السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Anak bu guru yang shaleh shalehah tetaplah semangat dalam belajar, jangan lupa berdo'a dan selalu melakukan kebaikan. semoga Allah selalu melindungi kita semua dari penyakit yang sedang mewabah dan kita semua diberi kesehatan lahir bathin
Matematika :
·
Menyajikan data dalam bentuk tabel, diagram gambar (piktogram),
diagram batang, atau diagram garis untuk menyelesaikan masalah
Tema 8 : Lingkungan Sahabat Kita
Subtema 3
Pembelajaran 2
Matematika
Distribusi Frekuensi
Distribusi frekuensi adalah suatu susunan data mulai dari data terkecil sampai
data terbesar yang membagi banyak data kedalam beberapa kelas. Untuk lebih
jelasnya perhatikan data nilai ujian matematika siswa SD berikut:
Distribusi frekuensi adalah suatu susunan data mulai dari data terkecil sampai
data terbesar yang membagi banyak data kedalam beberapa kelas. Untuk lebih
jelasnya perhatikan data nilai ujian matematika siswa SD berikut:
38 64 43 70 57 52 82 78 79 49
76 81 98 87 88 76 63 88 70 48
66 88 79 59 63 60 83 82 60 67
89 65 70 74 99 95 80 59 71 77
75 67 72 90 70 76 93 68 68 86
43 74 73 83 35 60 73 74 81 56
38 92 71 76 86 83 93 65 51 85
72 82 67 71 54 67 61 68 60 54
76 81 98 87 88 76 63 88 70 48
66 88 79 59 63 60 83 82 60 67
89 65 70 74 99 95 80 59 71 77
75 67 72 90 70 76 93 68 68 86
43 74 73 83 35 60 73 74 81 56
38 92 71 76 86 83 93 65 51 85
72 82 67 71 54 67 61 68 60 54
Selanjutnya dilakukan langkah-langkah berikut:
1) Menentukan rentang data yaitu data terbesar dikurangi data terkecil, didapat data terbesar
adalah 99 dan data terkecil adalah 35 sehingga rentang data: (r) = 99 – 35 = 64.
2) Menentukan banyaknya kelas misalnya kita gunakan aturan Sturges, dari data tersebut
banyaknya data n = 80, maka; banyaknya kelas interval:
k = 1 + (3,3) Log n = 1 + (3,3) Log 80= 1 + (3,3)x 1,9031 = 7,2802.
Banyaknya kelas harus bilangan bulat, karena itu kita boleh membuat daftar dengan
banyaknya kelas 7 atau 8 buah.
3) Menentukan panjang kelas interval p, jika banyaknya kelas diambil 7.
P = 64 / 7 = 9,14 dibulatkan ke atas yaitu 10.
4) Pilih ujung bawah kelas, misalnya kita pilih 31. Selanjutnya kita siapkan kolom
tabulasi dan dengan mengambil banyak kelas 7, panjang kelas 10 dan dimulai ujung
bawah kelas pertama sama dengan 31, diperoleh daftar seperti berikut:
1) Menentukan rentang data yaitu data terbesar dikurangi data terkecil, didapat data terbesar
adalah 99 dan data terkecil adalah 35 sehingga rentang data: (r) = 99 – 35 = 64.
2) Menentukan banyaknya kelas misalnya kita gunakan aturan Sturges, dari data tersebut
banyaknya data n = 80, maka; banyaknya kelas interval:
k = 1 + (3,3) Log n = 1 + (3,3) Log 80= 1 + (3,3)x 1,9031 = 7,2802.
Banyaknya kelas harus bilangan bulat, karena itu kita boleh membuat daftar dengan
banyaknya kelas 7 atau 8 buah.
3) Menentukan panjang kelas interval p, jika banyaknya kelas diambil 7.
P = 64 / 7 = 9,14 dibulatkan ke atas yaitu 10.
4) Pilih ujung bawah kelas, misalnya kita pilih 31. Selanjutnya kita siapkan kolom
tabulasi dan dengan mengambil banyak kelas 7, panjang kelas 10 dan dimulai ujung
bawah kelas pertama sama dengan 31, diperoleh daftar seperti berikut:
Latihan
1. Di bawah ini adalah macam-macam sajian data, kecuali ....
A. tabel
B. piktogram
C. diagram
D. sketsa
A. tabel
B. piktogram
C. diagram
D. sketsa
Perhatikan diagram di bawah ini untuk menjawab soal nomor 8 dan 9!
2. Diagram di atas menunjukkan data hasil panen padi Desa Sukamakmur
selama 6 tahun. Dari data di atas hasil panen terbanyak terjadi pada
tahun…A. 2008
B. 2007
C. 2006
D. 2005
3. Pada tahun 2007 hasil panen padi Desa Sukamakmur sebanyak …
A. 100 kuintal
B. 75 kuintal
C. 50 kuintal
D. 25 kuintal
4. Hasil dari nilai ulangan akhir semester ( UAS ) semester satu kelas 5
SD pelajaran matematika SDN Wonotirto adalah sebagai berikut :
60 80 80 90 70 70 60 70
60 60 60 80 90 90 60 60
60 70 70 70 80 80 80 90
80 80 80 70 90 80 70 70
Buatlah tabel dari data di atas!
60 80 80 90 70 70 60 70
60 60 60 80 90 90 60 60
60 70 70 70 80 80 80 90
80 80 80 70 90 80 70 70
Buatlah tabel dari data di atas!
5. Perhatikan diagram berikut ini
Diagram di atas adalah data dari jumlah pengunjung ke Pantai Gemah dari
tanggal 1 sampai tanggl 10 Februari. Dari data pada diagram di atas,
berapa jumlah pengunjung pada tanggal 6 sampai tanggal 10?
TEMA 8 SUB 3 PB2
Hari Air Sedunia
Hari air sedunia (world water day) diperingati setiap tanggal 22 Maret. Dengan adanya peringatan hari air sedunia, kita diingatkan bahwa persediaan air bersih semakin berkurang padahal jumlah penduduk semakin bertambah. Persediaan air bersih semakin berkurang karena cadangan air tanah berkurang. Cadangan air tanah berkurang karena air hujan tidak masuk ke dalam tanah. Sebaliknya, air hujan langsung mengalir ke parit, selokan, lalu ke
sungai dan terus ke laut. Air hujan tidak dapat masuk ke dalam tanah karena tidak ada akar-akar pohon yang dapat menahan air di dalam tanah. Banyak pohon di hutan ditebangi. Lahan-lahan hijau berubah menjadi perumahan, perkantoran, dan kawasan industri.
Hari air sedunia (world water day) diperingati setiap tanggal 22 Maret. Dengan adanya peringatan hari air sedunia, kita diingatkan bahwa persediaan air bersih semakin berkurang padahal jumlah penduduk semakin bertambah. Persediaan air bersih semakin berkurang karena cadangan air tanah berkurang. Cadangan air tanah berkurang karena air hujan tidak masuk ke dalam tanah. Sebaliknya, air hujan langsung mengalir ke parit, selokan, lalu ke
sungai dan terus ke laut. Air hujan tidak dapat masuk ke dalam tanah karena tidak ada akar-akar pohon yang dapat menahan air di dalam tanah. Banyak pohon di hutan ditebangi. Lahan-lahan hijau berubah menjadi perumahan, perkantoran, dan kawasan industri.
Berkurangnya cadangan air tanah mengakibatkan banyak mata air kering. Sumur-sumur gali pun cepat kering pada musim kemarau. Akibatnya, penduduk di daerah perdesaan kesulitan mendapatkan air bersih untuk keperluan sehari-hari.
Hasil panen pun jauh berkurangkarena tanaman pangan kekeringan. Ada beberapa tindakan yang dapat kita lakukan untuk ikut membantu mengurangi krisis air bersih sebagai berikut.
1. Menghemat penggunaan air.
2. Membuat lubang resapan. Lubang resapan berguna untuk menampung air hujan supaya terserap ke dalam tanah.
3. Menanam pohon supaya akar-akar pohon dapat menahan air di dalam tanah.
Ayo Berdiskusi
Berdasarkan teks “Hari Air Sedunia” di atas, lengkapilah tabel berikut.
Hasil panen pun jauh berkurangkarena tanaman pangan kekeringan. Ada beberapa tindakan yang dapat kita lakukan untuk ikut membantu mengurangi krisis air bersih sebagai berikut.
1. Menghemat penggunaan air.
2. Membuat lubang resapan. Lubang resapan berguna untuk menampung air hujan supaya terserap ke dalam tanah.
3. Menanam pohon supaya akar-akar pohon dapat menahan air di dalam tanah.
Ayo Berdiskusi
Berdasarkan teks “Hari Air Sedunia” di atas, lengkapilah tabel berikut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar