Selasa, 10 September 2024

Materi Ajar Selasa, 10 September 2024

 Hari/Tanggal : Selasa / 10 September 2024

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung

Fase/Kelas : A/2

BAB/Tema : 2 / Menaati Aturan Disekitarku

Capaian Pembelajaran

Peserta didik mampu mengenal dan menceritakan simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila. Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menjelaskan hubungan antara simbol dan sila dalam lambang negara Garuda Pancasila. Peserta didik mampu menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga dan sekolah.



Tujuan Pembelajaran

Melalui pengamatan gambar, menyimak video, membaca teks, tanya jawab, bercerita, games musyawarah, simulasi dan diskusi kelompok tentang musyawarah melalui bimbingan guru, peserta didik dapat membuat kesepakatan sederhana dengan baik.



Materi Pembelajaran


Peserta didik dibuat berkelompok secara melingkar;
2. Peserta didik mengamati dua gambar atau tayangan orang yang menyampaikan pendapat sesuai a turandan tidak sesuai aturan;
3. Peserta didik diberikan pertanyaan, “Apa pendapat kalian mengenai kedua gambar/tayangan tersebut?”
4. Peserta didik melakukan tanya jawab dengan guru;
5. Peserta didik diarahkan untuk membaca bacaan yang berjudul, “Mencari Solusi

6. Peserta didik tanya jawab isi bacaan “Mencari Solusi” dengan guru
7. Peserta didik dapat menceritakan kembali isi bacaan dengan bahasa sendiri.
8. Peserta didik menyimak tayangan video, film, atau animasi pada youtube, rumah belajar, atau sumber lain dengan kata kunci: “Bermusyawarah”; Peserta didik dapat menyimak video sidang dari berita di TV atau TV parlemen; 
9. Peserta didik menanggapi tayangan video, film atau animasi yang ditampilkan; 
10. Tanya jawab peserta didik dengan guru tentang tayangan yang ditampilkan;
11. Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok;
12. Untuk meningkatkan pemahaman peserta didik tentang berpendapat dan menyimak, peserta didik mengikuti games musyawarah. Games musyawarah dimulai dengan cara:
• Peserta didik tiap kelompok diberikan peran yaitu sebagai pemimpin dan peserta;
• Peserta didik yang berperan sebagai pemimpin musyawarah harus menyampaikan tentang cara, manfaat dan hasil musyawarah atau kesepakatan;
• Peserta didik yang berperan sebagai peserta musyawarah menyimak serta bersikap menerima atau menolak mengenai materi yang disampaikan pemimpin musyawarah;
• Peserta didik yang berperan sebagai peserta musyawarah dapat mencari penjelasan lagi kepada pemimpin musyawarah;
• Games musyawarah berhenti ketika peserta didik bersama kelompoknya selesai bermain dalam waktu yang ditentukan guru.
13. Hasil games dibahas oleh guru bersama peserta didik
14. Peserta didik dapat bermain peran dipandu oleh guru sesuai dengan isian LKPD
15. Peserta didik mendapatkan asesmen sikap, pengetahuan dan keterampilan dalam kegiatan tersebut sesuai rubriknya oleh guru;
16. Peserta didik mengisi Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) bekerjasama dengan teman sekelompoknya;
17. Peserta didik mencari sumber/referensi untuk LKPD melalui buku, internet dan lainnya dimbing guru;
18. Tiap kelompok melaporkan hasil diskusi LKPD secara bergantian di depan kelas, atau guru dapa t berkeliling ke tiap k elompok untuk meliha t hasil diskusin ya;
19. Peserta didik mendapatkan feedback atau balikan atas pekerjaaannya dari guru; Contoh feedback dari guru:

20. Contoh feedback dari teman:

21. Peserta didik juga mendapatkan penguatan (reinforcement) tentang berpendapat dan menyimak.

0


PENUTUP 
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, 

Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb

Kesimpulan 
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik, aktif dan lancar. Dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila hari ini, anak-anak alhamdulillah anak2 seluruhnya mampu menyebutkan aturan aturan yang ada di rumah.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar Jum'at, 22 November 2024

  Hari / Tanggal                   :  Jum'at, 22 November 2024 Kelas                                 :  2A Mata Pelajaran               ...