MATERI AJAR
PENDIDIKAN PANCASILA dan SENI RUPA
Hari / Tanggal : Selasa / 6Mei 2025
Kelas : 2A
Mapel : Pendidikan Pancasila
Materi : Mengenal karakteristik dan ciri-ciri fisik lingkungan rumah dan sekolah

CP :
Peserta didik mengidentifikasi dan menghargai identitas dirinya sesuai dengan jenis kelamin, hobi, bahasa, serta agama dan kepercayaan di lingkungan rumah dan sekolah.
TP :
· Melalui kegiatan mengamati gambar, menggambar rumah peserta didik dapat menunjukkan sikap berpikir kritis sebagai aspek nilai Profil Pelajar Pancasila.
Melalui kegiatan permainan Civic Home dan civic miniatur, peserta didik dapat menunjukkan sikap berkebinekaan global dan gotong royong.
Persatuan di Lingkungan Sekolah
Sikap bersatu juga harus diterapkan di sekolah. seberapa hal dapat dilakukan untuk menjaga peraturan. Misalnya, menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Menjaga kebersihan dapat diatur dengan piket.
1. Bagian-bagian Sekolah
Nayla bersekolah di SD Merdeka.
Sekolah Nayla memiliki beberapa ruangan dan lahan terbuka.
Nayla senang berada di sekolah.
Berikut ini bagian-bagian sekolah Nayla.
Ruang kelas digunakan untuk belajar
Nayla belajar dengan tertib.
Nayla mendengarkan penjelasan guru dengan cermat.
Nayla tidak mengobrol saat belajar.
Semua anak belajar dengan tenang dan nyaman.
Terdapat banyak buku di perpustakaan.
Kita dapat meminjam buku di perpustakaan.
Nayla membaca buku di perpustakaan.
Nayla membaca dengan tenang.
Nayla tidak membuat kegaduhan.
Buku dikembalikan dalam kondisi baik.
Kantin sekolah digunakan untuk tempat beristirahat dan membeli jajanan.
Tersedia makanan dan minuman sehat di kantin.
Kita harus menjaga kebersihan kantin.
Kantin yang bersih memberikan kenyamanan bagi siswa.
Halaman sekolah digunakan berbaris ketika upacara.
Saat istirahat anak-anak juga bisa bermain di halaman.
Halaman yang bersih membuat kita bisa bermain dengan nyaman.
Kita harus menjaga kebersihan halaman sekolah.
Kamar mandi dan toilet di sekolah digunakan untuk membuang kotoran.
Kita harus menjaga kebersihan kamar mandi dan toilet.
Kita harus menyiramnya setelah buang air agar tetap bersih dan tidak berbau.
Toilet yang bersih dapat meningkatkan kesehatan siswa.
2. Lingkungan Sekitar Sekolah
Lingkungan sekolah Nayla dikelilingi pintu dan pagar.
Pintu menjadi pembatas antara sekolah dan sekitarnya.
Kita harus menghormati batas lingkungan sekolah.
Keluar masuk sekolah harus melalui pintu yang tersedia.
Pagar sekolah berfungsi agar sekolah aman.
Warga luar tidak bisa keluar masuk secara bebas.
Siswa juga dapat belajar dengan tenang tanpa ada gangguan.
Sekolah harus menjadi tempat yang aman dan nyaman untuk belajar.
3. Bersatu menjaga lingkungan sekolah
Lingkungan sekolah yang bersih terasa nyaman.
Sekolah yang bersih tidak ada sampah berserakan.
Banyak tanaman yang tumbuh dengan rapi dan indah.
Sekolah terasa sejuk dan betah untuk belajar.
Kebersihan lingkungan sekolah adalah tanggung jawab semua warga sekolah.
jika seluruh warga sekolah bersatu menjaga kebersihan lingkungan maka akan tercipta sekolah yang bersih dan nyaman.
Salah satu caranya adalah dengan melakukan kerjasama dengan warga sekolah.
Contoh sikap kerjasama di lingkungan sekolah
Menjaga kebersihan kantin
Menjaga kebersihan pagar
Membersihkan sekitar sekolah bersama warga sekitar
4. Tolong-menolong dengan Warga Sekitar Sekolah
Contoh menjaga kerukunan dengan warga sekitar sekolah:
Menjaga sikap saat melewati pemukiman warga sekitar.
Berbicara tidak terlalu keras agar tidak mengganggu.
Mengucapkan kata permisi saat lewat.
Saling menolong warga sekitar yang membutuhkan bantuan.
Warga sekolah mengumpulkan sumbangan untuk warga sekitar yang membutuhkan.
Sekolah mengizinkan warga sekitar berjualan di kantin sehat.
CP :
Peserta didik mengeksplorasi alat dan bahan dasar dalam berkarya membentuk dan memotong. Peserta didik mampu mengekspresikan pengalaman estetis dalam bentuk karya seni tiga dimensi.
TP :
- Siswa dapat mengenali konsep karya seni tiga dimensi dengan baik.
- Siswa dapat menyebutkan alat dan bahan karya seni tiga dimensi.
A.Apa itu karya seni tiga dimensi?
Karya seni tiga dimensi sering disebut dengan karya seni 3D.
Karya seni yang memiliki ukuran panjang, lebar, dan tinggi.
Karya tersebut dapat dilihat dari segala arah.
Membuat patung sederhana
dapat berasal dari bahan yang tersedia.
Menerapkan apa yang diketahuinya mengenai bentuk, tekstur atau pola.
Karya seni tiga dimensi tidak terbatas pada sisi panjang dan lebar saja.
Namun, juga terdapat tinggi.
Karya seni tiga dimensi dapat dilihat dari berbagai sisi.
Apa fungsi karya seni tiga dimensi?
Karya seni tiga dimensi memiliki nilai estetik.
Karya seni tiga dimensi memiliki volume dan ruang.
Ada beberapa contoh karya seni tiga dimensi.
Ada patung, keramik, arca, dan guci.
B.Sejarah Seni Karya Tiga Dimensi
Pernahkah kalian mendengar kata tembikar?
Tembikar sebagai karya tiga dimensi.
Bagaimana sejarah dari tembikar sebagai seni karya tiga dimensi itu?
Tembikar merupakan benda sintetik pertama yang diciptakan oleh manusia.
Tembikar merupakan tanah liat yang dibentuk.
Kemudian menjadi sebuah benda dengan cara dikeringkan atau dibakar.
Tujuannya agar bentuknya tetap.
Umumnya tembikar memiliki daya tahan, yang tinggi dan tahan lama.
Tembikar sangat umum ditemukan pada penggalian di situs-situs arkeologis.
Hal ini menunjukkan bahwa tembikar termasuk bagian dari sejarah kebudayaan dunia.
Tembikar tertua berasal dari Hunan, Cina.
Tembikar bisa ditemukan di berbagai kebudayaan dunia.
Karena tanah liat materialnya sangat berlimpah.
Selain itu, tanah liat juga mudah diolah.
Di Indonesia, tembikar tertua ditemukan di situs arkeologi di Melolo, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.
Tembikar tersebut menunjukkan dekorasi sederhana.
Baik berupa titik, garis, belah ketupat, lingkaran, dan bahkan wajah manusia.
Selain itu, tembikar ditemukan
di beberapa situs arkeologi, seperti berikut.
1. Kadenglebu.
2. Banyuwangi (Jawa Timur).
3. Kalapadua.
4. Bogor (Jawa Barat).
5. Serpong, Tangerang (Banten).
6. Kalumpang (Sulawesi Barat).
7. Minanga Sepakka (Sulawesi Utara).
8. Poso (Sulawesi Tengah).
Tembikar dapat digunakan untuk membuat perabot sehari-hari.
Tembikar juga digunakan untuk pembuatan patung dan benda dekoratif.
C.Ciri-Ciri Karya Tiga Dimensi
Karya tiga dimensi ini sebagai salah karya yang unik.
Tekstur karyanya dapat dirasakan.
Ada beberapa ciri-ciri karya tiga dimensi ini.
Apa saja ciri-ciri karya tiga dimensi ini?
Berikut ini ciri-ciri karya tiga dimensi, yaitu:
1. Memiliki Panjang, Lebar, dan Tinggi Karya tiga dimensi memiliki panjang, lebar, dan tinggi.
Ukuran karya tiga dimensi sesuai kebutuhan.
Memiliki panjang yang bervariasi.
Dengan lebar yang sesuai dengan panjang.
Serta tinggi pada model yang dapat di tempatkan.
2. Memiliki Tiga Dimensi
Dimensi yang dimaksud adalah panjang, lebar, dan tinggi.
Tidak semua karya seni rupa memiliki dimensi.
Berbeda dengan karya dua dimensi.
Namun, memiliki dimensi dari tiga arah.
3. Terdapat Sisi
Karya tiga dimensi memiliki sisi.
Sisi-sisi saling berhadapan.
Terdapat tiga sisi.
Tiga sisi tersebut saling berhubungan.
Karya tiga dimensi dapat dilihat dari berbagai sisi.
Silahkan diiulas kembali di rumah bersama orangtua hebat kalian yaa… Jangan lupa ucapkan terimakasih, atas jasa orangtua kalian.
Jangan lupa shalatnya dilaksanakan di rumah ya sayang…
Tidak ada komentar:
Posting Komentar