Minggu, 05 Februari 2023

TEMA 8 SUB 1 PB 1-2

  MATERI AJAR SENIN, 06 fEBRUARI 2023

Tema 8              Bumiku
Sub Tema 1       Perbedaan waktu dan pengaruhnya
Pembelajaran    : 1 dan 2
Muatan Pembelajaran : Bahasa Indonesia (3.7), IPA (3.8), SBDP (3.2)
 
Tujuan Pembelajaran 
1.    Dengan melakukan percobaan tentang perputaran Bumi, siswa mampu mengetahui dan memahami konsep perbedaan waktu siang dan malam.
2.    Dengan membuat laporan pengamatan, siswa mampu melaporkan hasil pengamatan tentang perputaran Bumi dan akibatnya.
3.    Dengan menyanyikan lagu “Ambilkan Bulan Bu”, siswa dapat mengungkapkan rasa kagumnya terhadap ciptaan Tuhan YME dan juga memahami lebih dalam tentang interval nada.


Hari ini kita akan belajar tematik. tema 8 Bumiku, subtema 1 Perbedaan waktu dan pengaruhnya pembelajaran 1. Ayo kita simak video berikut ini :

 
Ayo Mengamati
Ayo, kita cari informasi lebih terperinci tentang terjadinya siang dan malam!

Tuliskan hal-hal yang telah kamu ketahui dan ingin kamu ketahui tentang siang dan malam (misalnya: waktu terjadinya, penyebab, dan perbedaan yang teramati). Gunakan format di bawah ini!
Hal yang telah aku ketahuiHal yang ingin aku ketahui
  1. Jika siang ada matahari, jika malam ada bulan
  2. Jika siang pandangan terang benderang, jika malam pandangan gelap
  3. Jika siang terasa lebih panas daripada malam hari
  1. Mengapa matahari hanya muncul di siang hari?
  2. Mengapa malam hari tetap gelap meski ada bulan?
  3. Bagaimana proses terjadinya siang dan malam?
 
Ayo Mencoba
Kegiatan 1
Simulasi tentang gerak semu Kamu dan temanmu akan melakukan kegiatan bersama untuk memahami tentang gerak semu Matahari. Ikuti langkah-langkah kegiatan di bawah ini!
  1. Anggaplah kamu sebagai A dan temanmu sebagai B.
  2. Perhatikan gambar dan berdirilah sesuai dengan posisi yang ditunjukkan oleh gambar. A dan B berdiri di posisi sejajar
  3. A menutup mata dan berdiri tetap pada posisinya. B berjalan maju satu meter.
  4. A membuka mata dan mengamati perubahan posisi B.

Perubahan posisi B terjadi karena B bergerak ke depan. Akan tetapi, A seolah-olah dirinya yang bergerak mundur sehingga ia berada di belakang B. Peristiwa ini mengilustrasikan gerak semu harian Matahari.

Kegiatan 2
Simulasi tentang peristiwa siang dan malam sebagai akibat rotasi Bumi. Mari kita lakukan simulasi berikut ini! Bentuklah kelompok yang terdiri atas empat sampai lima orang! Pilihlah dua orang teman dalam kelompokmu untuk melakukan kegiatan seperti gambar berikut.
Rotasi Bumi

Ikuti langkah kegiatan di bawah ini!
Alat dan Bahan yang diperlukan:
Senter, globe.

Langkah Kegiatan :
  1. Peganglah senter dan satu temanmu memegang globe.
  2. Arahkan senter (jangan dinyalakan) sehingga menghadap globe. Amati globe.
  3. Nyalakan senter. Amati globe.
  4. Adakah perbedaan pada globe, antara sebelum dan sesudah senter dinyalakan? Tuliskan hasil pengamatanmu!
Ketika senter belum dinyalakan, keadaan globe sama-sama gelap dari berbagai sisi. Ketika senter dinyalakan bagian yang menghadap senter menjadi terang, sedang  globe yang lain tetap gelap karena tidak terkena cahaya senter.
  1. Tetap nyalakan senter, lalu putarlah globe perlahan-lahan berlawanan arah jarum jam. Apa yang teramati pada globe? Tuliskan hasil pengamatanmu!
Setelah diamati, terjadi perubahan keadaan pada globe. Globe yang berputar dan bidang permukaan yang awalnya terang, berlahan-lahan menjadi gelap. Sementara sisi globe yang semula gelap berlahan-lahan menjadi terang secara bertahap sesuai dengan putaran ketika menerima cahaya dari senter.
 
Ayo Membaca
Bacalah kembali teks bacaan yang berjudul “Perputaran Bumi dan Akibatnya”. Garis bawahi kata-kata yang menunjukkan informasi-informasi penting. Tuliskan informasi-informasi penting tersebut dalam tabel berikut.
ParagrafInformasi Penting
1
  1. Bumi berputar membentuk lingkaran 360 derajat membutuhkan waktu 24 jam. 
  2. Garis yang tampak pada bola dunia disebut garis lintang (paralel) dan garis bujur (meridian).
2
  1. Garis lintang adalah garis khayal horizontal yang melingkari Bumi.
  2. Garis lintang dibedakan menjadi dua, yaitu Lintang Utara (LU) dan Lintang Selatan (LS).
3
  1. Garis bujur adalah garis khayal membujur yang membelah Bumi menjadi belahan barat dan belahan timur.
  2. Garis bujur yang terletak di belahan barat disebut garis Bujur Barat (BB), sedangkan yang terletak di belahan timur disebut garis Bujur Timur (BT).
4
  1. Garis Bujur Barat (BB) dan garis Bujur Timur (BT) berhimpit di garis 0˚ Greenwich.
  2. Greenwich Observatory di Kota London Inggris ditetapkan sebagai penentu waktu internasional.
5
  1. Saat berotasi 1° derajat, maka Bumi membutuhkan waktu 4 menit.
  2. Setiap tempat di muka Bumi yang mempunyai selisih garis bujur 15° akan mempunyai perbedaan waktu satu jam.


 
Ayo Bernyanyi

Pernahkah kamu mendengar lantunan lagu “Ambilkan Bulan, Bu“? Lagu “Ambilkan Bulan, Bu” merupakan lagu anak-anak ciptaan Bapak A.T. Mahmud. Bapak A.T. Mahmud menciptakan banyak lagu anak-anak yang sarat dengan makna. Amati lirik dan notasi lagu ”Ambilkan Bulan, Bu” di bawah ini!
Not ANgka Ambilkan Bulan

Nah....anak sholih sholihah, setelah kalian memahami lebih dalam tentang interval nada."Ambilkan Bulan,Bu"

ayo! nanyikan lagu "Ambilkan Bulan,Bu" dengan alat musik yang ananda miliki dirumah

 
Demikian kegiatan pembelajaran hari ini, semoga ilmu yang anak-anak  peroleh hari ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan baru.
 
 Biasakan  ......
 
sholat lima waktu  ........ON TIME
 
murojaah / tadarrus ba'da maghrib dan shubuh

 Patuhi nasehat Ayah Bunda/Mama Papa 
 
 
 Anak sholih sholihah
 
Mari kita akhiri pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar Jum'at, 22 November 2024

  Hari / Tanggal                   :  Jum'at, 22 November 2024 Kelas                                 :  2A Mata Pelajaran               ...