Selasa, 20 Agustus 2024

Materi Ajar Selasa, 20 Agustus 2024

 Hari/Tanggal : Selasa / 20 Agustus 2024

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung

Fase/Kelas : A/2

BAB/Tema : 2 / Unsur dan Peralatan dalam seni rupa

Capaian Pembelajaran

Mengalami (Experiencing)

• Peserta didik memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa.

Merefleksikan (Reflecting)

• Peserta didik menilai karya dan penciptaan karya seni rupa dengan menggunakan kosa kata  sehari-hari.

Berpikir dan Bekerja Artistik (Thinking and Working Artistically)

• Peserta didik menggunakan pengalaman visualnya sebagai sumber gagasan dalam berkaryaPeserta didik mengeksplorasialat dan bahan dasar yang tersedia di lingkungan sekitar.

Menciptakan (Making/Creating)

• Peserta didik membuat karya seni rupa menggunakan hasil pengamatannya terhadap lingkungan sekitarmenggunakanunsur garis, bentuk, dan/atau warna.

Berdampak (Impacting)

• Peserta didik memberikan respons terhadap kejadian sehari-hari dan keadaan lingkungan sekitar melalui karya seni rupayang memberi dampak positif bagi dirinya.

Tujuan Pembelajaran

 Peseta Didik dapat mengenal dan mengeksplorasi warna primer dan sekunderMengenal dan mengeksplorasi alat untuk membuat garis. Mengenali dan mengeksplorasi          elemen rupa dalam sebuah karya.


Menciptakan (Making/Creating)    

Peserta didik membuat karya seni rupa menggunakan hasil pengamatannya terhadap lingkungan sekitar, menggunakan unsur garis, bentuk, dan/atau warna.

Macam-macam Warna

Warna merupakan salah satu unsur rupa.

Warna membuat karya seni tambah menarik.

1. Warna Primer

Warna primer adalah warna dasar atau warna utama yang dijadikan dasar dari terciptanya warna lain. Warna primer terdiri dari warna merah, kuning dan biru. Dengan dasar tiga warna tersebut, kamu dapat mencampurkan dengan warna lain shingga dapat membentuk warna baru.

2. Warna Sekunder

Warna sekunder merupakan warna pada

tingkatan kedua. Warna ini dihasilkan dari

gabungan warna-warna primer.

Contohnya warna biru dan kuning yang

digabungkan akan menjadi warna hijau.

Lalu warna merah dan biru yang digabungkan

menjadi warna ungu.







PENUTUP 
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, 
Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb

Senin, 19 Agustus 2024

Materi Ajar B. Indonesia

 Hari/Tanggal : Senin / 19 Agustus 2024

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung

Fase/Kelas : A/2

BAB/Tema : 2 Menjaga Kesehatan

Materi Pembelajaran : Mengenal Berbagai Cara untuk Menjaga Kesehatan Mata dan Berbagai Jenis   Olahraga



CapaianPembelajaran :

  • Menyimak

  1. Peserta didik mampu bersikap menjadi penyimak yang baik. 

  2. Peserta didik mampu memahami pesan lisan dan informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.

  • Membaca dan Memirsa

  1. Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pengamat yang baik. 

  2. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. 

  3. Peserta didik mampu menambah kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang diamati dengan bantuan ilustrasi.

  • Berbicara dan Mempresentasikan

  1. Peserta didik mampu melafalkan teks dengan tepat, berbicara dengan santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. 

  2. Peserta didik mampu bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan. 

  3. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan secara lisan dengan bantuan gambar dan/atau ilustrasi. 

  4. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar, serta menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri dan lingkungan.

  • Menulis

  1. Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan buku, menebalkan garis/huruf, dll.) di atas kertas dan/atau melalui media digital. 

  2. Peserta didik mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik. 

  3. Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana, menulis teks rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari, dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan sehari-hari.

Tujuan Pembelajaran : 

Menyimak

  • Melalui menyimak bacaan, peserta didik dapat menjelaskan informasi dalam bacaan dengan tepat.

  • L dan Melakukan

    • Melalui bermain bersama teman, peserta didik dapat menanyakan dan menjawab pertanyaan.

    Berdiskusi

    • Melalui latihan berulang, peserta didik dapat melaksanakan kesepakatan giliran berbicara, menanggapi komentar, dan bertanya ketika berdiskusi kelompok.

    Membaca

    • Melalui membaca terbimbing, peserta didik dapat membaca kata-kata yang sering ditemui sehari-hari.

    • Melalui latihan berulang, peserta didik dapat menuliskan kalimat dengan kombinasi subjek, predikat, dan objek.

    Menulis

    • Melalui membaca berulang, peserta didik dapat menjelaskan topik cerita.

    • Melalui membaca berulang, peserta didik dapat menjelaskan apa yang dialami dan dilakukan oleh tokoh cerita.

    Berbicara

    • Melalui mengurutkan gambar, peserta didik dapat menceritakan sebuah kejadian secara runtut.



    MATERI :


    • Bacakan “Aturan 20-20-20” kepada peserta didik.

    • Ulangi membaca jika diperlukan.

    • Pada akhir kegiatan ini, minta peserta didik untuk menjelaskan alasan di balik penyebutan “Aturan 20-20-20”.

    • Sesudahnya, jelaskan bahwa angka tersebut didapat dari jeda 20 detik, tiap 20 menit dengan melihat sesuatu berjarak 20 kaki.

                

    • Minta para peserta didik menyebutkan apa saja yang termasuk gawai untuk memeriksa pemahaman mereka tentang kosakata ini.

    • Kemudian, minta mereka membuat satu contoh kalimat menggunakan kata “gawai”.

              

    • Dampingi peserta didik untuk melihat lagi bacaan “Aturan 20-20-20” dan menemukan bagian kalimat yang berwarna biru.

    • Kenalkan tujuh kata tanya beserta contohnya yang ada di Buku Siswa.

    • Jelaskan bahwa kalimat tanya digunakan untuk menanyakan sesuatu dan mendapatkan informasi/keterangan.

    • Jelaskan juga bahwa kalimat tanya memiliki intonasi yang berbeda dengan kalimat berita.

    • Berilah contoh cara membaca kalimat tanya, lalu minta peserta didik untuk menirukan dengan intonasi yang tepat.

    • Jika peserta didik terlihat kesulitan mempelajari tujuh kata tanya sekaligus, bagilah kegiatan ke dalam dua kali pertemuan.


                

    Alur Konten Capaian Pembelajaran

    Menanyakan dan menjawab pertanyaan teman.

    • Ajaklah peserta didik bermain “Siapa Aku?”.

    • Pilih satu peserta didik untuk ditutup matanya, kemudian pilih tiga peserta didik lain sebagai teman misterius.

    • Bimbing peserta didik yang ditutup matanya untuk berdiri di dekat ketiga temannya. Lalu, minta dia untuk memilih satu teman misterius.

    • Peserta didik yang ditutup matanya boleh menanyakan pertanyaan apa saja kecuali mengajukan pertanyaan tentang nama.

    • Minta peserta didik untuk menggunakan kata tanya ketika berusaha mendapatkan petunjuk dari teman misterius.

    • Misal: Di mana rumahmu? Apa warna sepatumu? Apa lagu kesukaanmu? Apa bekalmu hari ini?

    • Setiap peserta didik memiliki waktu 20 detik untuk bertanya.

    • Setelahnya, peserta didik harus menebak nama teman misterius pilihannya itu.

    • Usahakan semua mendapat giliran bertanya dan menjawab.


                

    • Ajak peserta didik untuk berhitung bersama hingga 20.

    • Pastikan agar berhitung tidak terlalu cepat atau lambat sehingga 20 hitungan setara dengan 20 detik.

    • Jika ada, gunakan stopwatch untuk kegiatan ini.

    • Tanyakan kepada peserta didik, apakah 20 detik adalah waktu yang singkat.

    • Kegiatan apa saja yang bisa dilakukan dalam 20 detik?

    • Setel alarm untuk menandai 20 menit, kemudian lakukan kegiatan lain.

    • Jika tidak ada alarm, gunakan jam di dalam kelas untuk pengingat.

    • Hentikan kegiatan yang Anda lakukan bersama peserta didik ketika alarm berbunyi.

    • Tanyakan kepada peserta didik, apakah 20 menit adalah waktu yang lama.

    • Kegiatan apa saja yang bisa dilakukan dalam 20 menit?

    • Tekankan pada akhir kegiatan diskusi bahwa “Aturan 20-20-20” ditujukan bagi orang yang harus melihat layar gawai untuk jangka waktu yang lama.

    Sementara anak-anak tidak seharusnya menggunakan gawai lebih lama dari satu jam sehari.

       

             

    PENUTUP 
    Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    
    Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
    Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

    Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
    Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
    Ibu guru akhiri, 
    Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb



Materi Ajar Rabu, 17 September 2025

  Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Hari/Tanggal : Rabu, 17 September 2025 Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung Fase/Kelas : A/1...