Selasa, 12 Januari 2021

TEMA 6 SUB 2 PB 2 DAN 4

MATERI AJAR HARI SELASA, 12 JANUARI 2021

Tema 6                      : Menuju Masyarakat Sejahtera

Subtema 2                : Membangun Masyarakat Sejahtera

Mapel                       : IPA (3.2),  Bahasa Indonesia (3.8), SBdP (3.3)

      Pembelajaran ke-      : 2 dan 4

 

Anak sholih sholihah, di masa pandemi covid seperti saat ini,  kalian harus tetap waspada, pakailah masker terutama saat berada di luar rumah, rajinlah mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan  kegiatan. Makanlah makanan bergizi dan istirahat yang cukup, supaya kesehatan kalian tetap terjaga.  

 

Anak sholih sholihah, mari awali kegiatan hari ini dengan membaca doa, dilanjutkan murojaah, dan sholat duha. 

 

Mari kita bersiap-siap  memulai pembelajaran hari ini. Mintalabantuan kepada bunda/mama untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan.

 

Pelajaran hari ini,Tematik tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera subtema 2 Membangun Masyarakat Sejahtera, pembelajaran 2 dan 4

Ayo Membaca
Ragam Tarian di Indonesia
Tari kreasi adalah tari yang gerakannya merupakan perkembangan dari gerak tari tradisional. Tari kreasi tidak memiliki aturan tertentu, baik gerak maupun aspek lainnya yang terdapat dalam tarian.

Ada tiga jenis tari kreasi yaitu tari kreasi daerah/tradisional, tari kreasi modern, dan tari kreasi kontemporer. Tari kreasi daerah/tradisional adalah tari yang mengalami perubahan dari tari tradisi, baik bentuk, gerak, ataupun aspek lainnya tetapi tetap dalam konteks ciri khas dari daerah tersebut. Tari kreasi modern adalah tari yang tidak memiliki aturan tertentu, baik dalam bentuk gerak ataupun aspek lainnya. Tari kontemporer adalah tarian yang dibuat berdasarkan isu yang beredar pada waktu tertentu.

Bentuk karya tari kreasi dapat berupa bentuk tari tunggal, tari berpasangan, dan tari kelompok. Tari tunggal adalah karya tari yang diperagakan oleh seorang penari. Tari berpasangan adalah karya tari yang diperagakan oleh dua orang penari. Adapun tari kelompok adalah karya tari yang diperagakan oleh lebih dari dua penari.

Ayo Berdiskusi
Bacalah dengan cermat teks nonfiksi di atas. Selanjutnya, tuliskan informasi penting yang terdapat dalam teks nonfiksi berdasarkan gagasan utama pada setiap paragrafnya.
ParagrafGagasan Utama Setiap Paragraf
1Pengertian tari kreasi
2Jenis tari kreasi
3Bentuk karya tari kreasi

Tari Merak berasal dari daerah Pasundan Jawa Barat. Tari Merak menggambarkan ekspresi kehidupan burung merak. Tata cara dan gerak tari terinspirasi dari kehidupan merak yang diangkat ke pentas oleh seniman Sunda, Raden Tjetje Somantri.
Tari Tunggal


Tarian daerah merupakan akar budaya nasional. Oleh karena itu, kamu berhak dan wajib melestarikan tarian daerah dengan cara mempelajarinya tanpa membedakan asal daerah setiap tarian. Melestarikan tarian daerah berarti melestarikan budaya nasional.

2. Pengelompokan usia anak-anak dan remaja merupakan bagian dari tahapan perkembangan manusia. Manusia akan mengalami beberapa tahapan perkembangan, mulai dari sebelum lahir, bayi, kanak-kanak (anak-anak), puber, remaja, dewasa, dan usia lanjut. Kamu yang berusia 10-11 tahun termasuk masa awal pubertas. Bagaimanakah perbedaan masa kanak-kanak dan pubertas itu?
Perbedaan masa anak-anak dan masa pubertas terletak pada aktifnya sejumlah hormon. Hormon yang aktif ini kemudian membuat anak-anak memasuki masa pubertas yang ditandai dengan sejumlah perubahan antara lain sebagai berikut:
  1. Dada pada anak pria tumbuh menjadi lebih lebar atau bidang
  2. Pinggul pada wanita melebar
  3. Suara pada anak pria mulai berubah menjadi lebih berat sementara pada wanita menjadi lebih melengking.
  4. Mulai berjerawat, tumbuh rambut di area tertentu
  5. Dada pada wanita mulai menonjol sementara jakun pada pria mulai nampak (sebagian tidak terlalu terlihat.

Coba diskusikan dengan teman-temanmu mengenai ciri-ciri berikut.
3. Ciri-ciri masa kanak-kanak bagi anak laki-laki.
4. Ciri-ciri masa kanak-kanak bagi anak perempuan.
5. Ciri-ciri masa pubertas bagi anak laki-laki.
6. Ciri-ciri masa pubertas bagi anak perempuan.
No.Ciri-ciri Masa Kanak-kanak bagi Anak Laki-lakiCiri-ciri Masa Pubertas bagi Anak Laki-laki
1.Belum tumbuh rambut halus di ketiak dan alat kelaminTumbuhnya rambut halus di ketiak dan alat kelamin
2.Suara belum membesarSuara jadi membesar
3.Belum tumbuh jakunTumbuh jakun
4.Belum tumbuh kumis, jambang, dan janggutTumbuh kumis, jambang, dan janggut
NoCiri-ciri Masa Kanak-kanak bagi Anak PerempuanCiri-ciri Masa Pubertas bagi Anak Perempuan
1.Belum tumbuh rambut halus di ketiak dan alat kelaminTumbuhnya rambut halus di ketiak dan alat kelamin
2.Suara belum melengkingSuara jadi melengking
3.Payudara belum membesarPayudara membesar
4.Panggul belum membesarPanggul membesar

Ayo Menulis
Kamu telah memahami perbedaan ciri masa kanak-kanak dan masa pubertas. Sekarang kenali dirimu berdasarkan ciri-ciri masa kanak-kanak dan masa pubertas pada tabel di atas. Selanjutnya, tuliskan kesimpulan masa yang sedang kamu alami saat ini, masih masa kanak-kanak atau sudah masa pubertas.


PEMBELAJARAN 4
Udin mempunyai kakak sepupu laki-laki yang bernama Arif. Mereka sering bermain bersama. Wajah Udin dan Arif mirip bak pinang dibelah dua. Hanya ada beberapa perbedaan di antara mereka. Dari segi umur, Udin tiga tahun lebih muda daripada Arif. Kumis Udin belum tumbuh, sedangkan kumis Arif mulai tumbuh tipis. Suara Arif lebih besar daripada suara Udin. Jakun Arif juga sudah tampak besar. Itulah perbedaan udin yang masih anakanak dan Arif yang sudah masuk masa pubertas. Nah, apa perbedaan masa anak-anak dengan masa puber?

Arif main ke rumah Udin. Mereka berbincang tentang banyak hal. Mulai dari pelajaran di sekolah sampai acara televisi yang sedang mereka tonton. Mereka tampak seperti kakak adik yang hidup rukun. Melihat ciri fisik Udin dan Arif tampak perbedaan antara masa anak-anak (kanak-kanak) dan masa pubertas.


Ayo Membaca
Tari Klana Topeng
Tari Klana Topeng merupakan bentuk karya tari tunggal. Tari ini berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Tari Klana Topeng pada umumnya ditarikan oleh penari putra. Tema yang menjadi sumber tarian ini mengambil dari cerita panji. Cerita itu tentang Raja Klana Sewandana yang sedang jatuh cinta.
Tari Klana Topeng
 
Gerak-gerik tarinya menggambarkan Prabu Klana yang sedang menghias diri. Ada gerak mengatur rambut. Ada gerak menghias kumis. Ada gerak menata pakaian. Ada juga gerak sedang bercermin. Iringan yang mengiringi tarian yaitu seperangkat gamelan Jawa.

Penari saat mempertunjukkan Tari Klana Topeng menggunakan busana, di antaranya celana, kain, sabuk, selendang, penutup kepala, hiasan dada, hiasan tangan, dan hiasan kaki. Tari Klana Topeng ditarikan kurang lebih selama lima belas menit. Penari menggunakan topeng selama menarikan Tari Klana Topeng. Pemakaian topeng oleh penari secara terus menerus selama menarikan tarian ini sehingga membuat kagum para penonton. Penari tetap bersemangat dan lincah dalam bergerak meskipun memakai topeng.

Ayo Mengamati
Apakah kamu pernah memperagakan karya tari bentuk tunggal? Karya tari apa yang pernah kamu peragakan? Amatilah gerak tari kreasi bentuk tunggal berikut.
Tari Topeng Klana
  1. Melangkah maju, kepala menengok mengikuti langkah kaki. Lakukan gerakan 8 x 2 hitungan
  2. Mengangkat kaki kanan diangkat, lalu ditapakkan. Kemudian, kaki kanan ditapakkan ke samping, lalu jinjit di belakang kaki kiri. Lakukan gerakan 4 x 8 hitungan.

Tuliskan unsur-unsur tari dari tarian yang kamu amati.
Hasil Pengamatan
Nama Tarian : Gambir Anom
Asal daerah Tarian:Jawa Tengah
Unsur Karya tari yang diamati:Raga, irama, tata rias, properti
Tanggapan terhadap karya tari:Tarian ini menceritakan tentang tokoh Irawan yang sedang jatuh cinta. Tarian ini memamerkan gerakan yang gemulai juga sedikit gerakan pantonim. Properti tari yang digunakan berupa sampur.
Hasil Pengamatan
Nama Tarian : Tari Jaipong
Asal daerah Tarian:Jawa Barat
Unsur Karya tari yang diamati:Raga, irama, tata rias, properti
Tanggapan terhadap karya tari:Tari jaipong juga melambangkan kebebasan dan pemberontakan melalui gerakan-gerakan tangan, kepala, tubuh, dan kaki secara leluasa. Bisa kita perhatikan dalam gerakan pencak silat yang dikreasikan ke dalam jaipong. Properti yang digunakan berupa sampur yang diletakkan di leher para penari
Hasil Pengamatan
Nama Tarian : Tari Bondan
Asal daerah Tarian:Surakarta, Jawa Tengah
Unsur Karya tari yang diamati:Raga, irama, properti
Tanggapan terhadap karya tari:Tarian ini menggambarkan kasih sayang seorang ibu pada anaknya. Para penari menari di atas kendi sambil memutar-mutar kendi yang diinjak serta memainkan payung yang dibawanya. Properti yang digunakan adalah payung kertas, kendil dan boneka bayi yang di gendong penari
Hasil Pengamatan
Nama Tarian : Tari Dewi Anjasmara
Asal daerah Tarian:Jawa Barat
Unsur Karya tari yang diamati:Raga, irama, pola lantai
Tanggapan terhadap karya tari:Tari Dewi Anjasmara ini menggambarkan Anjasmara putri yang mulia dari saga Jawa, tentang Damarwulan dan lawannya Minak Jinggo. Gerakan dalam tarian menggambarkan saat Putri Anjasmara berdandan sebelum bertemu dengan Damarwulan. Gerakangerakannya terdiri atas gerakan memakai bedak, menyisir rambut, merapikan alis mata, menggunakan anting, dan bercermin. Properti yang digunakan penari adalah sampur. 
Hasil Pengamatan
Nama Tarian : Tari Trunajaya
Asal daerah Tarian:Bali
Unsur Karya tari yang diamati:Raga, irama, pola lantai, tata rias
Tanggapan terhadap karya tari:Tari Teruna Jaya
adalah suatu tarian yang berasal dari daerah Bali Utara Kabupaten Buleleng, yang menceritakan seorang pemuda yang menginjak dewasa dengan tampilan ekspresi kuat, emosional tinggi, serta ulahnya yang energik dalam memikat hati seorang wanita. Properti yang digunakan adalah “kepet” atau sekarang di sebut dengan kipas.    
 
 
 
 TUGAS TEMATIK
 
SBdP
Jawablah pertanyaan berikut  dengan tepat !
1. Indonesia kaya akan budaya di antaranya karya tari. Setiap daerah memiliki karya tari kreasi yang berbeda-beda. Tahukah anak-anak, Apakah yang dimaksud tari kreasi?
 
2.  Berdasarkan teks" Ragam Tarian di Indonesia" Ada berapakah jenis tari kreasi? Jelaskan !
 
IPA
Sudahkah Kamu Masuk Masa Pubertas?
Masa pubertas dapat dibedakan dengan masa kanak-kanak atau anak-anak. Untuk mengetahui kamu saat ini sudah memasuki masa pubertas atau masih anak-anak, dapat kamu lakukan dengan menjawab secara jujur pertanyaan-pertanyaan dalam tabel berikut. Isi tabel dengan tanda centang (√) pada kolom yang tersedia. Untuk kolom kesimpulan isi berdasarkan jawaban atas lima pertanyaan yang tersedia.

Jika jawaban lebih banyak pada kolom “Sudah” berarti kesimpulannya kamu sudah memasuki masa pubertas. Sebaliknya, jika jawaban lebih banyak pada kolom “Belum” berarti kamu masih anak-anak (kanak-kanak).
 
NO. 3

NO. 4

Tuliskan pula alasan dari kesimpulanmu.

Hasil Kesimpulan:
Saat ini saya duduk di kelas VI dan berusia ..... tahun. berarti sekarang saya .......... (sudah/belum) mengalami masa remaja.
Alasan : 
Pada diri saya .........(sudah/belum) terjadi beberapa perubahan seperti suara mulai membesar, mulai tumbuh jakun, dan dada mulai membidang.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar Jum'at, 22 November 2024

  Hari / Tanggal                   :  Jum'at, 22 November 2024 Kelas                                 :  2A Mata Pelajaran               ...