MATERI AJAR
MATEMATIKA
Hari / Tanggal : Rabu / 14 Mei 2025
Kelas : 2. A
Mata Pelajaran : Matematika
Materi : Bilangan
Media : Video
CP :
Peserta didik dapat mengurutkan, menyortir, mengelompokkan, membandingkan, dan menyajikan data menggunakan turus dan piktogram paling banyak 4 kategori.
TP :
Peserta didik dapat :
2. Memahami bilangan 2.000.
Pe
Bilangan 10.000
Bilangan adalah suatu konsep matematika yang digunakan untuk pencacahan dan pengukuran. Simbol ataupun lambang yang digunakan untuk mewakili suatu bilangan disebut sebagai angka atau lambang bilangan 10.000 adalah angka yang dibaca "sepuluh ribu". Angka ini merupakan bilangan asli setelah 9.999 dan sebelum 10.001
· Bilangan 10.000 merupakan bilangan cacah yang terdiri dari ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan.
· Bilangan 10.000 memiliki empat nol.
· Dalam notasi ilmiah, 10.000 ditulis sebagai 1 x 10^4.
· Angka besar (kelipatan sepuluh) selalu menambahkan angka nol pada angka berikutnya.
· Bilangan adalah konsep matematika yang digunakan untuk pencacahan dan pengukuran.
· Simbol atau lambang yang digunakan untuk mewakili suatu bilangan disebut sebagai angka atau lambang bilanga
Cara membaca bilangan yaitu dengan membaca bilangan dari kiri ke kanan. Jika bilangan ribuan, urutan membacanya dimulai dari angka ribuan, kemudian ratusan, puluhan, dan akhirnya satuan.
Cara membaca bilangan puluhan
43 dibaca "empat puluh tiga
52 dibaca "lima puluh dua"
Cara membaca bilangan ratusan
133 dibaca "seratus tiga puluh tiga"
205 dibaca "dua ratus lima"
Untuk bilangan yang berakhiran nol, cara membacanya yaitu dengan menambahkan kata "ratus" di akhir.
100 dibaca "seratus"
200 dibaca "dua ratus”
Cara membaca bilangan ribuan
2.135 dibaca "dua ribu seratus tiga puluh lima"
7.012 dibaca "tujuh ribu dua belas"
Untuk bilangan yang berakhiran nol, cara membacanya yaitu dengan menambahkan kata "ribu" di akhir.
1.000 dibaca "seribu"
2.000 dibaca "dua ribu”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar