MATERI AJAR HARI JUM'AT, 08 JANUARI 2021
Tema 6 : Menuju Masyarakat Sejahtera
Subtema 1 : Masyarakat Peduli
Lingkungan
Mapel : Bahasa Indonesia (3.7), IPA (3.4), SBdP (3.2)
Pembelajaran
ke- : 5 dan 6
Anak
sholih sholihah, di masa pandemi covid seperti saat ini, kalian harus
tetap waspada, pakailah masker terutama saat berada di luar rumah,
rajinlah mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan.
Makanlah makanan bergizi dan istirahat yang cukup, supaya kesehatan
kalian tetap terjaga.
Anak sholih sholihah, mari awali kegiatan hari ini dengan membaca doa, dilanjutkan
murojaah, dan sholat duha.
Mari kita bersiap-siap memulai pembelajaran hari ini. Mintalah bantuan kepada bunda/mama untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan.
Pelajaran hari ini,Tematik tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan, pembelajaran 5 dan 6
PEMBELAJARAN 5
Apakah yang dimaksud dengan poster? Coba tuliskan pengetahuanmu tentang poster pada kolom berikut!
Poster atau plakat adalah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar.
Ayo Mengamati
Perhatikan gambar poster berikut!
Gambar tersebut merupakan poster. Poster adalah
plakat yang dipasang di tempat-tempat umum. Poster umumnya berisi
gambar, pesan, atau informasi tentang suatu topik bagi para pembacanya.
Apabila informasi atau gambar pada poster mudah dipahami oleh pembaca,
maka poster tersebut dapat dikatakan baik dan informatif. Poster banyak
dijumpai di tempat-tempat umum yang strategis. Contohnya di rumah sakit,
puskesmas, sekolah, kantor, atau pusat-pusat perbelanjaan.
Poster
pada gambar tersebut memberikan informasi kepada kita tentang pubertas
pada anak laki-laki. Selain itu, poster tersebut juga memberikan
informasi tentang cara menyikapi pubertas. Pubertas terjadi pada anak
lakilaki dan perempuan.
Ayo Berdiskusi
Perhatikan
kembali gambar poster tersebut. Untuk membuat poster, terdapat berbagai
unsur yang harus diperhatikan. Berikut unsur-unsur yang harus
diperhatikan dalam pembuatan poster.
1. Judul
Judul
poster harus singkat, padat, dan jelas. Judul poster juga harus
mencakup keseluruhan isi poster. Selain itu, perhatikan juga ukuran
huruf yang digunakan dalam membuat poster. Judul poster sebaiknya dapat
terbaca dari jarak sekitar 2 meter. Contoh judul poster yang dapat
dibuat adalah Cara Menyikapi Ciri-ciri Pubertas.
2. Informasi (Isi)
Isi
poster berisi penjelasan tentang judul poster. Isi poster sebaiknya
dibuat dalam bentuk poin-poin sehingga lebih efektif dan efisien. Ukuran
huruf yang digunakan dalam isi poster juga harus diperhatikan. Isi
poster sebaiknya dapat terbaca dari jarak sekitar 1 meter. Contoh isi
poster yang dapat dibuat berdasarkan judul di atas yaitu pengertian
pubertas, ciri kelamin sekunder pada pubertas, dan cara menyikapi
ciri-ciri pubertas.
3. Gambar
Gambar
membuat poster menjadi lebih menarik. Selain itu, gambar juga
memperjelas isi poster. Carilah atau buatlah gambar yang sesuai dengan
judul poster. Hal tersebut bertujuan agar gambar poster sesuai dan dapat
memperjelas isi poster.
4. Sumber (Daftar Pustaka)
Informasi
dan gambar yang digunakan dalam pembuatan poster dapat berasal dari
berbagai sumber. Sumber-sumber tersebut dapat berasal dari buku atau
internet. Pada bagian sumber (daftar pustaka) ini, cantumkanlah
sumber-sumber pustaka dari isi dan gambar yang digunakan dalam poster.
Contoh penulisan daftar pustaka dari buku dengan satu orang penulis
sebagai berikut.
Nama penulis. Tahun. Nama buku. Kota penerbit: Nama penerbit.
Nama
penulis ditulis nama belakangnya terlebih dahulu, lalu diikuti tanda
koma dan nama depan penulis. Judul buku ditulis miring (italic).
Diskusikan
bersama kelompokmu tentang kerangka (perencanaan) poster dengan tema
pubertas. Kamu dapat mengembangkan tema tersebut untuk dibuat judul.
Contohnya tentang tandatanda pubertas, cara mengatasi permasalahan
pubertas dari sisi kesehatan, serta cara mengatasi atau permasalahan
pubertas dari sisi perilaku atau sikap.
Tugas
1. Apa yang dimaksud dengan poster?
2. Informasi apa yang terdapat pada gambar diatas !
3. Sebutkan unsur-unsur dalam pembuatan poster !
Ayo Membaca
Jadi Aktivis Peduli Lingkungan, Bocah Ini Kumpulkan 650 Kg Koran Bekas
Peduli
dengan lingkungan bisa dilakukan siapa saja, tidak terkecuali
anak-anak. Seperti yang dilakukan Flavian Abe Sam, bocah 11 tahun di Abu
Dhabi yang telah mengumpulkan lebih dari 650 kilogram koran bekas dan
60 telepon genggam tak terpakai untuk didaur ulang. “Kita semua harus
melakukan apa yang kita bisa untuk menjaga lingkungan. Sebuah perbuatan
kecil bisa berdampak besar,”
ujar bocah yang masih duduk di bangku kelas 6 sekolah dasar itu.
Apa yang dilakukan Sam itu sebagai bagian dari gerakan daur ulang yang
diprakarsai Kelompok Lingkungan Emirat (EEG) dalam kampanye ‘Recycle,
Reforest, Repeat’. Sam yang tercatat sebagai siswa di Sekolah Dasar Al
Wathba di Abu Dhabi, memulai keikutsertaannya dalam gerakan itu dengan
menyumbang 450 kg koran bekas. Kemudian kembali lagi dengan 200 kg koran
bekas lainnya.
Sam, dikutip dari Gulfnews, mulai tertarik pada gerakan lingkungan di
usia enam tahun saat dirinya mengikuti kegiatan serupa di sekolah.
Setelahnya, Sam mulai kerap mengikuti kampanye lingkungan seperti
mengumpulkan kertas dan kaleng bekas, serta penghijauan. Sam bahkan
mendatangi sejumlah toko elektronik untuk mengumpulkan telepon genggam
tak terpakai. ”Aku pernah membaca tentang telepon genggam bekas yang
harus dibuang secara khusus karena mengandung racun,” ujarnya.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut. Tuliskan pada kolom yang telah
tersedia!
4. Apa judul bacaan di atas?
5. Apa kata kunci pada judul bacaan di atas? Sebutkan dua kata kunci pada
judul bacaan di atas!
6. Apa informasi dari bacaan berdasarkan kata kunci?
PEMBELAJARAN 6
1. Contoh kewajiban di rumah yang sudah kamu laksanakan.
Beberapa contoh kewajibanku di rumah yang sudah dilaksanakan antara lain :
Membersihkan dan merapikan tempat tidur
Menjaga kebersihan lingkungan rumah
Menyapu rumah, beranda/teras rumah, halaman rumah
Menyiram tanaman/bunga
Memberi makan hewan peliharaan/hewan ternak
Membantu jaga toko orang tua
2. Manfaat yang kamu peroleh dengan melaksanakan kewajiban secara bertanggung jawab.
Beberapa manfaat yang saya peroleh dengan melaksanakan kewajiban secara bertanggung jawab anata lain sebagai berikut :
Melatih disiplin dan tanggung jawab
Mempermudah/memperlancar kegiatan sehari-hari
Menyenangkan orangtua
Mendapat kepercayaan orang tua dan saudara
Mendapat kepuasan pribadi karena mampu melaksanakan
3. Hal-hal yang perlu diperbaiki dalam melaksanakan kewajiban.
Beberapa hal yang perlu diperbaiuki dalam melaksanakan kewajiban antara lain :
Harus lebih rutin dan berkelanjutan
Harus lebih ikhlas tanpa paksaan
Harus lebih bersemangat
Harus dilakukan dengan riang gembira
Tuliskan pada selembar kertas. Kemudian, ceritakanlah di depan teman-temanmu.
Setiap
keluarga mempunyai peraturan yang dibuat secara bersama-sama oleh
anggota keluarga dengan dipimpin kepala keluarga (ayah). Peraturan dalam
keluarga mengikat semua anggota keluarga untuk melaksanakannya secara
bertanggung jawab. Dengan adanya kesadaran setiap anggota keluarga dalam
melaksanakan kewajiban akan tercipta ketertiban, ketenangan, dan
keharmonisan dalam keluarga.
Kamu telah
mengenal banyak kewajiban, baik kewajiban sebagai anggota keluarga,
warga sekolah, maupun sebagai warga negara Indonesia. Selain itu, kamu
mempunyai kewajiban terhadap diri sendiri dan lingkungan. Contoh
kewajiban terhadap diri sendiri adalah menjaga kesehatan dengan
memperhatikan pola makan sehat. Cermati bacaan dengan judul “Bahaya
Jajanan tidak sehat di Sekitar Sekolah”. Sebelum mencermati bacaan
lakukan kegiatan berikut.
Ada
bacaan dengan judul “Bahaya Jajanan tidak Sehat di Sekitar Sekolah”.
Coba temukan kata kunci pada judul tersebut. Lalu tuliskan kata kunci
tersebut ke dalam kolom di bawah ini. Tuliskan juga perkiraan informasi
yang terdapat pada teks berdasarkan kata kunci yang kamu temukan.
No | Kata Kunci | Perkiraan Informasi yang terdapat dalam Teks Berdasarkan Kata Kunci |
1. | Bahaya pangan jajanan tidak sehat di sekitar sekolah. Bahaya pangan jajanan | Dalam
5 tahun terakhir Badan POM (Pengawas Obat dan Makanan), menunjukkan
banyak jajanan anak sekolah yang tidak sehat berkisar 40-44%. Siswa
cenderung lebih tertarik dengan makanan berwarna cerah yang berbahaya. |
2. | Jajanan anak sekolah yang tidak sehat . Bahaya jajanan anak sekolah yang tidak sehat | Jajanan
berbahaya mengandung Rhodamin, Formalin, Boraks dan pemanis buatan.
Rhodamin adalah zat pewarna tekstil/kain. Formalin adalah zat pengawet
jenazah. Boraks adalah bahan untuk campuran deterjen. |
Bahaya Jajanan tidak Sehat di Sekitar Sekolah
Terik
matahari seakan membakar siang. Sekelompok siswa SD berhamburan keluar
dari sekolah. Di depan sekolah, berbagai jenis jajanan sudah berjajar
menanti pelanggan ciliknya. Panasnya siang membuat para siswa tak segan
merogoh uang di sakunya untuk membeli minuman dingin berwarna merah
menyala. Sebagian lagi membeli bakso bertusuk lidi yang dicelup ke dalam
saus yang tak kalah merah warnanya. Anak-anak tersebut tidak sadar
betapa bahaya menanti mereka. Mereka tidak paham
bahwa beberapa tahun ke depan merahnya sirup dan saus tersebut akan menggerogoti organ tubuh mereka.
Pengawasan
Badan POM dalam lima tahun terakhir menunjukkan, masih banyak jajanan
anak sekolah yang tidak sehat. Hasil pemantauan pangan jajanan anak
berkisar 40-44 persen mengandung rhodamin, formalin, boraks, serta
pemanis buatan dalam kadar tinggi seringkali ditemukan di antara jajanan
di sekitar SD (Kompas, 31 Januari 2011). Sesungguhnya rhodamin adalah
zat pewarna tekstil, sementara formalin adalah bahan pengawet yang juga
dipakai untuk mengawetkan jenazah, dan boraks adalah bahan kimia yang
kerap dipakai sebagai pencampur dalam pembuatan deterjen. Bayangkan
reaksi organ tubuh kita ketika menerima bahan-bahan kimia berbahaya
tersebut!
Lingkungan di sekitar sekolah
patut mendapat perhatian khusus terhadap bahaya ini. Mengapa? Siswa
sekolah dasar cenderung lebih mudah tertarik dengan makanan yang
berwarna-warni cerah. Oleh karenanya, sangat diharapkan peran sekolah
untuk menyediakan kantin yang menjual makanan sehat. Menyikapi hal ini
BPOM menggalakkan aksi nasional menuju makanan jajanan anak sekolah yang
aman, sehat, dan bergizi. Komunitas sekolah menjadi mitra yang akan
diberdayakan untuk bekerja sama menjalankan aksi ini. Untuk itu orang
tua, siswa, dan sekolah perlu meningkatkan kesadaran akan pentingnya
makanan bergizi serta mengenal tanda-tanda makanan yang tidak aman
dikonsumsi. Mari kita ciptakan generasi sehat melalui makanan yang
sehat!
Ayo Berlatih
Setelah
membaca teks di atas apakah isi bacaan sama dengan isi bacaan sesuai
kata kunci berdasarkan perkiraanmu? Tuliskan jawabanmu pada kotak
berikut!
Isi bacaan setelah membaca semua teks sama dengan isi bacaan sesuai kata kunci.
Ayo Mengamati
7. Manfaat yang kamu peroleh dengan melaksanakan kewajiban secara bertanggung jawab.
8. Apa musik yang dimainkan pada gambar di atas? Dari daerah manakah alat musik tersebut?
Ayo Bernyanyi
Nyanyikan lagu daerah berikut!
Ayo Berlatih
1.
Nyanyikan nada do sampai dengan do tinggi (do`) naik dan turun. Ucapkan
nada secara berulang-ulang. Sambil bernyanyi dengarkan suaramu agar
interval nada tepat.
2. Nyanyikan lagu di atas. Sebelum menyanyikan syair lagu, terlebih dahulu baca dan nyanyikan dengan solmisasi.
3. Bagaimana interval pada lagu di atas? Banyakkah nada-nada yang sama berturut-turut? Ungkapkan pendapatmu.
Pada
lagu mariam tomong terdapat beberapa interval nada misalnya prim (i i, 7
7, 2 2) , Secondo (5 6, 6 7, 3 4) Terts (7 5, 5 3), Kuart (5 i, 4 7).
Banyak nada yang berurut-turut misanya : i i i i , 7 7 7, 5 5 5.
Ayo Mengamati
Amati
isi lagu di atas berdasarkan syairnya. Tanyakan kepada orang yang kamu
anggap tahu. Kamu juga bisa meminta orang dewasa untuk mencari isi lagu
di atas melalui media internet. Kemudian tuliskan dalam kolom berikut
Makna
lagu Mariam Tomong adalah tentang perjuangan seorang putra dan putri
batak dalam mengusir penjajah dari tanah air mereka, dengan menggunakan
senjata berupa meriam bambu layaknya senapan mesin.
Ayo Membaca
Memainkan Interval Nada
Kita
mengenal jarak antara dua nada sebagai interval. Berdasarkan cara
memainkannya interval dibagi menjadi dua, yaitu interval harmonis dan
interval melodis. Interval harmonis adalah dua nada yang dibunyikan
secara bersama. Interval melodis adalah dua nada yang dibunyikan secara
bergantian. Perhatikan contoh berikut.
Interval
melodis terdiri atas interval dari nada rendah ke nada tinggi(ascending
interval ) dan interval dari nada tinggi ke nada rendah descending
interval) Melodi yang baik adalah melodi yang mempunyai interval
terjangkau oleh alat musik atau suara manusia.
Berdasarkan bunyi yang kita dengar, interval memiliki ciri-ciri bunyi sebagai berikut.
- Interval prim ( “prime”). Interval prim hanya terdengar satu nada sehingga terdengar nyaman,contohnya do saja.
- Interval
sekon (“secondo”). Sekon terdiri atas sekon besar dan sekon kecil.
Interval sekon terdengar kurang nyaman, contohnya do-re dan si-do bila
dinyanyikan atau dibunyikan serempak.
- Interval terts, terts besar maupun kecil nyaman didengar pula (konsonan sempurna)(do-mi).
- Interval kuart, kuart murni sesalu nyaman didengar (konsonan sempurna) (do-fa).
- Interval
kuint, kuint murni terdengar nyaman (konsonan sempurna), kuint berlebih
terdengar bagus, kuint berkurang terdengar kurang nyaman (dosol).
- Interval sekst, sekst besar maupun kecil terdengar nyaman (do-la).
- Interval septim, biasanya terdengar kurang nyaman (do-si).
- Interval oktaf, oktaf murni terdengar nyaman (do-do)’.
Ayo Mencoba Siapkan alat musik pianika atau keyboard, lalu mainkan interval harmonis
berikut. Jika tidak ada alat musik tersebut, dapat menggunakan alat musik
di sekitarmu misalnya angklung. Bisa juga menggunakan alat musik buatan
sendiri dari botol bekas atau gelas. Gunakan 7 garis atas botol bekas yang
diisi dengan air dengan ketinggian berbeda. Kemudian, mainkan tangga nada
berikut.
1. Dari tangga nada c saja, c-d-e-f-g-a-b-c`.
2. Kemudian tangga nada berikut.
Setelah
kamu memainkan interval-interval di atas, apa yang kamu rasakan? Apakah
ada interval yang nyaman didengar atau tidak nyaman didengar? Tandai √
pada interval yang nyaman didengar dan tidak nyaman didengar pada tabel
berikut.
No | Interval | Nyaman Didengar | Tidak Nyaman Didengar |
---|
1. | c-c | √ | - |
2. | c-d | - | √ |
3. | c-e | √ | - |
4. | c-f | √ | - |
5. | c-g | √ | - |
6. | c-a | √ | - |
7. | c’-b | - | √ |
8. | c’-g | √ | - |
9. | c’-f | √ | - |
9. Apa makna lagu Mariam Tomong?
10. Sebutkan ciri-ciri interval bunyi !
SILAHKAN KERJAKAN 10 SOAL DIATAS YANG BERWARNA MERAH !
Bagaimana
anak sholih dan sholihah, apakah kalian dapat memahaminya, jika ada
yang belum faham, silahkan kalian bertanya pada bu guru. boleh tanya di
group atau japri
Tulisan yang berwarna merah itu berarti soal. Ada 10 soal.
BalasHapus