MATERI AJAR
Pendidikan Pancasila
Mapel : Pendidikan Pancasila
Kelas : 2A
Materi : Mengenal karakteristik dan ciri-ciri fisik lingkungan rumah dan sekolah
CP :
Peserta didik mengidentifikasi dan menghargai identitas dirinya sesuai dengan jenis kelamin, hobi, bahasa, serta agama dan kepercayaan di lingkungan rumah dan sekolah.
TP :
· Melalui kegiatan mengamati gambar, menggambar rumah peserta didik dapat menunjukkan sikap berpikir kritis sebagai aspek nilai Profil Pelajar Pancasila.
Melalui kegiatan permainan Civic Home dan civic miniatur, peserta didik dapat menunjukkan sikap berkebinekaan global dan gotong royong.
Menjaga Persatuan di Rumah dan Sekolah
A. Persatuan di lingkungan rumah
Menjaga kebersihan lingkungan dapat mempererat persatuan. Rumah yang terjaga kebersihannya terasa nyaman.
Kita juga harus saling menghormati anggota keluarga lainnya dengan tidak mengganggu kakak yang sedang belajar.
Melakukan kegiatan bersama anggota keluarga seperti olahraga bersama. Akan tetapi, tidak boleh mengganggu tetangga yang berada di sekitar rumah kita.
Memotong dahan dan ranting yang memasuki halaman rumah tetangga. Ranting ini bisa mengotori rumah tetangga.
Kita harus menebangnya jika mengganggu. Merawat barang-barang yang ada di rumah
adalah sikap yang akan mewujudkan persatuan.
Barang-barang yang kita rawat membuat keluarga kita senang.
1. Bagian-bagian Rumah
Setiap rumah memiliki bagian-bagian. Ada yang berupa ruangan, ada pula yang berupa lahan terbuka. Semua bagian merupakan satu-kesatuan dalam lingkungan rumah. Ayo kita mengingat kembali bagian-bagian rumah.
Ayo kita saksikan tayangan video berikut.
Rumah adalah tempat kita tinggal bersama keluarga.
Tempat berlindung dari. hewan dan bencana.
Setiap bagian rumah memiliki kegunaan yang berbeda.
Kita harus memanfaatkan ruangan sesuai dengan kegunaannya.
Gambar bagian rumah
Kita harus menjaga kenyamanan di rumah.
Mematikan listrik jika tidak dibutuhkan.
Ini adalah cara berhemat.
Menyalakan musik dengan tidak terlalu nyaring.
Dengan demikian semua anggota merasa nyaman.
Tidak ada yang merasa terganggu dan tercipta persatuan dan kesatuan.
Setiap ruangan harus digunakan dengan bijak.
Berikut ini kegunaan masing-masing ruangan di rumah.
Kamar tidur digunakan untuk tidur dan belajar.
Kamar tidur juga digunakan untuk tempat berganti pakaian dan aktivitas pribadi lainnya.
Kita dapat belajar di kamar dengan tenang dan nyaman.
Ruang makan digunakan untuk makan dan minum bersama keluarga.
Di ruang makan terdapat meja makan dan perabot seperti lemari es, penanak nasi, dispenser air.
Kamar mandi digunakan untuk tempat membersihkan badan kita.
Kita dianjurkan mandi dua kali sehari. Pagi dan sore hari.
Saat mandi sebaiknya kita menghemat penggunaan air.
Dapur digunakan untuk memasak makanan.
Dapur juga dipakai menyimpan makanan,
tempat menyiapkan makanan dan mencur
Setelah kita makan sebaiknya piring kotor peralatan di rumah. dicuci sendiri.
Garasi digunakan untuk menyimpan atau meletakkan kendaraan.
Kita meletakkan sepeda kita di garasi.
Ayah juga meletakkan mobil di garasi.
2. Lingkungan Sekitar Rumah
Kita tinggal bersama tetangga sekitar.
Ada beberapa rumah yang ada di dekat rumah kita.
Kita harus menjaga kerukunan dengan tetangga kita.
Cara agar kerukunan tetap terjaga adalah dengan tidak mengganggu tetangga.
Saat mendengarkan musik, kita tidak boleh menyalakan terlalu keras.
Musik yang keras mengganggu tetangga sekitar.
Apabila akan mengadakan acara, sebaiknya membicarakannya dengan tetangga.
Kita harus meminta izin apabila akan menggunakan halaman rumah tetangga untuk tempat parkir tamu.
Kita juga memberi izin pada tetangga apabila mereka memili acara
Kita memperbolehkan halaman rumah kita digunakan sebagai tempat parkir kendaraan.
Sikap inilah yang menumbuhkan kerukunan
Silahkan diiulas kembali di rumah bersama orangtua hebat kalian yaa… Jangan lupa ucapkan terimakasih, atas jasa orangtua kalian.
Jangan lupa shalatnya dilaksanakan di rumah ya sayang…
Ibu Guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar