompok untuk meliha t hasil diskusin ya;
19. Peserta didik mendapatkan feedback atau balikan atas pekerjaaannya dari guru; Contoh feedback dari guru:
20. Contoh feedback dari teman:
21. Peserta didik juga mendapatkan penguatan (reinforcement) tentang berpendapat dan menyimak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar