RINGKASAN TEMA 7
RINGKASAN TEMA 7
PPKN
- Budaya merupakan segala sesuatu yang
dihasilkan oleh akal budi manusia. Budaya bisa berupa sesuatu yang sudah
menjadi kebiasaan dan sukar diubah. Budaya dapat menjadi identitas suatu
bangsa.
- Indonesia terdiri dari berbagai suku, agama,
ras, dan budaya.
- Faktor yang memengaruhi keragaman
bangsa Indonesia :
·
Faktor
keturunan
·
Faktor
perbedaan kondisi geografis
·
Faktor
sejarah dan pengaruh kebudayaan luar
- Sikap terhadap keragaman sosial :
·
Menjaga
kerukunan antarsuku
·
Melestarikan
budaya sendiri dan budaya suku lain
·
Tidak
membeda-bedakan orang dari suku lain
·
Tidak
merendahkan budaya suku lain
- Unsur pembeda antarsuku di Indonesia :
·
Adat
istiadat, Bahasa daerah, system kekerabatan
- Upaya melestarikan kebudayaan nasional
:
·
Mengembangkan
sikap menghormati semua kebudayaan daerah
·
Mengenal
dan mempelajari kebudayaan daerah
·
Mengenal
dan menyebarkan budaya nasional
·
Memelihara
situs-situs dan benda-benda bersejarah
- Nilai kebhinekaan dapat diterapkan
tanpa menghilangkan perbedaan. perbedaan merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa
yang harus disyukuri. Caranya dengan menghormati danmenghargai orang lain.
- Cara menciptakan kerukunan di kelas :
·
Saling
menghargai fisik teman
·
Saling
menghargai kemampuan masing-masing
·
Tetap
berteman meski berbeda suku dan agama
·
Tetap
bbekerja sama meskipun memiliki perbedaan
- Nilai-nilai positif dalam gotong
royong : kebersamaan,persatuan dan
kesatuan, rela berkorban.
- Sikap kepahlawanan yang perlu
diteladani : rela berkorban, berjiwa besar, gigih dan berani.
BAHASA
INDONESIA
-
Teks narasi adalah
teks yang berisi cerita tentang peristiwa sejarah yang terjadi pada masa lalu
yang ditulis sesuai fakta yang terjadi. Teks narasi yang dibaca dapat dibuat
ulasan sebagai penilaian terhadap suatu karya. Ulasan yang baik memuat Judul
teks, bagian yang paling menarik dan informasi penting, pandangan pengulas
tentang teks.
-
Informasi penting
dari teks dapat ditemukan dengan mengelompokkan berdasarkan kata Tanya yakni
apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.
-
Surat yang berisi
pemberitahuan dan permintaan kesediaan seseorang untuk menghadiri suatu acara
atau kegiatan disebut surat undangan. Surat undangan dibagi 3 jenis :
1)
Surat undangan
resmi (digunakan oleh lembaga atau
instansi resmi)
2)
Surat undangan
setengah resmi (dibuat oleh perorangan ditujukan kepada instansi atau
organisasi
3)
Surat undangan tidak
resmi (dibuat oleh perseorangan dan ditujukan kepada orang lain untuk
menginformasikan kegiatan
-
Bagian-bagian surat
undangan :
·
Kepala surat, nama
dan alamat tujuan, pembuka surat, isi surat, penutup surat
IPA
-
Sifat wujud benda :
·
Benda padat : volume
dan bentuk tetap (kecuali jika diberi perlakuan khusus (dilipat, dikeruk, dsb)
·
Benda cair : Volume
tetap dan bentuk berubah-ubah sesuai wadahnya
·
Benda gas : volume dan
bentuk berubah-ubah
-
Perubahan wujud benda
:
·
Membeku (perubahan
wujud dari cair menjadi padat) karena adanya pendinginan
·
Mencair (perubahan
wujud dari padat menjadi cair) karena adanya pemanasan
·
Menguap (perubahan
wujud dari cair menjadi gas) karena adanya pemanasan
·
Mengembun (perubahan
wujud dari gas menjadi cair) yang terjadi karena benda gas mengalami
pendinginan.
·
Menyublim (perubahan
wujud dari padat menjadi gas) contoh kamfer karena adanya pemanasan
·
Mengkristal
(perubahan wujud dari gas menjadi padat)/ deposisi karena pemanasan.
IPS
-
Peristiwa yang kita
alami mungki peristiwa menyenangkan (yang membuat kit senang ) mungkin pula
peristiwa tidak menyenangkan (yang membuat kita sedih)
-
Peristiwa yang
dialami bangsa Indonesia yang tidak menyenangkan adalah ketika terjadi
penjajahan oleh bangsa Eropa.
-
Faktor utama bangsa
Eropa melakukan penjelajahan samudra adalah untuk mencari rempah-rempah dengan
semboyan mereka 3G (gold,gospel, dan glory)
-
Tahun 1596 belanda
mendarat di Banten di bawah pimpinan Cornelis de Houtman. Tahun 1602 pemerintah
Belanda mendirikan kongsi dagang yang disebut VOC yang bertujuan untuk
menguasai perdagangan dengan melaksanakan monopoli.
-
Pada saat Herman W.
Daendels menjadi gubernur jenderal, ia memberlakukan sistem kerja rodi / kerja
paksa dan mengumpulkan dana untuk menghadapi tentara Inggris.
-
Selanjutnya, pada
saat Inggris berkuasa, di bawah pimpinan T.S. Raffles melakukan system sewa
tanah, di mana petani harus membayar pajak sebagai uang sewa karena menurutnya
semua tanah adalah milik negara.
-
Ketika Belanda
kembali berkuasa, di bawah pimpinan Van Den Bosch memberlakukan sistem tanam
paksa. Rakyat dipaksa menanam kopi untuk diserahkan kepada pemerintah kolonial.
-
Sistem tanam paksa
menimbulkan aksi penentangan dari rakyat dan tokoh bBelanda sendiri. Salah satu
tokoh Belanda yang menentang tanam paksa adalah Douwes Dekker atau Multatuli.
-
Perjuangan Para Tokoh Mengusir Penjajah Portugis :
·
Sultan Alauddin Riayat Syah ( Aceh)
·
Sultan Iskandar Muda ( Aceh)
·
Sultan Hairun (Maluku)
·
Sultan Baabullah (Maluku)
-
Perjuangan Para Tokoh Mengusir Penjajah Belanda :
·
Teuku Umar, Teungku
Cut Ditiro, Cut Nya’ Dien (Aceh)
·
Sisingamangaraja XII
(Sumatera Utara)
·
Sultan Agung (Banten)
·
Perlawanan Rakyat
Bali dipimpin oleh I Gusti Ketut Jelantik
·
Pangeran Antasari
(Kalimantan Selatan)
·
Sultan Hasanuddin
(Sulawesi Selatan)
·
Tuanku Imam Bonjol
(Sumatera Barat)
·
Pangeran Diponegoro
(D.I.Yogyakarta)
-
Faktor penyebab
kegagalan perlawanan terhadap Belanda:
·
Kalah dalam
persenjataan
·
Masih bersifat
kedaerahan dan tidak dilakukan secara serentak
·
Masih bergantung pada
pimpinan
·
Adanya politik adu
domba (devide et impera) dari Belanda
-
Perjuangan bangsa
Indonesia selanjutnya dipimpin oleh kaum terpelajar yang berjuang melalui
organisasi. Organisasi pertama di Indonesia adalah Budi Utomo.
-
Budi Utomo berdiri
tanggal 20 Mei 1908 yang bertujuan untuk memajukan pendidikan. Pelopor
organisasi ini adalah dr. Wahidin Sudirohusodo dan dr. Sutomo (ketua Budi
Utomo).
-
Pada tanggal 28
Oktober 1928 Konres Pemuda Indonesia II yang diadakan di Jakarta memutuskan :
·
Menerima lagu
Indonesia Raya sebagai lagu kebangsaan Indonesia
·
Menerima bendera
merah putih sebagai bendera bangsa Indonesia
·
Semua organisasi
pemuda dilebur menjadi satu bernama Indonesia Muda
·
Mengikrarkan Sumpah
Pemuda
-
Pada tanggal 8 Maret
1942, pemerintah Hindia Belanda menyerah tanpa syarat kepada Jepang. Pendudukan
Jepang berlangsung sekitar 3,5 tahun.
-
Peristiwa penting
seputar proklamasi kemerdekaan :
·
Pembentukan BPUPKI
(Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) tanggal 1 Maret
1945 dengan ketuanya dr. Radjiman Wedyodiningrat. Tugasnya mempersiapkan
organisasi pemerintahan Indonesia merdeka.
·
Pembentukan PPKI
(Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) tanggal 7 Agustus 1945 dengan
ketuanya Ir. Soekarno dan wakilnya Drs. Moh. Hatta. Tugas PPKI adalah
mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.
·
Jepang menyerah
kepada sekutu pada tanggal 15 Agustus 1945 setelah tanggal 6 dan 9 Agustus
1945, sekutu menjatuhkan bom atom di kota Hirosima dan Nagasaki. Menyerahnya
Jepang mengakibatkan kekosongan kekuasaan di Indonesia.
·
Peristiwa
Rengasdengklok tanggal 16 Agustus 1945, di mana golongan muda membawa Ir.
Soekarno dan Drs. Moh. Hatta ke Rengasdengklok (Jawa Barat) karena khawatir
mereka terpengaruh oleh janji Jepang yang ingin memberi kemerdekaan. Setelah
Ahmad Soebarjo meyakinkan para pemuda bahwa proklamasi akan segera dilakukan,
mereka lalu kembali ke Jakarta.
·
Perumusan naskah
proklamasi di rumah Laksamana Muda Maeda (perwira angkatan laut Jepang). Naskah
proklamasi disusun oleh Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, dan Ahmad Soebarjo. Lalu
naskah proklamasi diketik oleh Sayuti Melik. Dan atas usulan Sukarni teks
proklamasi di tanda tangani oleh Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta atas nama
bangsa Indonesia.
·
Pembacaan teks proklamasi
pada hari Jumat tanggal 17 Agustus 1945 tepat pukul 10.00 di Jl.Pegangsaan
Timur No. 56 Jakarta oleh Ir. Soekarno dengan didampingi oleh Drs. Moh. Hatta.
Setelah itu dilanjutkan pengibaran bendera merah putih yang dijahit oleh Ibu
Fatmawati. Pengibarannya dilakukan oleh Suhud dan Latief Hendradiningrat
diiringi lagi Indonesia Raya.
-
Berita pembacaan teks
proklamasi disebarkan melalui pamphlet, menulis pada tembok-tembok, bahkan
disiarkan melalui radio dan surat kabar.
-
Peristiwa heroik
setelah kemerdekaan:
·
Insiden bendera di
Hotel Yamato, Surabaya tanggal 19 September 1945
·
Pertempuran Lima Hari
di Semarang, tokoh yang berjasa adalah Dr. Kariadi
·
Pertempuran 10
November 1945 di Surabaya dengan tokohnya Bung Tomo
·
Pertempuran Ambarawa
(Jawa Tengah) dipimpin oleh Letkol Isdiman dan selanjutnya dipimpin oleh Kol.
Sudirman
·
Pertempuran Medan
Area
·
Pertempuran Margarana
(Bali) dipimpin oleh I Gusti Ngurah Rai
·
Bandung Lautan Api
dengan tokohnya Moh. Toha
·
Serangan Umum 1 Maret 1949 di Yogyakarta
dipimpin oleh Jend. Sudirman
-
Proses Pembentukan
NKRI
·
Pembentukan
kelengkapan pemerintahan
a.
Pada tanggal 18
Agustus 1945, PPKI bersidang dengan hasilnya
o Mengesahkan UUD 1945 sebagai konstitusi RI
o Memilih Ir. Soekarno sebagai presiden dan Drs. Moh. Hatta
sebagai wakil presiden
o Tugas presiden untuk sementara dibantu oleh Komite
Nasional
b. Pada tanggal 19
Agustus 1045 PPKI melaksanakan siding II dengan hasil:
o Menetapkan 12 kementerian
o Membagi wilayah RI menjadi delapan provinsi yakni
Provinsi Sumatera, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Tengah, provinsi Jawa
Timur, Provinsi Sunda Kecil, provinsi Maluku, provinsi Sulawesi, dan provinsi
Kalimantan.
·
Pembentukan Komite
Nasional Indonesia
·
Pembentukan alat
kelengkapan keamanan negara yang disebut BKR (Badan Kemanan Rakyat)
·
Pembentukan lembaga
pemerintahan di seluruh daerah di Indonesia
-
Selain perjuangan
secara fisik, bangsa Indonesia juga
melakukan perjuangan diplomasi untuk
mempertahankan kemerdekaan yakni dengan melakukan perundingan.
1)
Perundingan
Linggarjati (Belanda hanya mengakui daerah Indonesia atas jawa Tengah,
Yogyakarta, sebagian kecil Jawa Barat dan Sumatra)
2)
Perjanjian Renville
(Belanda hanya mengakui daerah Indonesia atas Jawa, Madura dan Sumatra)
3)
Perjanjian Roem Royen
(Pemerintah Indonesia dikembalikan ke Yoyyakarta dan segera akan dilaksanakan
Konferensi Meja Bundar)
-
Konferensi Meja Bundar (KMB) dilaksanakan di Den Haag,
Belanda, pada tanggal 23 Agustus – 2 November 1949. Yang salah satu isinya
adalah : Belanda akan menyerahkan sepenuhnya kedaulatan kepada Republik
Indonesia Serikat pada akhir Desember 1949.
-
Pada tanggal 27
Desember 1949 diadakan pengakuan kedaulatan dari pemerintah Belanda kepada
Republik Indonesia Serikat.
-
Kegiatan positif dalam
mengisi kemerdekaan :
·
Di rumah :
melaksanakan perintah yang diberikan orang tua
·
Di sekolah : mengikuti upacara dengan hikmat dan
disiplin
·
Di masyarakat : aktif
dalam kegiatan masyarakat seperti kerja bakti dan bakti sosial
·
Pembangunan fasilitas
umum seperti : pembangunan jalan, pembangunan jembatan, pembangunan pasar,
pembangunan sekolah, pembangunan tempat ibadah
-
Pancasila berasal
dari Bahasa Sansekerta yaitu Panca (lima) dan sila (dasar). Pancasila artinya
lima dasar. Istilah Pancasila telah dikenal sejak zaman Majapahit dalam kitab
Sutasoma karangan Mpu Tantular.
-
Usulan dasar negara
pada sidang BPUPKI yang pertama dikemukakan oleh :
* Muhammad Yamin
tanggal 29 Mei 1945
* Prof. Dr. Mr.
Soepomo tanggal 31 Mei 1945
* Ir. Soekarno
tanggal 1 Juni 1945
-
Pancasila merupakan
kepribadian dan pandangan hidup bangsa Indonesia yang menjadi dasar negara.
SBDP
-
Lagu wajib adalah
lagu yang berisi perjuangan paara pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan
yang biasanya mengandung unsur patriotic, semangat perjuangan dan ungkapan rasa
syukur kepada Tuhan.
-
Ciri-ciri lagu wajib
:
·
Liriknya menanamkan
sikap cinta tanah air, kepahlawanan, nasionalisme serta rela berkorban
·
Iramanya penuh
semangat
Contoh lagu wajib : Indonesia Raya (W.R.Supratman), Hari
Merdeka (H.Muntahar), Maju Tak Gentar ( C.Simanjuntak), Bagimu Negeri
(Koesbini), Satu Nusa Satu Bangsa (L.Manik) dan Berkibarlah Benderaku (Ibu
Sud), Rayuan Pulau Kelapa (Ismail Marzuki)
-
Lagu wajib Indonesia
Raya dinyanyikan dengan semangat bergelora dengan tanda birama 4/4. Lagu ini
diperdengarkan pada peristiwa Sumpah Pemuda yang dilantunkan dengan gesekan
biola W.R.Supratman.
-
Lagu wajib Tanah
Airku ciptaan Ibu Sud dinyanyikan dengan lambat dan biramanya 4/4
-
Bentuk tarian
dibedakan menjadi
·
Tari perseorangan /
tunggal contohnya : Tari Pendet dari Bali, tari Golek Menak dari Yogyakarta
·
Tari berpasangan
contohnya : Tari Payung dari Sumatera Barat dan tari Serampang Dua Belas dari
Sumater Utara.
·
Tari kelompok
(ditarikan oleh beberapa penari secara bersama-sama) contohnya : tari Saman dari
Aceh, tari Merak dari Jawa dan tari Pakarena dari Sulawesi Selatan.
-
Tarian yang khas dari
suatu daerah disebut tari daerah contoh tari Kipas dari Sulawesi Selatan, tari
Yapong dari DKI Jakarta,Tari Gong dari Kalimantan Timur dll.
-
Seni Rupa daerah Indonesia
:
1)
Seni Lukis Daerah, yang
temanya pada umumnya adalah alam. Contoh
seni lukis kamasan (bertema pewayangan) dari Bali, menggunakan warna alam yang
dicampur dengan perekat. Ada juga seni lukis kaca Cirebon yang dibuat dengan
menggunakan media kaca. Salah satu temanya adalah wayang.
2)
Seni patung daerah
contohnya patung asmat yang dibuat oleh suku asmat di Papua dengan bahanya
adalah kayu bakau. Temanya adalah
penghargaan kepada nenek moyang.
3)
Seni Kriya atau
kerajinan misalnya seni tekstil (batik, songket, dan tenun), seni anyam tikar,
keranjang, bakul, kursi), dan seni ukir (seni ukir Bali dan seni ukir Jepara)
-
kisi kisi soal tema 7
Proklamasi kemerdekaan Indonesia terjadi pada tanggal ….
2. Peristiwa proklamasi kemerdekaan disambut rakyat dengan ….
2. Peristiwa proklamasi kemerdekaan disambut rakyat dengan ….
3. Naskah teks proklamasi diketik oleh ….
4. Bendera Sang Saka Merah Putih dijahit oleh ….
5. Sebelum peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia yaitu pada tanggal
6 dan 9 Agustus 1945, dua kota di Jepang dijatuhi bom atom oleh sekutu.
Dua kota tersebut adalah ….
6. Kalor yang dimiliki oleh sebuah benda bersifat ….
7. Jika kita memasak air di atas kompor, semakin besar energi panas yang diterima air tersebut maka ….
8. Peristiwa di bawah ini yang di dalamnya terjadi peristiwa mencair adalah ….
9. Benda padat di bawah ini mudah mengalami proses mencair karena pengaruh kalor, kecuali ….
a. Kertas b. Lilin c. Karet d. Ban
10. Pada tanggal 16 Agustus 1945 para pemuda membawa Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta ke Rengasdengklok dengan tujuan agar ….
11. Teks proklamasi kemerdekaan Indonesia dirumuskan di rumah ….
11. Teks proklamasi kemerdekaan Indonesia dirumuskan di rumah ….
12. Para pemuda menyebarkan kabar proklamasi kemerdekaan dengan cara berikut ini, kecuali ….
a. Menyebar pamflet
b. Menulis di tembok-tembok
c. Siaran lewat televisi
d. Mengadakan pertemuan
b. Menulis di tembok-tembok
c. Siaran lewat televisi
d. Mengadakan pertemuan
13. Tarian berikut ini yang merupakan tarian tunggal adalah ….
a. Tari Saman b. Tari Kecak c. Tari serampang dua belas c. Tari Serimpi
a. Tari Saman b. Tari Kecak c. Tari serampang dua belas c. Tari Serimpi
14. Tari Kipas Pakarena termasuk jenis tari ….
15. Tari Ketuk Tilu merupakan tarian daerah yang berasal dari Jawa Barat, tari ini termasuk jenis ….
15. Tari Ketuk Tilu merupakan tarian daerah yang berasal dari Jawa Barat, tari ini termasuk jenis ….
16. Peristiwa heroik di Surabaya terjadi di hotel Yamato dikarenakan ….
17. Pertempuran heroik terjadi di Semarang dalam mendukung proklamasi
kemerdekaan. Pertempuran itu telah membuat gugur ribuan pemuda pejuang,
pertempuran tersebut berlangsung selama ….
18. Salah satu tokoh pejuang yang menggerakkan semangat rakyat untuk
melawan tentara sekutu pada pertempuran 10 November 1945 di Surabaya
adalah ….
19. Peristiwa pertempuran Ambarawa yang dipimpin oleh Jenderal Soedirman berakhir dengan ….
20. Indonesia terdiri dari beragam suku dan budaya yang tersebar dari
Sabang sampai merauke, namun hal itu bukan menjadi hal yang menyebabkan
perpecahan bangsa. Negara kita mempunyai semboyan untuk membina
persatuan yaitu ….
21. Sidang pertama PPKI tanggal 18 Agustus 1945 antara lain membuat keputusan penting yaitu ….
a. Menjadikan tanggal 17 Agustus 1945 sebagai hari kemerdekaan
b. Segera mengadakan pemilu untuk memilih presiden Indonesia
c. Mengesahkan Undang-Undang Dasar 1945
d. Membentuk komite nasional untuk membantu tugas presiden
b. Segera mengadakan pemilu untuk memilih presiden Indonesia
c. Mengesahkan Undang-Undang Dasar 1945
d. Membentuk komite nasional untuk membantu tugas presiden
22. Provinsi di bawah ini yang bukan merupakan salah satu dari 8 provinsi di awal kemerdekaan Indonesia adalah ….
a. Sumatra
b. Jakarta
c. Kalimantan
d. Jawa Barat
a. Sumatra
b. Jakarta
c. Kalimantan
d. Jawa Barat
23. Perundingan Linggarjati dan perjanjian Renville adalah bentuk perjuangan bangsa Indonesia dengan jalur ….
a. Diplomasi b. Peperangan c. Gerilya d. Kapitalisasi
a. Diplomasi b. Peperangan c. Gerilya d. Kapitalisasi
24. Para perjanjian Roem Royen dari pihak Indonesia diwakili oleh ….
a. Moh. Hatta b. Van Royen c. Ahmad Soebardjo d. Moh. Roem
a. Moh. Hatta b. Van Royen c. Ahmad Soebardjo d. Moh. Roem
25. Konferensi Meja Bundar terjadi pada tanggal 23 Agustus sampai 2 November 1949 yang bertempat di ….
a. Jakarta, Indonesia b. Zurich, Swiss c. Deen Haag, Belanda d. London, Inggris.
a. Jakarta, Indonesia b. Zurich, Swiss c. Deen Haag, Belanda d. London, Inggris.
B. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR!
1. Tokoh yang membaca proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah ….
2. Tempat pembacaan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah di jalan ….
3. Teks proklamasi kemerdekaan Indonesia ditulis tangan oleh ….
4. Teks proklamasi kemerdekaan Indonesia ditandatangai oleh Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta atas nama ….
5. Lilin menjadi meleleh ketika terbakar, hal ini menunjukkan bahwa lilin tersebut berubah bentuk karena pengaruh dari ….
6. Koran pertama yang menyiarkan berita proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah ….
7. Jenis tarian yang dimainkan oleh banyak orang secara bersama dinamakan tari ….
8. Peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya diperingati sebagai hari ….
9. Sesuai dengan keputusan PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945 bahwa tugas presiden dibantu oleh ….
10. Rakyat Bandung menolak permintaan sekutu untuk menyerahkan senjata
yang diperoleh dari Jepang kemudian membakar kota Bandung dengan tujuan
….
C. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR!
C. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR!
1. Mengapa peristiwa proklamasi kemerdekaan sangat penting dan bersejarah bagi bangsa Indonesia!
Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
2. Tuliskanlah bunyi teks proklamasi kemerdekaan Indonesia!
Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
3. Bagaimana caramu sebagai seorang siswa dalam meneruskan perjuangan para pahlawan dalam mengisi kemerdekaan bangsa Indonesia?
Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
4. Sebutkan peristiwa perjuangan yang terjadi di berbagai wilayah Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan!
Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
5. Sebutkan contoh kegiatan yang bisa membina persatuan di masyarakat!
Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
Jawab : …………………………………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
KUNCI JAWABAN LATIHAN SOAL ULANGAN TEMATIK
KELAS 5 SD TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN
SUBTEMA 2 PERISTIWA KEBANGSAAN SEPUTAR PROKLAMASI KEMERDEKAAN
A. JAWABAN
A. JAWABAN
1. c. 17 Agustus 1945
2. d. Bahagia
3. d. Sayuti Melik
4. a. Ibu Fatmawati
5. b. Hiroshima dan Nagasaki
6. b. Dapat berubah-ubah
7. b. Suhu air semakin tinggi
8. b. Menggoreng mentega
9. a. Kertas
10. b. Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta tidak terpengaruh Jepang
11. c. Laksamana Maeda
12. c. Siaran lewat televisi
13. d. Tari Serimpi
14. c. Tari berkelompok
15. b. Berpasangan
16. a. Belanda mengibarkan bendera merah putih biru
17. a. 5 hari
18. b. Bung Tomo
19. d. Tentara sekutu mampu terusir dari Ambarawa
20. c. Bhineka Tunggal Ika
21. c. Mengesahkan Undang-Undang Dasar 1945
22. b. Jakarta
23. a. Diplomasi
24. d. Moh. Roem
25. c. Deen Haag, Belanda
B. JAWABAN
2. d. Bahagia
3. d. Sayuti Melik
4. a. Ibu Fatmawati
5. b. Hiroshima dan Nagasaki
6. b. Dapat berubah-ubah
7. b. Suhu air semakin tinggi
8. b. Menggoreng mentega
9. a. Kertas
10. b. Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta tidak terpengaruh Jepang
11. c. Laksamana Maeda
12. c. Siaran lewat televisi
13. d. Tari Serimpi
14. c. Tari berkelompok
15. b. Berpasangan
16. a. Belanda mengibarkan bendera merah putih biru
17. a. 5 hari
18. b. Bung Tomo
19. d. Tentara sekutu mampu terusir dari Ambarawa
20. c. Bhineka Tunggal Ika
21. c. Mengesahkan Undang-Undang Dasar 1945
22. b. Jakarta
23. a. Diplomasi
24. d. Moh. Roem
25. c. Deen Haag, Belanda
B. JAWABAN
1. Ir. Soekarno
2. Pegangsaan Timur No. 56
3. Ir. Soekarno
4. Bangsa Indonesia
5. Kalor / Panas
6. Soeara Asia
7. Berkelompok
8. Pahlawan
9. Komite Nasional
10. Agar tidak dikuasai sekutu
2. Pegangsaan Timur No. 56
3. Ir. Soekarno
4. Bangsa Indonesia
5. Kalor / Panas
6. Soeara Asia
7. Berkelompok
8. Pahlawan
9. Komite Nasional
10. Agar tidak dikuasai sekutu
C. JAWABAN
1. Peristiwa proklamasi kemerdekaan sangat penting dan bersejarah bagi
bangsa Indonesia karena mulai pada saat itu Indonesia menjadi negara
yang merdeka dan berdaulat. Sehingga peristiwa proklamasi membuat
Indonesia berhak menentukan nasibnya sendiri dan terbebas dari belenggu
penjajahan bangsa lain.
2. P R O K L A M A S I
Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.
Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan
dengan tjara saksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.
Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan
dengan tjara saksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.
Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05
Atas nama bangsa Indonesia.
Soekarno/Hatta.
Atas nama bangsa Indonesia.
Soekarno/Hatta.
3. Cara sebagai seorang siswa dalam meneruskan perjuangan para pahlawan
dalam mengisi kemerdekaan bangsa Indonesia, antara lain sebagi berikut :
– Belajar dengan rajin
– Berusaha berprestasi dan mengharumkan nama bangsa
– Menjaga persatuan di antara teman-teman
– Menjaga kerukunan antar siswa di sekolah
– Menjadi siswa yang taat dan disipilin
– Belajar dengan rajin
– Berusaha berprestasi dan mengharumkan nama bangsa
– Menjaga persatuan di antara teman-teman
– Menjaga kerukunan antar siswa di sekolah
– Menjadi siswa yang taat dan disipilin
4. Peristiwa perjuangan yang terjadi di berbagai wilayah Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan, antara lain sebagai berikut
– Pertempuran 10 November di Surabaya
– Peristiwa Palagan Ambarawa
– Perisitwa Bandung Lautan Api
– Pertempuran Medan Area
– Pertempuran Puputan Margarana di bali
– Persitiwa Serangan Umum 1 Maret di Yogyakarta
– Pertempuran 10 November di Surabaya
– Peristiwa Palagan Ambarawa
– Perisitwa Bandung Lautan Api
– Pertempuran Medan Area
– Pertempuran Puputan Margarana di bali
– Persitiwa Serangan Umum 1 Maret di Yogyakarta
5. Contoh kegiatan yang bisa membina persatuan di masyarakat antara lain :
– Kerja bakti membersihkan lingkungan
– Kerja bakti menanam pohon
– Gotong royong membantu membangun rumah warga
– Gotong royong membangun jembatan
– Mengadakan ronda malam bersama-sama
– Kerja bakti membersihkan lingkungan
– Kerja bakti menanam pohon
– Gotong royong membantu membangun rumah warga
– Gotong royong membangun jembatan
– Mengadakan ronda malam bersama-sama
Makasih Umi materinya
BalasHapusTerimakasih umi...👍🏻
BalasHapusTerima kasih bu guru...#khalila#
BalasHapus