Rabu, 17 September 2025

Materi Ajar Rabu, 17 September 2025

 Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Hari/Tanggal : Rabu, 17 September 2025

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
Fase/Kelas : A/1 
BAB/Tema : 2/ Ayo Bermain
Materi Pembelajaran : Persiapan membaca, persiapan Menulis 
Capaian Pembelajaran (CP) :
  •    Menyimak

  1. Murid mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian.

  2.  Murid menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu  memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan.

  • Membaca dan Memirsa

  1. Murid mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. 

  2. Murid mampu membaca kata-kata yang dikenali sehari-hari dengan fasih. Murid mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. 

  3. Murid mampu memaknai kosakata baruan/atau kosakata Bahasa Indonesia serapan dari bahasa daerah dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.

  • Berbicara dan Mempresentasikan

  1. Murid mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.

  2.  Murid mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan/atau orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan. 

  3. Murid mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri, keluarga, dan/atau lingkungan.

  • Menulis

  1. Murid mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar di atas kertas dan/atau melalui media digital.

  2.  Murid mampu mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik.

Murid mampu menulis berbagai teks tentang diri, keluarga, dan/atau lingkungan  dengan beberapa kalimat sederhana



Alur Tujuan Pembelajaran (ATP): 

  1. Mengenal cara membaca awal (membaca huruf demi huruf, kata demi kata, dengan lafal dan intonasi sederhana).

  2. Menceritakan kembali bagaimana cara membaca permulaan yang baik menurut pemahamannya.

  3. Mengetahui dan menyebutkan sikap menyimak yang baik, misalnya: duduk tenang, mata mengarah pada guru, tidak berbicara saat mendengarkan.

  4. Menyimak cerita yang dibacakan atau diperdengarkan guru, baik secara lisan maupun audiovisual.

  5. Menjawab pertanyaan sederhana berdasarkan isi cerita.

  6. Menyimak cerita yang melibatkan gerakan fisik (misalnya: tokoh melompat, berjalan, tidur).

  7. Menirukan gerakan dalam cerita sesuai instruksi atau kreativitas sendiri.


Tujuan Pembelajaran (TP) :
  1. Melalui latihan menjawab pertanyaan terhadap teks “Hati-Hati!”yang dibacakan, Murid dapat menyimpulkan informasi serta menceritakan Kembali simpulannya dengan tepat.

  2. Melalui kegiatan menjawab pertanyaan guru tentang perbuatan yang boleh dan tidak boleh dilakukan, Murid menyampaikan pendapatnya dengan relevan, jelas, dan sopan.

Assalamu'alaikum wr.wb

Tabik Pun..

Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                               

Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:

“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”


BAB 2 

AYO BERMAIN

MENIRUKAN DAN MELAKUKAN

Nyanyikan lagu di bawah ini.

Gantilah kata-kata ‘tepuk tangan’ dan ‘pegang hidung’dengan

kata-kata sendiri, ya.

Kalau kau suka hati, tepuk tangan

Kalau kau suka hati, tepuk tangan

Kalau kau suka hati, ayo kita lakukan

Kalau kau suka hati, tepuk tangan

Kalau kau suka hati, pegang hidung

Kalau kau suka hati, pegang hidung

Kalau kau suka hati, ayo kita lakukan

Kalau kau suka hati, pegang hidung



BERBICARA

Setelah membaca kalimat di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan

guru dengan jelas dan sopan.


TANDA BACA 

1. Mana perbuatan yang tidak boleh dilakukan? Mengapa?

2. Mana perbuatan yang boleh dilakukan? Mengapa?

Ikuti guru membaca kalimat-kalimat di bawah ini.

Gunakan intonasi yang benar, ya.

1. Jangan!

2. Apakah kalian mau bermain denganku?

3. Hati-hati!

4. Apakah kamu terluka?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar Rabu, 17 September 2025

  Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Hari/Tanggal : Rabu, 17 September 2025 Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung Fase/Kelas : A/1...