MATERI AJAR HARI KAMIS, 14 JANUARI 2021
Tema 6 : Menuju Masyarakat Sejahtera
Subtema 2 : Membangun Masyarakat Sejahtera
Mapel : PKN (3.2), Bahasa Indonesia (3.8), SBdP (3.3)
Pembelajaran ke- : 6
Tujuan Pembelajaran : - Peserta didik dapat mengidentifikasi sifat-sifat
bangun ruang limas, kerucut dan bola, - Menjelaskan pentingnya pelaksanaan
hak sebagai warga negara - Menuliskan kalimat utama dan paragraf utama,
dan menunjukkan gerak tari kreasi tari tunggal.
Anak sholih sholihah, di masa pandemi covid seperti saat ini, kalian harus tetap waspada, pakailah masker terutama saat berada di luar rumah, rajinlah mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan. Makanlah makanan bergizi dan istirahat yang cukup, supaya kesehatan kalian tetap terjaga.
Anak sholih sholihah, mari awali kegiatan hari ini dengan membaca doa, dilanjutkan murojaah, dan sholat duha.
Mari kita bersiap-siap memulai pembelajaran hari ini. Mintalah bantuan kepada bunda/mama untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan.
MATEMATIKA
Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang limas, kerucut dan bola
TEMATIK
Pelajaran hari ini,Tematik tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera subtema 2 Membangun Masyarakat Sejahtera, pembelajaran 6
Berdasarkan bacaan di atas pentingnya melaksanakan hak adalah untuk mewujudkan pemerintahan yang demokratis, mempercepat pembangunan nasional, dan mendukung tercapainya tujuan nasional.
Dapat mengharumkan nama daerah/tempat tinggal/nama bangsa di kancah nasional karena mendapatkan pendidikan termasuk pelaksanaan hak. Contoh olimpiade sains, siswa berprestasi dan atlet renang.
Di sekolah dapat belajar dengan lancar dan nyaman. Contohnya sarapan pada pagi hari membuat tubuh memiliki energi dan dapat berkonsentrasi saat mengikuti pembelajaran.
Melaksanakan hak sebagai warga negara sangat penting, karena dengan melaksanakan salah satu hak kita, yaitu hak turut serta dalam pemerintahan melalui pemilu, maka kita turut menentukan arah kebijakan-kebijakan yang akan diambil oleh pemerintah melalui wakil-wakil rakyat yang duduk di lembaga pemerintahan, sehingga pemerintahan menjadi pemerintahan yang demokratis dan punya legitimasi (pengesahan hukum) yang kuat, sehingga membantu mempercepat pembangunan nasional dalam rangka tercapainya tujuan nasional.Dengan melaksanakan hak kita yaitu memperoleh pendidikan hak kelangsungan hidup, maka kita dapat belajar dengan baik yang pada akhirnya membuat kita mendapat pengetahuan dan keterampilan. Dengan mempunyai pengetahuan dan keterampilan yang lebih, dapat kita gunakan untuk berprestasi dalam bidang pendidikan atau bidang lainnya.
- Tuliskan kalimat utama pada setiap paragraf.
- Tuliskan gagasan utama pada setiap paragraf.
- Tuiskan gagasan utama dari teks nonfiksi berdasarkan gagasan utama setiap paragraf.
- Tuliskan hasilnya dalam bentuk tabel seperti contoh di bawah ini dan presentasikan di depan kelas secara lisan.
Paragraf | Kalimat Utama | Gagasan Utama Paragraf | Gagasan Utama Teks Non Fiksi |
---|---|---|---|
1 | Pemenuhan hak warga negara Indonesia yang berkaitan erat dengan upaya pemerintah Indonesia dalam mencapai tujuan nasional Indonesia | Pemenuhan hak warga negara Indonesia | Pelaksanaan hak untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat |
2 | Hak dan kewajiban warga negara Indonesia hendaknya dilakukan secara seimbang | Pelaksanaan hak dan kewajiban | |
3 | Contoh pentingnya pelaksanaan hak warga negara Indonesia. | Pelaksanaan hak warga negara Indonesia harus seimbang agar tercapai kesejahteraan dan keharmonisan hidup berbangsa dan bernegara. |
Hak yang selalu saya jalani sehari-hari adalah hak mempertahankan hidup. Hak mempertahankan hidup ini saya peroleh tiap hari berkat perlindungan Hak yang terdapat dalam UUD 1945 Pasal 28A yang berbunyi "Setiap orang berhak untuk hidup serta berhak mempertahankan hidup dan kehidupannya".Saya juga melaksanakan hak dalam kehidupan sehari-hari yaitu masalah perlakuan yang sama tanpa ada diskriminasi, karena hak saya ini dilindungi oleh Undang-Undang Dasar 1945 dalam Pasal 28B ayat 2 yang berbunyi "Setiap orang berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.Saya juga mendapatkan hak saya dalam pendidikan, yaitu dapat bersekolah dengan baik. Hak saya ini dilindungi Undang-Undang Dasar 1945 dalam Pasal 28C ayat 1 yang berbunyi "Setiap orang berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya, berhak mendapatkan pendidikan dan memperoleh manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya demi meningkatkan kualitas hidupnya dan demi kesejahteraan umat manusia. Banyak hak-hak saya lain yang telah saya lakukan dalam kehidupan sehari-hari.
Sebagai warga negara yang baik aku melaksanakan tanggung jawabku dengan belajar dengan tekun.
- Pilih tarian kreasi daerah jenis tunggal. Kamu boleh menciptakan tarian sendiri dengan meneruskan gerakan yang sudah kamu pelajari di atas.
- Carilah kaset atau video tarian yang kamu pilih. Selanjutnya, tonton dan cermati gerak tariannya. Identifikasi unsur-unsur tarian yang kamu pilih.
- Persiapkan unsur-unsur tariannya untuk pementasan di depan kelas.
- Pentaskan sebuah tarian lengkap dengan unsur-unsurnya, baik busana maupun propertinya.
- Pentaskan sebuah tarian lengkap dengan busana dan properti yang kamu butuhkan.
Apabila warga melaksanakan tanggung jawab sebagai warga negara dengan baik maka akan tercipta kondisi masyarakat yang aman, tenteram, dan tertib. Namun apabila banyak warga yang tidak melaksanakan tanggung jawab sebagai warga negara dengan baik maka akan menimbulkan kekacauan di dalam masyarakat
No. | Hak-Hak Warga Negara Indonesia | Ketentuan dalam UUD 1945 |
---|---|---|
1. | Mendapat perlindungan hukum | Pasal 27 ayat (1) |
2. | Pekerjaan dan penghidupan yang layak | Pasal 27 ayat (2) |
3. | Ikut serta dalam upaya bela negara | Pasal 27 ayat (3)k |
4. | Kemerdekaan berserikat dan berkumpul serta mengeluarkan pikiran | Pasal 28E ayat (3) |
5. | Kemerdekaan memeluk agama dan beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya masingmasing | Pasal 28E ayat (1) |
6. | Ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara. | Pasal 30 ayat 1 |
7. | Mendapat pendidikan | Pasal 31 ayat (1) |
8. | Kebebasan memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budaya nasional | Pasal 28C ayat (1) |
9. | Memanfaatkan sumber daya alam | Pasal 33 ayat (3) |
10. | Fakir miskin dan anak-anak yang terlantar dipelihara oleh negara | Pasal 34 ayat (1) |
11. | Memperoleh fasilitas pelayanan kesehatan | Pasal 28H ayat (1) |
Tugas Tematik KLIK DISINI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar