Senin, 14 April 2025

Materi Ajar Senin, 14 April 2025



MATERI AJAR
BAHASA INDONESIA


Hari / Tanggal        :  Senin / 14 April 2025

Kelas                        : 2A 

Mata Pelajaran      :  Bahasa Indonesia

Materi                    :  Sayang Lingkungan 

CP                          : 

Menyimak

§  Peserta didik mampu bersikap menjadi penyimak yang baik. Peserta didik mampu memahami pesan lisan dan informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.

 

Membaca dan Memirsa

§  Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pengamat yang baik. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu menambah kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang diamati dengan bantuan ilustrasi.


Berbicara dan Mempresentasikan

·         Peserta didik mampu melafalkan teks dengan tepat, berbicara dengan santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Peserta didik mampu bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan secara lisan dengan bantuan gambar dan/atau ilustrasi. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar, serta menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri dan lingkungan.


Menulis

·         Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan buku, menebalkan garis/huruf, dll.) di atas kertas dan/atau melalui media digital. Peserta didik mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik. Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana, menulis teks rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari, dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan sehari-hari.


TP                                :  

§  Melalui membaca nyaring, peserta didik dapat mengucapkan kata-kata yang sering ditemui sehari-hari.

§  Melalui membaca berulang, peserta didik dapat menjelaskan topik bacaan.

    Melalui menyimak informasi, peserta didik dapat mengingat dan menyebutkan informasi kunci pada teks yang dibacakan dengan tepat.




·         Izinkan peserta didik membaca bacaan “Ayo, Hemat Air!” sekali lagi.

·         Ingatkan peserta didik mengenai definisi istilah topik yang pernah diperkenalkan sebelumnya.

·         Lalu, minta para peserta didik menuliskan topik bacaan dan menjawab pertanyaan dari Buku Siswa di buku tulis masing-masing.

 

Kunci Jawaban

1. Jenis-jenis air

2. Air asin dan air tawar

3. Masak, mandi, mencuci



·         Minta peserta didik menyiapkan buku dan alat tulis masing-masing. Beri tahu peserta didik bahwa ini merupakan kegiatan yang dinilai.

·         Bacalah informasi cara menghemat air dengan suara jelas sebanyak dua kali.

Pada saat Anda membaca, peserta didik belum boleh mulai menulis.

·         Sesudahnya, minta para peserta didik menuliskan keempat cara menghemat air di buku tulis mereka.

 

Kunci Jawaban

           ·         Tidak berlama-lama ketika mandi.

           ·         Mematikan keran ketika sedang menyabuni tangan.

           ·         Menyiram tanaman dengan alat penyiram.

           ·         Memeriksa apakah ada keran yang bocor.

 

Catatan:

          ·         Kata yang ditebalkan adalah kata kunci;

          ·         Peserta didik tidak harus menulis keempat cara tersebut secara urut;

        ·   Jawaban yang ditulis dengan kata-kata lain dianggap benar selama maknanya sama dengan kunci jawaban.




·         Beri peserta didik waktu untuk mengamati gambar “Buanglah Sampah di Tempat Seharusnya”.

·         Tanyakan kepada peserta didik tentang perbedaan sampah anorganik dan organik.

·         Kemudian, minta para peserta didik menyebutkan hal-hal yang mereka lihat dalam gambar.





Alhamdulillah, materi hari ini cukup sampai di sini ya Nak..


Silahkan diiulas kembali di rumah bersama orangtua hebat kalian yaa… Jangan lupa ucapkan terimakasih, atas jasa orangtua kalian.

Jangan lupa shalatnya dilaksanakan di rumah ya sayang…

 

Ibu Guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.


Kesimpulan: 

Alhamdulillah Pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar, dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa seluruhnya mampu memahami cara menghemat air dengan baik dan dapat membedakan jenis sampah organik serta non arganik dengan baik.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar Kamis, 24 April 2025

  Hari / Tanggal                   :  Kamis / 24 April 2025 Kelas                                 :  2. A Mata Pelajaran                 :  ...