Senin, 06 Februari 2023

TEMA 8 SUB 1 PB 3

 Materi Ajar Hari Rabu 08 Februari 23 

Tema 8              Bumiku

Sub Tema 1       Perbedaan waktu dan pengaruhnya
Pembelajaran    : 3 
Muatan Pembelajaran : Bahasa Indonesia (3.7), IPS ( 3.1 ), PPKN ( 3.2 )
 
Tujuan Pembelajaran 
1. Memperkirakan informasi yang dapat diperoleh dari teks non fiksi sebelum membaca
2. Mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah Asean
3. Menganalisis pelaksanaan kewajiban, hak dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari hari

Hari ini kita akan belajar tematik. tema 8 Bumiku, subtema 1 Perbedaan waktu dan pengaruhnya pembelajaran 3 dan 4. Ayo kita simak video berikut ini : 

https://www.youtube.com/watch?v=TSnnh884OXk
Ayo Membaca
Cermati teks berjudul “Kawasan Asia Tenggara“ berikut ini! Sebelum mulai membaca, lakukan kegiatan di bawah ini!
  1. Bacalah judul bacaan dan perkirakan informasi yang mungkin kamu dapatkan dari bacaan.
  2. Sajikan perkiraan informasi tersebut dalam format sebagai berikut.

Bacalah informasi di bawah ini dengan cermat!
Kawasan Asia Tenggara
Asia Tenggara terletak pada 29° LU dan 6° LS. Berdasarkan garis lintangnya, hampir seluruh wilayah Asia Tenggara berada di daerah tropis. Secara geologis, sebagian besar wilayah Asia Tenggara dilalui rangkaian Pegunungan Muda Mediterania.

Secara geografis, wilayah Asia Tenggara berada dijalur lalu lintas yang menghubungkan Samudra Pasifik dan Samudra Hindia, antara Australia dan Asia. Kawasan Asia Tenggara juga dilalui jalur pelayaran antara Asia Timur dan Asia Selatan.

Hampir seluruh wilayah Asia Tenggara memiliki kesamaan, yaitu dilalui oleh pegunungan muda yang masih aktif. Kenyataan ini ditunjukkan dengan sering terjadinya gempa vulkanik dan tektonik.

Sebagian besar wilayah Asia Tenggara terletak di daerah tropis. Tingginya curah hujan ini juga menyebabkan kawasan Asia Tenggara banyak hutan lebat. Di kawasan Asia Tenggara, berlaku musim penghujan dan musim kemarau. Curah hujan yang lebat menjadikan wilayah ini subur. Salah satu daerah pertanian yang subur di Asia Tenggara adalah daerah aliran Sungai Mekong. Sungai ini melintasi Tiongkok, Myanmar, Laos, Thailand, Kamboja, dan Vietnam.

Ayo Mengamati
Perhatikan kembali peta Asia Tenggara. Identifikasilah negara-negara yang ada di Asia Tenggara. Negara-negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara:
Brunei Darussalam, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Timor Leste, dan Vietnam
Tuliskan informasi penting yang kamu peroleh setelah membaca teks “Kawasan Asia Tenggara”. Tuliskan informasi tersebut dalam format yang disediakan dan bandingkan dengan perkiraan informasi yang sebelumnya kamu tuliskan.

Perkiraan informasi penting sebelum membaca teks bacaan
  1. Tentang negara-negara yang ada di kawasan Asia Tenggara
  2. Tentang kondisi negara di kawasan Asia Tenggara, baik kondisi geografis (posisi/letak), maupun demografis (keadaan penduduk)
  3. Hubungan antara negara-negara yang ada di kawasan Asia Tenggara
  4. Sejarah negara-negara yang ada di Asia Tenggara

Informasi penting yang didapatkan setelah membaca teks bacaan
  1. Letak astronomis kawasan Asia Tenggara
  2. Letak geografis kawasan Asia Tenggara
  3. Kesamaan kawasan Asia Tenggara
  4. Kawasan Asia Tenggara terletak di daerah tropis

Apakah kamu menemukan persamaan dan perbedaan?
Ada beberapa persamaan dan perbedaan perkiraan informasi penting sebelum membaca teks bacaan dengan informasi yang didapatkan setelah membaca teks bacaan. Beberapa persamaan itu antara lain tentang kondisi negara-negara di kawasan Asia Tenggara secara geografis (posisi/letak), Sedangkan perbedaannya antara lain adalah letak Asia Tenggara juga dibahas secara astonomis, sedang perkiraan sebelum membaca adalah secara demografis (keadaan penduduk), perbedaan lainnya adalah akibat letak geografis terhadap cuaca dan kesuburan tanah. 

Ayo, kita cari informasi tentang keadaan alam Singapura.
Keadaan Alam Negara Singapura
Keadaan Alam Singapura
SINGAPURA
IbukotaSingapuraLagu KebangsaanMajulah Singapura
Luas622 km²PemerintahanRepublik
Kelompok EtnisTionghoa , Melayu, India.Kepala NegaraPresiden
BahasaMelayu, Cina, Tamil, Inggris.Kepala PemerintahanPerdana Menteri
AgamaTao, Buddha, Islam, Kristen.Mata UangDollar Singapura
Singapura merupakan negara kepulauan. Pulau Singapura dengan ukuran panjang 41,8 km dan lebar 22,9 km merupakan pulau terbesar di negara itu. Hampir semua wilayahnya berupa dataran rendah. Suhu udara di Singapura rata-rata 26ΒΊ C.

Republik Singapura terletak 137 kilometer di utara khatulistiwa. Selat Johor memisahkan Malaysia dan Singapura.

Singapura merupakan negara kepulauan yang memiliki 63 pulau kecil. Pulau-pulau itu, antara lain Pulau Tekong, Pulau Ubin, dan Pulau Sentosa. Lokasi tertinggi di Singapura berada di Bukit Timah dengan ketinggian 163,63 m.

Cagar alam yang terkenal terletak di Bukit Timah Nature Reserve. Ada pula taman botani yang terkenal, yaitu Singapore Botanic Garden.

Ayo Berkreasi
Dari informasi yang kamu peroleh, ditemukan fakta-fakta menarik tentang Singapura. Garis bawahi kata kunci dan informasi penting yang kamu dapatkan dari bacaan. Olah kembali informasi-informasi tersebut dan sajikan dalam bentuk kartu informasi tentang Singapura. Dalam kartu informasi tersebut, sajikan fakta-fakta yang menceritakan tentang kondisi alam Singapura dan fakta menarik lainnya.
SINGAPURA
No.Kondisi Alam Singapura
1.Pulau Singapura merupakan pulau terbesar
2.Hampir seluruh wilayahnya berupa dataran rendah
3.Singapura berbatasan dengan malaysia di Selat Johor
4.Memiliki 63 pulau kecil
5.Bukit Timah merupakan lokasi tertinggi
No.Fakta Menarik tentang Negara Singapura
1.Merupakan negara terbersih di kawasan Asia Tenggara
2.Negara kecil namun negara paling maju di Asia Tenggara
3.Walau negara kecil tapi memiliki cagar alam dan taman Botani
4.Singapura hanya memiliki 63 pulau kecil 
5.Lokasi tertinggi di Singapura hanya setinggi 163,63 m.

Ayo Membaca
Paman Alan menceritakan keadaan negara Singapura, salah satunya tentang kenyamanan dan kebersihannya. Singapura menjadi salah satu negara paling bersih di dunia.

Masyarakat Singapura sangat disiplin dalam menjaga kebersihan, baik lingkungan tempat tinggalnya maupun lingkungan sekitarnya.

Sebagai warga yang tinggal di negara yang kecil, rakyat Singapura sadar bahwa lingkungannya harus dijaga. Pemerintah Singapura pun menerapkan peraturan yang sangat ketat, untuk menjaga kenyamanan dan kebersihan negara. Peraturan yang ketat, kedisiplinan, dan kepedulian penduduk terhadap lingkungannya itulah yang menjadikan Singapura sebagai salah satu negara terbersih di dunia.

Bacalah informasi singkat di bawah ini!
Negara Singapura
Singapura kini sudah menjadi negara maju dan sangat terkenal di dunia. Meskipun luas wilayahnya tidak seberapa, tetapi Singapura menjadi salah satu tujuan wisata dunia. Selain perkembangannya yang pesat, negara Singapura ternyata juga mendapatkan predikat negara terbersih di dunia.

Rakyat dan pemerintah Singapura sangat sadar dan peduli akan kebersihan lingkungannya. Bahkan, untuk menjaga kebersihannya, pemerintah Singapura telah membuat peraturan ketat untuk seluruh masyarakat yang tinggal di negara tersebut. Dari segala lingkup tentang aturan untuk kebersihan semuanya harus ditaati, bahkan tidak menyiram toilet saja akan dikenakan denda sangat tinggi.

Dari informasi yang kamu dapatkan tentang Singapura, jawablah pertanyaan di bawah ini!
1. Tuliskan hal-hal positif yang dapat kita contoh dari negara Singapura.
  • Singapura negara kecil namun menjadi negara maju
  • Singapura menjadi negara salah satu tujuan wisata dunia
  • Singapura menjadi negara terbersih di dunia
  • Warga negara Singapura sangat patuh terhadap peraturan
  • Singapura merupakan negara dengan aturan yang ketat

2. Menurutmu, mungkinkah negara Indonesia menjadi salah satu negara terbersih di dunia seperti Singapura?
Indonesia bisa saja menjadi salah satu negara terbersih di dunia

3. Apa yang harus dilakukan oleh masyarakat dan pemerintah Indonesia untuk mencapai tujuan tersebut?
  • Tingkat kesadaran warga Indonesia harus terus ditingkatkan
  • Tingkat pendidikan warga Indonesia harus terus ditingkatkan
  • Pemerintah Indonesia harus membuat aturan yang ketat
  • Pemerintah Indonesia harus adil dalam hukum, tidak tebang pilih.
  • Pemerintah harus menyediakan fasilitas-fasilitas umum yang memadai
  • Warga Indonesia harus turut serta berperan aktif dalam menjaga fasilitas umum.

4. Menurutmu, apakah kebersihan negara Singapura merupakan hasil kerja sama pemerintah dan warga negaranya?
Kebersihan negara Singapura merupakan hasil kerjasama antara pemerintah dan warga negaranya. Warga negara Singapura mendukung program pemerintah dan pemerintah Singapura membuat aturan-aturan yang bermanfaat serta menyediakan fasilitas-fasilitas penunjang.

Ayo Mengamati
Pemerintah Singapura membuat peraturan yang ketat untuk seluruh masyarakat yang tinggal di negara tersebut. Setiap warga negara berkewajiban untuk menjaga lingkungannya sehingga setiap warganya dapat hidup di lingkungan yang baik dan sehat.

Sebagai warga negara Indonesia, kita juga memiliki kewajiban untuk menjaga lingkungan hidup agar tetap baik dan sehat. Kewajiban adalah sesuatu yang harus kita lakukan. Menjaga lingkungan merupakan kewajiban yang harus ditunaikan oleh setiap anggota masyarakat tanpa membedakan umur, jenis kelamin, ataupun status sosial.

Kewajiban menjaga lingkungan dapat dimulai dari keluarga. Keluarga adalah komunitas masyarakat yang paling kecil. Keberhasilan kita dalam melaksanakan kewajiban di lingkungan keluarga akan menentukan keberhasilan kita dalam melaksanakan kewajiban di lingkungan yang lebih besar.

Apa kewajibanmu sebagai anggota keluarga?
Bandingkan kewajibanmu dengan kewajiban temanmu di keluarganya! Apakah sama? Apakah berbeda?

Setiap anggota keluarga memiliki kewajiban berbeda dalam kehidupan sehari-hari. Setiap keluarga pun memiliki kewajiban bekerja sama untuk memastikan kehidupan bermasyarakat berjalan dengan baik. Salah satu kewajiban setiap keluarga dalam kehidupan bermasyarakat adalah menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan.

Apa yang dapat kita lakukan di rumah untuk menjaga lingkungan?
  1. Membuang sampah pada tempatnya
  2. Menanam pohon di sekitar rumah
  3. Menjaga kebersihan lingkungan rumah
  4. Tidak membuang sampah di sungai
  5. Mendaur ulang sampah menjadi kompos
  6. Memisahkan sampah sesuai dengan jenisnya
  7. Melakukan gotong royong membersihkan rumah
  8. Tidak membuang limbah ke sungai
  9. Menutup saluran pembuangan air
  10. Sosialisasi mengenai pentingnya menjaga kebersihan


Tugas :

Ayo Berkreasi

Buatlah sebuah poster. Isinya tentang rencana aksi yang akan kamu lakukan di lingkungan rumahmu sebagai cerminan pelaksanaan kewajibanmu. Tempelkan postermu di dinding dekat meja belajarmu. Gunakan poster tersebut sebagai pengingat tentang kewajibanmu dalam menjaga lingkungan rumahmu.

Contoh :

Aksi Kecilku untuk Lingkungan Rumahku
Aksi Kecilku untuk Lingkungan Rumahku


Minggu, 05 Februari 2023

TEMA 8 SUB 1 PB 1-2

  MATERI AJAR SENIN, 06 fEBRUARI 2023

Tema 8              Bumiku
Sub Tema 1       Perbedaan waktu dan pengaruhnya
Pembelajaran    : 1 dan 2
Muatan Pembelajaran : Bahasa Indonesia (3.7), IPA (3.8), SBDP (3.2)
 
Tujuan Pembelajaran 
1.    Dengan melakukan percobaan tentang perputaran Bumi, siswa mampu mengetahui dan memahami konsep perbedaan waktu siang dan malam.
2.    Dengan membuat laporan pengamatan, siswa mampu melaporkan hasil pengamatan tentang perputaran Bumi dan akibatnya.
3.    Dengan menyanyikan lagu “Ambilkan Bulan Bu”, siswa dapat mengungkapkan rasa kagumnya terhadap ciptaan Tuhan YME dan juga memahami lebih dalam tentang interval nada.


Hari ini kita akan belajar tematik. tema 8 Bumiku, subtema 1 Perbedaan waktu dan pengaruhnya pembelajaran 1. Ayo kita simak video berikut ini :

 
Ayo Mengamati
Ayo, kita cari informasi lebih terperinci tentang terjadinya siang dan malam!

Tuliskan hal-hal yang telah kamu ketahui dan ingin kamu ketahui tentang siang dan malam (misalnya: waktu terjadinya, penyebab, dan perbedaan yang teramati). Gunakan format di bawah ini!
Hal yang telah aku ketahuiHal yang ingin aku ketahui
  1. Jika siang ada matahari, jika malam ada bulan
  2. Jika siang pandangan terang benderang, jika malam pandangan gelap
  3. Jika siang terasa lebih panas daripada malam hari
  1. Mengapa matahari hanya muncul di siang hari?
  2. Mengapa malam hari tetap gelap meski ada bulan?
  3. Bagaimana proses terjadinya siang dan malam?
 
Ayo Mencoba
Kegiatan 1
Simulasi tentang gerak semu Kamu dan temanmu akan melakukan kegiatan bersama untuk memahami tentang gerak semu Matahari. Ikuti langkah-langkah kegiatan di bawah ini!
  1. Anggaplah kamu sebagai A dan temanmu sebagai B.
  2. Perhatikan gambar dan berdirilah sesuai dengan posisi yang ditunjukkan oleh gambar. A dan B berdiri di posisi sejajar
  3. A menutup mata dan berdiri tetap pada posisinya. B berjalan maju satu meter.
  4. A membuka mata dan mengamati perubahan posisi B.

Perubahan posisi B terjadi karena B bergerak ke depan. Akan tetapi, A seolah-olah dirinya yang bergerak mundur sehingga ia berada di belakang B. Peristiwa ini mengilustrasikan gerak semu harian Matahari.

Kegiatan 2
Simulasi tentang peristiwa siang dan malam sebagai akibat rotasi Bumi. Mari kita lakukan simulasi berikut ini! Bentuklah kelompok yang terdiri atas empat sampai lima orang! Pilihlah dua orang teman dalam kelompokmu untuk melakukan kegiatan seperti gambar berikut.
Rotasi Bumi

Ikuti langkah kegiatan di bawah ini!
Alat dan Bahan yang diperlukan:
Senter, globe.

Langkah Kegiatan :
  1. Peganglah senter dan satu temanmu memegang globe.
  2. Arahkan senter (jangan dinyalakan) sehingga menghadap globe. Amati globe.
  3. Nyalakan senter. Amati globe.
  4. Adakah perbedaan pada globe, antara sebelum dan sesudah senter dinyalakan? Tuliskan hasil pengamatanmu!
Ketika senter belum dinyalakan, keadaan globe sama-sama gelap dari berbagai sisi. Ketika senter dinyalakan bagian yang menghadap senter menjadi terang, sedang  globe yang lain tetap gelap karena tidak terkena cahaya senter.
  1. Tetap nyalakan senter, lalu putarlah globe perlahan-lahan berlawanan arah jarum jam. Apa yang teramati pada globe? Tuliskan hasil pengamatanmu!
Setelah diamati, terjadi perubahan keadaan pada globe. Globe yang berputar dan bidang permukaan yang awalnya terang, berlahan-lahan menjadi gelap. Sementara sisi globe yang semula gelap berlahan-lahan menjadi terang secara bertahap sesuai dengan putaran ketika menerima cahaya dari senter.
 
Ayo Membaca
Bacalah kembali teks bacaan yang berjudul “Perputaran Bumi dan Akibatnya”. Garis bawahi kata-kata yang menunjukkan informasi-informasi penting. Tuliskan informasi-informasi penting tersebut dalam tabel berikut.
ParagrafInformasi Penting
1
  1. Bumi berputar membentuk lingkaran 360 derajat membutuhkan waktu 24 jam. 
  2. Garis yang tampak pada bola dunia disebut garis lintang (paralel) dan garis bujur (meridian).
2
  1. Garis lintang adalah garis khayal horizontal yang melingkari Bumi.
  2. Garis lintang dibedakan menjadi dua, yaitu Lintang Utara (LU) dan Lintang Selatan (LS).
3
  1. Garis bujur adalah garis khayal membujur yang membelah Bumi menjadi belahan barat dan belahan timur.
  2. Garis bujur yang terletak di belahan barat disebut garis Bujur Barat (BB), sedangkan yang terletak di belahan timur disebut garis Bujur Timur (BT).
4
  1. Garis Bujur Barat (BB) dan garis Bujur Timur (BT) berhimpit di garis 0˚ Greenwich.
  2. Greenwich Observatory di Kota London Inggris ditetapkan sebagai penentu waktu internasional.
5
  1. Saat berotasi 1° derajat, maka Bumi membutuhkan waktu 4 menit.
  2. Setiap tempat di muka Bumi yang mempunyai selisih garis bujur 15° akan mempunyai perbedaan waktu satu jam.


 
Ayo Bernyanyi

Pernahkah kamu mendengar lantunan lagu “Ambilkan Bulan, Bu“? Lagu “Ambilkan Bulan, Bu” merupakan lagu anak-anak ciptaan Bapak A.T. Mahmud. Bapak A.T. Mahmud menciptakan banyak lagu anak-anak yang sarat dengan makna. Amati lirik dan notasi lagu ”Ambilkan Bulan, Bu” di bawah ini!
Not ANgka Ambilkan Bulan

Nah....anak sholih sholihah, setelah kalian memahami lebih dalam tentang interval nada."Ambilkan Bulan,Bu"

ayo! nanyikan lagu "Ambilkan Bulan,Bu" dengan alat musik yang ananda miliki dirumah

 
Demikian kegiatan pembelajaran hari ini, semoga ilmu yang anak-anak  peroleh hari ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan baru.
 
 Biasakan  ......
 
sholat lima waktu  ........ON TIME
 
murojaah / tadarrus ba'da maghrib dan shubuh

 Patuhi nasehat Ayah Bunda/Mama Papa 
 
 
 Anak sholih sholihah
 
Mari kita akhiri pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah 


Jumat, 03 Februari 2023

TEMA 7 SUB 3 PB 5-6

Materi Ajar  Jum'at, 03 Februari 2023

Tema 7                        : Kepemimpinan

Subtema 3                  : Ayo Memimpin

Pembelajaran               : 5 dan 6

Muatan Pembelajaran :

1. PKn : Nilai Kekeluargaan

2. B.Indonesia : Pidato

3. SBdP : Seni Patung

4. IPA : Pubertas

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Anak sholeh sholehah, berikut materi yang akan kita pelajari hari ini 

Tujuan Pembelajaran : 

- Penerapan nilai kekeluargaan pancasila

- Menggali informasi teks pidato di berbagai media

- Membuat pameran seni patung

- mengetahui cara melindungi diri dari penyakit pada masa pubertas


Rabu, 01 Februari 2023

TEMA 7 SUB 3 PB 3-4

   RINGKASAN MATERI KELAS 6

Hari/Tanggal  :  Kamis, 02 Februari 2023
Tema 7          : Kepemimpinan
Sub Tema 3   : Ayo, Memimpin
Pebelajaran   : 3 dan 4
Muatan          : B. Indonesia, PPKN, IPS, SBDP

Ayo Membaca

Bacalah teks pidato berikut, kemudian lakukan perintah dari teks yang ada di bawahnya.

“Bapak dan Ibu Guru serta seluruh karyawan SD Al-Azhar ! yang saya hormati. Tidak terasa, sudah satu tahun saya menjalankan kepercayaan dari Bapak dan Ibu untuk memimpin koperasi karyawan kita. Sudah beberapa tahun kita bersama-sama merasakan manfaat organisasi kecil kita ini. Perlu kita ingat kembali, bahwa tujuan mendirikan koperasi bukan untuk mencari keuntungan. Koperasi karyawan kita dirikan untuk meningkatkan kesejahteraan bersama. Semua anggota memiliki kesempatan yang sama untuk menikmati hasil atas berkembangnya usaha bersama ini.”

“Bapak dan Ibu, kekeluargaan dan kebersamaan adalah modal utama dalam koperasi ini. Peduli terhadap jalannya usaha koperasi menjadi kewajiban tiap anggota, bukan hanya tugas ketua atau pengurus. Semua memperoleh kesempatan untuk belajar. Secara mandiri kita menetapkan jenis usaha koperasi dan menjalankannya. Pengurus yang melaksanakan, anggota yang mengawasi dan memberi masukan.”

“Keuntungan pribadi tidak diutamakan. Justru melalui koperasi, kita mengasah kepedulian terhadap kebutuhan anggota lain. Sudah lima tahun berjalan, semua keputusan kita tetapkan bersama secara musyawarah. Begitupun dengan keuntungan koperasi di tahun ini. Apakah keuntungan tersebut akan dibagikan kepada anggota atau akan dimasukkan kembali sebagai penambah modal, akan kita diskusikan dalam rapat besar hari ini.”

“Bapak dan Ibu, rapat besar koperasi tidak hanya untuk anggota, namun terbuka untuk semua. Justru saya ingin semua keluarga besar SD Al-Azhar 1 menyaksikan proses musyawarah ini. Saya ingin semua menyaksikan, bahwa banyak hal yang dapat dipelajari melalui koperasi karyawan. Saya ingin semua merasakan bahwa kesejahteraan bersama dapat diwujudkan melalui kepedulian, kekeluargaan, serta kebersamaan.”

“Bapak dan ibu, saya tentu berharap anggota koperasi terus bertambah. Semoga saja, suatu saat nanti keluarga besar SD Al-Azhar ! lengkap ada di dalamnya. Tak perlu risau memperhitungkan keuntungan pribadi, tetapi, ayo kita berusaha mewujudkan kesejahteraan bersama melalui koperasi.”

Tugas
Dari teks pidato tersebut, tentukanlah bagian pembuka, inti dan penutup.
Berilah tanda di bagian tersebut dengan pensil

Ayo Berdiskusi1. Dari teks pidato di atas, apa yang kamu ketahui tentang koperasi?

  • Modal utama koperasi adalah kekeluargaan dan kebersamaan
  • Tujuan utama koperasi tidak mengejar keuntungan pribadi, tetapi mewujudkan kesejahteraan anggota koperasi
  • Keputusan koperasi diambil berdasarkan musyawarah
  • Anggota koperasi memiliki kesempatan yang sama untuk menikmati hasil koperasi
  • Kewajiban anggota koperasi adalah peduli terhadap jalannya usaha koperasi
2. Nilai-nilai Pancasila apa sajakah yang diterapkan oleh para anggota koperasi?
  • Mengakui persamaan derajat, persamaan hak, serta kewajiban setiap manusia, tanpa membeda-bedakan suku, keturunan, agama, kepercayaan, jenis kelamin, kedudukan sosial, dan warna kulit (Sila ke-2)
  • Mengembangkan sikap saling tenggang rasa dan tepa selira (Sila ke-2)
  • Mengembangkan persatuan Indonesia atas dasar Bhinneka Tunggal Ika (Sila ke-3)
  • Memajukan persatuan dan kesatuan bangsa (Sila ke-3)
  • Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain (Sila ke-4)
  • Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama (Sila ke-4)
  • Musyawarah untuk mencapai mufakat diliputi oleh semangat kekeluargaan (Sila ke-4)
  • Menghormati dan menjunjung tinggi setiap keputusan yang dicapai sebagai hasil musyawarah (Sila ke-4)
  • Dengan itikad baik dan rasa tanggung jawab menerima dan melaksanakan hasil keputusan musyawarah (Sila ke-4)
  • Di dalam musyawarah diutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan (Sila ke-4)
  • Keputusan yang diambil harus dapat dipertanggungjawabkan secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia, mengutamakan nilai-nilai kebersamaan dan keadilan, serta mengutamakan persatuan dan kesatuan demi kepentingan bersama (Sila ke-4)
  • Mengembangkan perbuatan luhur yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan gotong royong (sila ke-5)
  • Menjaga antara hak dan kewajiban (Sila ke-5).
Ayo Mengamati
Perhatikan gambar di bawah ini.

Kedua gambar itu merupakan bagian dari kampus perguruan tinggi ternama.
Gambar kiri merupakan kampus Nanyang Technology University (NTU) di Singapura. Gambar kanan merupakan kampus Universitas Indonesia (UI) di Depok.
Banyak mahasiswa NTU berasal dari Indonesia.
Sebaliknya, banyak pula mahasiswa yang belajar di UI berasal dari luar negeri.
Coba, carilah informasi bentuk-bentuk kerja sama dalam bidang pendidikan di ASEAN.
Carilah informasi dari buku-buku referensi di perpustakaan sekolahmu. Jika kamu mencari informasi dari internet, mintalah Bapak/Ibu guru mendampingimu.

Kerjasama ASEAN dalam bidang Pendidikan :
  • Pembentukan 56 pusat studi ASEAN di berbagai perguruan tinggi di Indonesia
  • Implementasi ASEAN Credit Transfer System (ACTS)
  • Implementasi Plan of Action to Implement teh Phnom Penh Decalaration on the EAS Development Initiative, khususnya di bidang standarisasi mekanisme pengajaran, vocational dan technical training, mobilitas pelajar dan Interoperability mekanisme kualifikasi nasional dan regional
  • Implementasi inisiatif East Asia Vision Group II (EAVG II) diantaranya rencana pembentukan jaringan universitas di Asia Timur.


Sub Tema 3  : Ayo, Memimpin
Pebelajaran   : 4
Muatan          : B. Indonesia, PPKN, IPS


Dheda dan Lima Butir Kentang



Dahulu, ada seorang pencari kayu bakar bernama Dheda.
Dia hidup bersama istri dan ketiga anaknya.
Mereka keluarga miskin yang tinggal di gubuk sederhana.
Sudah seminggu ini, turun hujan. Dheda pun tidak dapat pergi ke hutan
mencari kayu bakar.Istri Dheda berkata, “Suamiku, persediaan makanan kita hampir habis.
Di sini, hanya tersisa lima butir kentang. Itu pun tidak cukup untuk makan kita sekeluarga.”
“Aku tahu. Bersabarlah, semoga besok tidak hujan dan aku dapat pergi bekerja.
Sisa kentang yang ada biarlah untuk makan anak-anak saja,” kata Dheda.
Menjelang sore, ada seseorang yang mengetuk pintu rumah Dheda.
Setelah dibuka, ternyata ada seorang pengemis tua. Dia basah kuyup kehujanan.
“Aku sudah berhari-hari kehujanan. Aku juga kedinginan dan kelaparan.
Bolehkah aku minta sedikit makanan?” tanyanya.
Dheda kasihan melihat si Pengemis. Tapi, dia juga tidak mempunyai banyak makanan.
Dheda bermusyawarah dengan istri dan anak-anaknya.
Akhirnya, mereka bersepakat untuk memberikan sisa makanan kepada si Pengemis.
“Baiklah, kami akan memberikan lima butir kentang itu kepadamu.
Kami sangat kasihan melihatmu,” kata Dheda kepada si pengemis.
“Tunggulah sebentar, aku akan memasaknya dulu,” kata istri Dheda.
Setelah matang, kentang pun dihidangkan. Si Pengemis makan empat butir kentang.
Kini, kentang yang tersisa tinggal satu. Sebelum pergi dia berpesan,
“Jika kalian mau makan, irislah kentang ini menjadi lima.
Pasti cukup untuk makan keluargamu.”
Dheda kemudian mengiris kentang itu menjadi lima. Ternyata,
kelima irisan kentang itu berubah menjadi lima butir kentang.
Jika sebutir kentang diiris lima lagi, maka tiap irisannya akan
menjadi lima butir kentang lagi. Begitu seterusnya.
Kini, Dheda dan keluarganya tidak pernah kekurangan makanan lagi.
Dheda juga membagi-bagikan kentangnya kepada tetangganya.



Bersama kelompokmu, identifikasilah penerapan nilai-nilai Pancasila yang ada pada cerita “Dheda dan Lima Butir Kentang” di atas.
Tuliskan dalam bentuk tabel seperti contoh berikut.


TUGAS HARI INI !
Buatlah patung dari bahan lunak di sekitarmu. Kamu dapat menggunakan tanah liat, bubur kertas, lilin, sabun batang atau plastisin.
Buatlah bentuk yang kamu inginkan.
Berikut contoh membuat patung dari bubur kertas.
1. Siapkan kertas bekas
2. Rendam kertas kira-kira selama 24 jam sampai lunak
3. Buatlah kerangka menggunakan kawat. Besar kecilnya kawat menyesuaikan denga
besar kecilnya patung yang akan dibuat.
4. Kertas yang sudah lunak dapat ditumbuk lagi, lalu diperas dan dicampur dengan lem
kanji (sampai berbentuk tanah liat)
5. Tempelkan bubur kertas pada kerangka kawat sesuai dengan bentuk yang diinginkan.
6. Untuk mendapatkan lapisan luar yang halus, lapisilah dengan kertas yang berwarna
putih dengan lem.
7. Jemur patung dibawah sinar matahari.
8. Setelah kering warnai patung dengan cat kayu atau cat tembok sesuai warna yang
kamu sukai



TEMA 7 SUB 3 PB 1-2

 MATERI AJAR RABU, 01 FEBRUARI 2023


Tema 7                        : Kepemimpinan

Subtema 3                  : Ayo Memimpin

Pembelajaran               : 1 dan 2

Muatan Pembelajaran :

1. PKn : Sikap yang harus dimiliki seorang pemimpin

2. B.Indonesia : Pesan dalam Pidato

3. SBdP : Seni Patung

4. IPA : Persiapan menghadapi pubertas

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Anak sholeh sholehah, berikut materi yang akan kita pelajari hari ini 

Tujuan Pembelajaran : 

- Mengetahui sikap yang harus dimiliki seorang pemimpin

- Menyimpulkan pesan dalam pidato

- Mengetahui seni patung

- menganalisis persiapan menghadapi pubertas

Latihan soal MTK :


Demikianlah pembelajaran kita hari ini, bagaimana ? apakah semua sudah mengerti ? Alhamdulillah jika semua sudah mengerti, namun jika ada yang belum paham ibu berikan kesempatan untuk bertanya.

Untuk lebih memahami pembelajaran hari ini mari kita Review kembali pembelajaran kita hari ini

Nah bagaimana dengan pembelajaran hari ini, apakah kalian senang dengan pembelajaran hari ini ?

Semoga selalu semangat ya. πŸ‘πŸ˜

Demikianlah pembelajaran kita hari ini,semoga bermanfaat 

Mari kita akhiri pembelajaran hari ini dengan mengucapkan hamdalah .....

Materi Ajar Jum'at, 12 September 2025

  Hari/Tanggal.        : Jum'at/12 September 2025 Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung Fase/Kelas.              : A/1 BAB/Te...