Jumat, 16 Mei 2025

Materi Ajar Jum'at, 16 Mei 2025


MATERI AJAR
BAHASA INDONESIA

Hari / Tanggal        :  Jumat / 16 Mei 2025

Kelas                        : 2A 

Mata Pelajaran      :  Bahasa Indonesia

Materi                     :  Hobi yang menjadi Prestasi


CP                           : 

Menyimak

§  Peserta didik mampu bersikap menjadi penyimak yang baik. Peserta didik mampu memahami pesan lisan dan informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.

 

Membaca dan Memirsa

§  Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pengamat yang baik. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu menambah kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang diamati dengan bantuan ilustrasi.


Berbicara dan Mempresentasikan

·         Peserta didik mampu melafalkan teks dengan tepat, berbicara dengan santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Peserta didik mampu bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan secara lisan dengan bantuan gambar dan/atau ilustrasi. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar, serta menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri dan lingkungan.


Menulis

·         Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan buku, menebalkan garis/huruf, dll.) di atas kertas dan/atau melalui media digital. Peserta didik mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik. Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana, menulis teks rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari, dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan sehari-hari.


TP                                :  

Peserta didik mampu menjelaskan apa yang dialami dan dilakukan tokoh cerita.

Peserta didik mampu menyampaikan pendapat terhadap informasi dalam bacaan.







                                   MATERI AJAR

MATEMATIKA 

  

Hari / Tanggal                   :  Jumat / 16 Mei 2025

Kelas                                 :  2. A

Mata Pelajaran                 :  Matematika

Materi                                :  Bilangan

Media                            :  Video


CP                                       : 

Peserta didik dapat mengurutkan, menyortir, mengelompokkan, membandingkan, dan menyajikan data menggunakan turus dan piktogram paling banyak 4 kategori.

 

TP                                :  

Peserta didik dapat :

1.   Membilang hal-hal konkret sambil mengingat kembali materi yang telah dipelajari          oleh peserta didik.
2.      Memahami bilangan 2.000.
3.    Memahami besarnya dan nilai tempat bilangan 4 angka.

Pe

Bilangan 10.000


Bilangan adalah suatu konsep matematika yang digunakan untuk pencacahan dan pengukuran. Simbol ataupun lambang yang digunakan untuk mewakili suatu bilangan disebut sebagai angka atau lambang bilangan 10.000 adalah angka yang dibaca "sepuluh ribu". Angka ini merupakan bilangan asli setelah 9.999 dan sebelum 10.001

·         Bilangan 10.000 merupakan bilangan cacah yang terdiri dari ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan. 

·         Bilangan 10.000 memiliki empat nol. 

·         Dalam notasi ilmiah, 10.000 ditulis sebagai 1 x 10^4. 

·         Angka besar (kelipatan sepuluh) selalu menambahkan angka nol pada angka berikutnya. 

·         Bilangan adalah konsep matematika yang digunakan untuk pencacahan dan pengukuran. 

·         Simbol atau lambang yang digunakan untuk mewakili suatu bilangan disebut sebagai angka atau lambang bilanga

 

Cara membaca bilangan yaitu dengan membaca bilangan dari kiri ke kanan. Jika bilangan ribuan, urutan membacanya dimulai dari angka ribuan, kemudian ratusan, puluhan, dan akhirnya satuan.

Cara membaca bilangan puluhan

43 dibaca "empat puluh tiga

52 dibaca "lima puluh dua" 

 

Cara membaca bilangan ratusan

133 dibaca "seratus tiga puluh tiga"

205 dibaca "dua ratus lima"

 

Untuk bilangan yang berakhiran nol, cara membacanya yaitu dengan menambahkan kata "ratus" di akhir.

100 dibaca "seratus"

200 dibaca "dua ratus”

 

Cara membaca bilangan ribuan

2.135 dibaca "dua ribu seratus tiga puluh lima"

7.012 dibaca "tujuh ribu dua belas"

Untuk bilangan yang berakhiran nol, cara membacanya yaitu dengan menambahkan kata "ribu" di akhir.

1.000 dibaca "seribu"

2.000 dibaca "dua ribu”







Alhamdulillah, materi hari ini cukup sampai di sini ya Nak..

Silahkan diiulas kembali di rumah bersama orangtua hebat kalian yaa… Jangan lupa ucapkan terimakasih, atas jasa orangtua kalian.

Jangan lupa shalatnya dilaksanakan di rumah ya sayang…

 

Ibu Guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KISI2 SAS MTK dan SENI RUPA

  Bismillah... Assalamu'alaikum anak solih dan solihah... Alhamdulillah.. Tidak terasa esok hari anak-anak baik Ibu Guru akan melaksanak...