Bahasa Indonesia dan MTk Jumat 16 Mei 2025
MATERI AJAR
BAHASA INDONESIA
Hari / Tanggal : Jumat / 16 Mei 2025
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Materi : Hobi yang menjadi Prestasi

CP :
Menyimak § Peserta didik mampu bersikap menjadi penyimak yang baik. Peserta didik mampu memahami pesan lisan dan informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
Membaca dan Memirsa § Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pengamat yang baik. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu menambah kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang diamati dengan bantuan ilustrasi. Berbicara dan Mempresentasikan · Peserta didik mampu melafalkan teks dengan tepat, berbicara dengan santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Peserta didik mampu bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan secara lisan dengan bantuan gambar dan/atau ilustrasi. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar, serta menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri dan lingkungan. Menulis · Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan buku, menebalkan garis/huruf, dll.) di atas kertas dan/atau melalui media digital. Peserta didik mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik. Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana, menulis teks rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari, dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan sehari-hari. |
TP :
Peserta didik mampu menjelaskan apa yang dialami dan dilakukan tokoh cerita.
MATERI AJAR
MATEMATIKA
Hari / Tanggal : Jumat / 16 Mei 2025
Kelas : 2. A
Mata Pelajaran : Matematika
Materi : Bilangan
Media : Video
CP :
Peserta didik dapat mengurutkan, menyortir, mengelompokkan, membandingkan, dan menyajikan data menggunakan turus dan piktogram paling banyak 4 kategori.
TP :
Peserta didik dapat :
2. Memahami bilangan 2.000.
Pe
Bilangan 10.000
Bilangan adalah suatu konsep matematika yang digunakan untuk pencacahan dan pengukuran. Simbol ataupun lambang yang digunakan untuk mewakili suatu bilangan disebut sebagai angka atau lambang bilangan 10.000 adalah angka yang dibaca "sepuluh ribu". Angka ini merupakan bilangan asli setelah 9.999 dan sebelum 10.001
· Bilangan 10.000 merupakan bilangan cacah yang terdiri dari ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan.
· Bilangan 10.000 memiliki empat nol.
· Dalam notasi ilmiah, 10.000 ditulis sebagai 1 x 10^4.
· Angka besar (kelipatan sepuluh) selalu menambahkan angka nol pada angka berikutnya.
· Bilangan adalah konsep matematika yang digunakan untuk pencacahan dan pengukuran.
· Simbol atau lambang yang digunakan untuk mewakili suatu bilangan disebut sebagai angka atau lambang bilanga
Cara membaca bilangan yaitu dengan membaca bilangan dari kiri ke kanan. Jika bilangan ribuan, urutan membacanya dimulai dari angka ribuan, kemudian ratusan, puluhan, dan akhirnya satuan.
Cara membaca bilangan puluhan
43 dibaca "empat puluh tiga
52 dibaca "lima puluh dua"
Cara membaca bilangan ratusan
133 dibaca "seratus tiga puluh tiga"
205 dibaca "dua ratus lima"
Untuk bilangan yang berakhiran nol, cara membacanya yaitu dengan menambahkan kata "ratus" di akhir.
100 dibaca "seratus"
200 dibaca "dua ratus”
Cara membaca bilangan ribuan
2.135 dibaca "dua ribu seratus tiga puluh lima"
7.012 dibaca "tujuh ribu dua belas"
Untuk bilangan yang berakhiran nol, cara membacanya yaitu dengan menambahkan kata "ribu" di akhir.
1.000 dibaca "seribu"
2.000 dibaca "dua ribu”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar