MATERI AJAR KAMIS, 10 AGUSTUS 2023
Apa kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah, semoga semua dalam keadaan baik ya. Sudah siap melaksanakan pembelajaran hari ini?
Alhamdulillah Ibu guru yakin kalian semua sudah siap untuk belajar hari ini. Materi pembelajaran hari ini dapat kalian akses di blogger Ibu guru ini ya, namun sebelum mulai belajar jangan lupa persiapkan dirimu dengan sholat dhuha, murojaah, dan berdoa terlebih dahulu ya.
TAHAP PERKENALAN 3
1. Kegiatan : Dampak Sampah plastik
2. Objektif : peserta didik memahami sifat dan dampak sampah plastik
3. Durasi :
4. Materi
a. Wadah/bekas bungkus yang terbuat dari plastik
b. Kerta koran/ yg lain untuk alas
c. Video Petualangan Banyu dan Samsi di Negeri Sampah atau Slide yang memuat isi video tersebut
d. Lembar pencatatan video
5. Peran Guru : Fasilitator Persiapan
PERSIAPAN
1. Minta peserta didik membawa suatu benda berupa bungkus atau bekas kemasan makanan/snek dari plastik sekali pakai.
2. Siapkan kertas koran sebagai wadah untuk meletakkan benda plastik tersebut di kelas.
3. Putarlah video yang akan dipasang untuk peserta didik dan tonton terlebih dahulu sebelum memutarnya agar paham isi video secara utuh.
4. Membuat lembar pencatatan isi video.
Pelaksanaan
1. Pendidik mengulas kegiatan lembar prediksi yang lalu. Apa temuan kita? Apa yang akan terjadi pada bunga asli pada hari ke 3?
2. Diskusi; Jika sampah plastik tak dapat rusak/busuk apa yang terjadi? Simulasi penumpukan plastik dengan benda yang dibawa dari rumah: (a) Mintalah peserta didik untuk menunjukkan kemasan plastik yang mereka bawa. (b) Masing-masing peserta didik meletakkan benda plastik itu di mana saja di dalam kelas. (d) Apa yang terjadi dengan kelas kita?
3. Menonton video tentang dampak penumpukan sampah plastik sekali pakai: “Petualangan Banyu dan Samsi di Negeri Sampah”
4. Seusai menonton video, peserta didik diajak mengulas isi video dengan menggunakan pertanyaan pada lembar panduan pencatatan isi video (contoh tersedia di halaman berikutnya) 5. Pendidik menarik jawaban dari peserta didik dan menuliskannya di papan, kemudian mengajak peserta didik membuat kesimpulan dan mengaitkannya dengan penggunaan plastik sekali pakai.
Tips
ü Jika terkendala jaringan, maka guru dapat menggantikan kegiatan menonton video dengan mengunduhnya di komputer sekolah atau membuat slide presentasi berdasar isi video tersebut.
ü Jika dirasa perlu, boleh menyetop video dan mengulangi kembali video saat sedang mengejakan alur cerita
ü Lembar pencatatan ini merupakan contoh. Guru dipersilakan membuat format yang paling sesuai untuk kelasnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar