MATERI AJAR HARI SELASA, 12 JANUARI 2021
Tema 6 : Menuju Masyarakat Sejahtera
Subtema 2 : Membangun Masyarakat Sejahtera
Mapel : IPA (3.2), Bahasa Indonesia (3.8), SBdP (3.3)
Pembelajaran
ke- : 2 dan 4
Anak
sholih sholihah, di masa pandemi covid seperti saat ini, kalian harus
tetap waspada, pakailah masker terutama saat berada di luar rumah,
rajinlah mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan.
Makanlah makanan bergizi dan istirahat yang cukup, supaya kesehatan
kalian tetap terjaga.
Anak sholih sholihah, mari awali kegiatan hari ini dengan membaca doa, dilanjutkan
murojaah, dan sholat duha.
Mari kita bersiap-siap memulai pembelajaran hari ini. Mintalah bantuan kepada bunda/mama untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan.
Pelajaran hari ini,Tematik tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera subtema 2 Membangun Masyarakat Sejahtera, pembelajaran 2 dan 4
Ayo Membaca
Ragam Tarian di Indonesia
Tari
kreasi adalah tari yang gerakannya merupakan perkembangan dari gerak
tari tradisional. Tari kreasi tidak memiliki aturan tertentu, baik gerak
maupun aspek lainnya yang terdapat dalam tarian.
Ada
tiga jenis tari kreasi yaitu tari kreasi daerah/tradisional, tari
kreasi modern, dan tari kreasi kontemporer. Tari kreasi
daerah/tradisional adalah tari yang mengalami perubahan dari tari
tradisi, baik bentuk, gerak, ataupun aspek lainnya tetapi tetap dalam
konteks ciri khas dari daerah tersebut. Tari kreasi modern adalah tari
yang tidak memiliki aturan tertentu, baik dalam bentuk gerak ataupun
aspek lainnya. Tari kontemporer adalah tarian yang dibuat berdasarkan
isu yang beredar pada waktu tertentu.
Bentuk
karya tari kreasi dapat berupa bentuk tari tunggal, tari berpasangan,
dan tari kelompok. Tari tunggal adalah karya tari yang diperagakan oleh
seorang penari. Tari berpasangan adalah karya tari yang diperagakan oleh
dua orang penari. Adapun tari kelompok adalah karya tari yang
diperagakan oleh lebih dari dua penari.
Ayo Berdiskusi
Bacalah
dengan cermat teks nonfiksi di atas. Selanjutnya, tuliskan informasi penting yang terdapat dalam teks nonfiksi
berdasarkan gagasan utama pada setiap paragrafnya.
Paragraf | Gagasan Utama Setiap Paragraf |
1 | Pengertian tari kreasi |
2 | Jenis tari kreasi |
3 | Bentuk karya tari kreasi |
Tari
Merak berasal dari daerah Pasundan Jawa Barat. Tari Merak menggambarkan
ekspresi kehidupan burung merak. Tata cara dan gerak tari terinspirasi
dari kehidupan merak yang diangkat ke pentas oleh seniman Sunda, Raden
Tjetje Somantri.
Tarian
daerah merupakan akar budaya nasional. Oleh karena itu, kamu berhak dan
wajib melestarikan tarian daerah dengan cara mempelajarinya tanpa
membedakan asal daerah setiap tarian. Melestarikan tarian daerah berarti
melestarikan budaya nasional.
2.
Pengelompokan usia anak-anak dan remaja merupakan bagian dari tahapan
perkembangan manusia. Manusia akan mengalami beberapa tahapan
perkembangan, mulai dari sebelum lahir, bayi, kanak-kanak (anak-anak),
puber, remaja, dewasa, dan usia lanjut. Kamu yang berusia 10-11 tahun
termasuk masa awal pubertas. Bagaimanakah perbedaan masa kanak-kanak dan
pubertas itu?
Perbedaan masa
anak-anak dan masa pubertas terletak pada aktifnya sejumlah hormon.
Hormon yang aktif ini kemudian membuat anak-anak memasuki masa pubertas
yang ditandai dengan sejumlah perubahan antara lain sebagai berikut:
- Dada pada anak pria tumbuh menjadi lebih lebar atau bidang
- Pinggul pada wanita melebar
- Suara pada anak pria mulai berubah menjadi lebih berat sementara pada wanita menjadi lebih melengking.
- Mulai berjerawat, tumbuh rambut di area tertentu
- Dada pada wanita mulai menonjol sementara jakun pada pria mulai nampak (sebagian tidak terlalu terlihat.
Coba diskusikan dengan teman-temanmu mengenai ciri-ciri berikut.
3. Ciri-ciri masa kanak-kanak bagi anak laki-laki.
4. Ciri-ciri masa kanak-kanak bagi anak perempuan.
5. Ciri-ciri masa pubertas bagi anak laki-laki.
6. Ciri-ciri masa pubertas bagi anak perempuan.
No. | Ciri-ciri Masa Kanak-kanak bagi Anak Laki-laki | Ciri-ciri Masa Pubertas bagi Anak Laki-laki |
1. | Belum tumbuh rambut halus di ketiak dan alat kelamin | Tumbuhnya rambut halus di ketiak dan alat kelamin |
2. | Suara belum membesar | Suara jadi membesar |
3. | Belum tumbuh jakun | Tumbuh jakun |
4. | Belum tumbuh kumis, jambang, dan janggut | Tumbuh kumis, jambang, dan janggut |
No | Ciri-ciri Masa Kanak-kanak bagi Anak Perempuan | Ciri-ciri Masa Pubertas bagi Anak Perempuan |
1. | Belum tumbuh rambut halus di ketiak dan alat kelamin | Tumbuhnya rambut halus di ketiak dan alat kelamin |
2. | Suara belum melengking | Suara jadi melengking |
3. | Payudara belum membesar | Payudara membesar |
4. | Panggul belum membesar | Panggul membesar |
Ayo MenulisKamu
telah memahami perbedaan ciri masa kanak-kanak dan masa pubertas.
Sekarang kenali dirimu berdasarkan ciri-ciri masa kanak-kanak dan masa
pubertas pada tabel di atas. Selanjutnya, tuliskan kesimpulan masa yang
sedang kamu alami saat ini, masih masa kanak-kanak atau sudah masa
pubertas.
PEMBELAJARAN 4
Udin mempunyai kakak sepupu laki-laki yang bernama Arif. Mereka sering
bermain bersama. Wajah Udin dan Arif mirip bak pinang dibelah dua. Hanya
ada beberapa perbedaan di antara mereka. Dari segi umur, Udin tiga
tahun lebih muda daripada Arif. Kumis Udin belum tumbuh, sedangkan kumis
Arif mulai tumbuh tipis. Suara Arif lebih besar daripada suara Udin.
Jakun Arif juga sudah tampak besar. Itulah perbedaan udin yang masih
anakanak dan Arif yang sudah masuk masa pubertas. Nah, apa perbedaan
masa anak-anak dengan masa puber?
Arif main ke
rumah Udin. Mereka berbincang tentang banyak hal. Mulai dari pelajaran
di sekolah sampai acara televisi yang sedang mereka tonton. Mereka
tampak seperti kakak adik yang hidup rukun. Melihat ciri fisik Udin dan
Arif tampak perbedaan antara masa anak-anak (kanak-kanak) dan masa
pubertas.
Ayo Membaca
Tari Klana Topeng
Tari
Klana Topeng merupakan bentuk karya tari tunggal. Tari ini berasal dari
Daerah Istimewa Yogyakarta. Tari Klana Topeng pada umumnya ditarikan
oleh penari putra. Tema yang menjadi sumber tarian ini mengambil dari
cerita panji. Cerita itu tentang Raja Klana Sewandana yang sedang jatuh
cinta.
Gerak-gerik
tarinya menggambarkan Prabu Klana yang sedang menghias diri. Ada gerak
mengatur rambut. Ada gerak menghias kumis. Ada gerak menata pakaian. Ada
juga gerak sedang bercermin. Iringan yang mengiringi tarian yaitu
seperangkat gamelan Jawa.
Penari saat
mempertunjukkan Tari Klana Topeng menggunakan busana, di antaranya
celana, kain, sabuk, selendang, penutup kepala, hiasan dada, hiasan
tangan, dan hiasan kaki. Tari Klana Topeng ditarikan kurang lebih selama
lima belas menit. Penari menggunakan topeng selama menarikan Tari Klana
Topeng. Pemakaian topeng oleh penari secara terus menerus selama
menarikan tarian ini sehingga membuat kagum para penonton. Penari tetap
bersemangat dan lincah dalam bergerak meskipun memakai topeng.
Ayo MengamatiApakah
kamu pernah memperagakan karya tari bentuk tunggal? Karya tari apa yang
pernah kamu peragakan? Amatilah gerak tari kreasi bentuk tunggal
berikut.
- Melangkah maju, kepala menengok mengikuti langkah kaki. Lakukan gerakan 8 x 2 hitungan
- Mengangkat
kaki kanan diangkat, lalu ditapakkan. Kemudian, kaki kanan ditapakkan
ke samping, lalu jinjit di belakang kaki kiri. Lakukan gerakan 4 x 8
hitungan.
Tuliskan unsur-unsur tari dari
tarian yang kamu amati.
Hasil Pengamatan |
Nama Tarian | : | Gambir Anom |
Asal daerah Tarian | : | Jawa Tengah |
Unsur Karya tari yang diamati | : | Raga, irama, tata rias, properti |
Tanggapan terhadap karya tari | : | Tarian
ini menceritakan tentang tokoh Irawan yang sedang jatuh cinta. Tarian
ini memamerkan gerakan yang gemulai juga sedikit gerakan pantonim.
Properti tari yang digunakan berupa sampur. |
Hasil Pengamatan |
Nama Tarian | : | Tari Jaipong |
Asal daerah Tarian | : | Jawa Barat |
Unsur Karya tari yang diamati | : | Raga, irama, tata rias, properti |
Tanggapan terhadap karya tari | : | Tari
jaipong juga melambangkan kebebasan dan pemberontakan melalui
gerakan-gerakan tangan, kepala, tubuh, dan kaki secara leluasa. Bisa
kita perhatikan dalam gerakan pencak silat yang dikreasikan ke dalam
jaipong. Properti yang digunakan berupa sampur yang diletakkan di leher
para penari |
Hasil Pengamatan |
Nama Tarian | : | Tari Bondan |
Asal daerah Tarian | : | Surakarta, Jawa Tengah |
Unsur Karya tari yang diamati | : | Raga, irama, properti |
Tanggapan terhadap karya tari | : | Tarian
ini menggambarkan kasih sayang seorang ibu pada anaknya. Para penari
menari di atas kendi sambil memutar-mutar kendi yang diinjak serta
memainkan payung yang dibawanya. Properti yang digunakan adalah payung
kertas, kendil dan boneka bayi yang di gendong penari |
Hasil Pengamatan |
Nama Tarian | : | Tari Dewi Anjasmara |
Asal daerah Tarian | : | Jawa Barat |
Unsur Karya tari yang diamati | : | Raga, irama, pola lantai |
Tanggapan terhadap karya tari | : | Tari
Dewi Anjasmara ini menggambarkan Anjasmara putri yang mulia dari saga
Jawa, tentang Damarwulan dan lawannya Minak Jinggo. Gerakan dalam tarian
menggambarkan saat Putri Anjasmara berdandan sebelum bertemu dengan
Damarwulan. Gerakangerakannya terdiri atas gerakan memakai bedak,
menyisir rambut, merapikan alis mata, menggunakan anting, dan bercermin.
Properti yang digunakan penari adalah sampur. | |
Hasil Pengamatan |
Nama Tarian | : | Tari Trunajaya |
Asal daerah Tarian | : | Bali |
Unsur Karya tari yang diamati | : | Raga, irama, pola lantai, tata rias |
Tanggapan terhadap karya tari | : | Tari Teruna Jaya |
adalah
suatu tarian yang berasal dari daerah Bali Utara Kabupaten Buleleng,
yang menceritakan seorang pemuda yang menginjak dewasa dengan tampilan
ekspresi kuat, emosional tinggi, serta ulahnya yang energik dalam
memikat hati seorang wanita. Properti yang digunakan adalah “kepet” atau
sekarang di sebut dengan kipas. | | | | |
TUGAS TEMATIK
SBdP
Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat !
1. Indonesia
kaya akan budaya di antaranya karya tari. Setiap daerah memiliki karya
tari kreasi yang berbeda-beda. Tahukah anak-anak, Apakah yang dimaksud tari kreasi?
2. Berdasarkan teks" Ragam Tarian di Indonesia" Ada berapakah jenis tari kreasi? Jelaskan !
IPA
Sudahkah Kamu Masuk Masa Pubertas?
Masa
pubertas dapat dibedakan dengan masa kanak-kanak atau anak-anak. Untuk
mengetahui kamu saat ini sudah memasuki masa pubertas atau masih
anak-anak, dapat kamu lakukan dengan menjawab secara jujur
pertanyaan-pertanyaan dalam tabel berikut. Isi tabel dengan tanda centang
(√) pada kolom yang tersedia. Untuk kolom kesimpulan isi berdasarkan
jawaban atas lima pertanyaan yang tersedia.
Jika
jawaban lebih banyak pada kolom “Sudah” berarti kesimpulannya kamu
sudah memasuki masa pubertas. Sebaliknya, jika jawaban lebih banyak pada
kolom “Belum” berarti kamu masih anak-anak (kanak-kanak).
NO. 3
NO. 4
Tuliskan pula alasan dari kesimpulanmu.
Hasil Kesimpulan:
Saat ini saya duduk di kelas VI dan berusia ..... tahun. berarti sekarang saya .......... (sudah/belum) mengalami masa remaja.
Alasan :
Pada diri saya .........(sudah/belum) terjadi beberapa perubahan seperti suara mulai membesar, mulai tumbuh jakun, dan dada mulai membidang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar