Tema 9 : Menjelajah Angkasa Luar (Tema 9 )
Sub Tema 3 : Tokoh Penjelajah Angkasa Luar
Muatan Terpadu : B. Indonesia (3.9 ), IPA (3.7), SBdP (3.4)
Pembelajaran ke : 1 dan 2
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik dapat menentukan persamaan dan perbedaan planet dan komet, menemukan perbedaan karakteristik dari planet-planetdi tata surya kita, mengelompokkan planet berdasarkan garis edar, menghubungkan cerita dengan pengalaman pribadi, dan menentukan unsur-unsur intrinsik, dan mengenal seni patung dan contohnya.
Apa kabar anak sholeh sholehah di rumah ? semoga anak-anak Bu Guru selalu dalam keadaan sehat wal’afiyah dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya, amiin ....
Anak sholih sholihah, di masa pandemi covid seperti saat ini, kalian harus tetap waspada, dan selalu lakukan 3 M, yaitu Memakai masker terutama saat berada di luar rumah, Mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan. dan tetap Menjaga jarak. jangan lupa agar imunitas tubuh kita tetap terjaga dengan baik, makanlah makanan bergizi dan istirahat yang cukup.
Baiklah anak sholih sholihah, mari awali kegiatan hari ini dengan membaca doa, dilanjutkan murojaah, dan sholat duha. Setelah duha, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mintalah bantuan kepada bunda/ mama untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan.
Anak sholih dan sholihah, hari ini kita akan belajar Tematik tema 9 subtema 3 pembelajaran 1- 2
Galileo Galilei, Mencoba untuk Membuktikan
Galileo Galilei. Ia adalah seorang ilmuwan asal Italia kelahiran tahun 1564. Sumbangan penemuannya memberi banyak pengaruh pada dunia ilmu pengetahuan. Galileo tidak selalu menjadi penemu, tetapi ia dapat menggunakan sebuah penemuan untuk menghasilkan penemuan besar lainnya.
Galileo bukanlah penemu teleskop yang pertama. Akan tetapi ia mengetahui tentang penemuan teleskop saat itu dari seorang pembuat kacamata dari Belanda. Ia lalu tertarik untuk mengembangkan teleskop buatannya sendiri. Lalu ia memanfaatkannya untuk melakukan pengamatan dunia angkasa luar. Pada bulan Maret 1610, Galileo mempublikasikan sebuah buklet kecil yang berjudul The Starry Messenger. Buklet ini mengungkapkan beberapa penemuan angkasa luar yang menarik. Salah satu penemuan Galileo saat itu adalah tentang bulan. Ia menemukan bahwa permukaan bulan tidak rata dan halus, seperti yang digambarkan dalam puisi-puisi. Bulan ternyata dipenuhi kawah dan gunung.
Galileo juga menemukan planet-planet lain termasuk Saturnus yang memiliki lingkar seperti cincin. Ia menemukan Venus yang memiliki beberapa fase seperti Bulan, lalu bukti bahwa Venus berputar mengelilingi Matahari. Ia juga menemukan fakta bahwa Jupiter memiliki satelit sendiri yang tidak berputar mengelilingi Bumi, melainkan Matahari. Penemuan-penemuan Galileo memperkuat teori Copernicus sebelumnya. Teori Copernicus menyatakan bahwa Bumi bukanlah pusat tata surya, tetapi Matahari, karena planet-planet mengelilingi Matahari.
Pada zamannya, Galileo sempat dicerca dan ditentang berbagai pihak karena temuan-temuannya. Namun demikian, pada akhirnya dunia mengakui peran besarnya terhadap perkembangan ilmu pengetahuan. Berkat temuan-temuannya tersebut ia memperoleh sebutan “Bapak Sains Modern”. Hal ini merupakan bukti perannya yang membuka wawasan warga dunia terhadap ilmu pengetahuan, terutama ilmu pengetahuan angkasa luar.
Galileo Galilei merupakan salah satu penemu yang berperan besar terhadap perkembangan ilmu pengetahuan yang memengaruhi peradaban manusia. Bersama dengan teman sebangkumu diskusikanlah penemuan apa saja yang telah dihasilkannya dan dampaknya terhadap kehidupan manusia hingga kini. Gunakan tabel berikut untuk mencatatnya.
Penemuan Galileo Galilei | Dampak Penemuan Galileo Galilei |
Mengembangkan teleskop buatannya sendiri untuk pengamatan luar angkasa | Membuka wawasan warga dunia terhadap ilmu pengetahuan angkasa luar. |
Menemukan bahwa permukaan bulan tidak rata dan halus, namun berkawah dan bergunung | Membuka wawasan warga dunia terhadap ilmu pengetahuan angkasa luar. |
Menemukan Saturnus yang memiliki lingkar seperti cincin | Membuka wawasan warga dunia terhadap ilmu pengetahuan angkasa luar. |
Menemukan Venus yang memiliki beberapa fase seperti bulan dan berputar mengelilingi matahari | Membuka wawasan warga dunia terhadap ilmu pengetahuan angkasa luar. |
Menemukan Jupiter memiliki satelit sendiri yang tidak berputar mengelilingi Bumi | Membuka wawasan warga dunia terhadap ilmu pengetahuan angkasa luar. |
Buatlah beberapa pertanyaan tentang bacaan di atas atau tentang hal-hal yang ingin kamu ketahui lebih dalam. Tuliskanlah pertanyaanmu di dalam kotak yang tersedia berikut ini.
Susunan Planet tata Surya berdasarkan Orbit Bumi
Susunan tata surya kita memiliki keunikan tersendiri. Matahari sebagai pusat tata surya dikelilingi oleh berbagai anggota lainnya, seperti planet, asteroid, satelit, meteorit, dan komet.
Salah satu benda langit yang menarik adalah komet. Komet merupakan salah satu benda langit yang memiliki inti dari batu dan air. Inti komet terbungkus dalam surai gas dan debu. Setiap kali komet mendekat ke Matahari, materi-materi dalam inti komet akan menguap dan membentuk bola gas kebiru-biruan dan ekor yang berwarna putih. Materi tersebut terdiri dari debu sepanjang jutaan kilometer. Oleh karena bentuknya yang demikian orang Yunani menyebutnya sebagai si rambut panjang yang dalam bahasa Yunani disebut kometes, asal kata dari komet.
Semua benda langit di atas melakukan perputaran mengitari Matahari sebagai pusat tata surya. Mereka mengelilinginya dalam jalurnya yang disebut sebagai orbit. Berdasarkan orbit Bumi terhadap Matahari, terdapat beberapa planet yang berada di dalam orbit Bumi. Planet-planet yang berada di dalam orbit Bumi disebut dengan planet inferior, yaitu Merkurius dan Venus. Sedangkan planet-planet yang berada di luar orbit Bumi disebut dengan planet superior, yaitu Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.
Berdasarkan bacaan di atas, jawablah beberapa pertanyaan berikut ini.
1. Jelaskan persamaan dan perbedaan antara komet dan planet
Aspek | Komet | Planet |
Persamaan | 1. Sama-sama anggota tata surya 2. Sama-sama mengelilingi matahari. 3. Sama-sama memantulkan cahaya matahari 4. Sama-sama tidak memiliki cahaya sendiri 5. Sama-sama memiliki inti | |
Perbedaan | 1. Komet memiliki penyusun utama batuan dan air. 2. Komet memiliki garis edar atau orbit lebih lonjong dan panjang. 3. Inti komet terbungkus dalam surai gas dan debu. 4. Komet memiliki ukuran lebih kecil daripada planet 5. Komet mengeluarkan ekor saat mendekati matahari. | 1. Planet memiliki penyusun utama batuan atau gas. 2. Planet memiliki garis edar atau orbit berbentuk elips. 3. Inti bumi terbungkus selimut bumi yang terdiri batuan padat. 4. Ukuran planet lebih besar daripada komet. 5. Planet tidak mengeluarkan ekor saat mendekati matahari |
Contoh | Planet Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Planet Neptunus | Komet Halley, Encke, Ikeya-Seki, Kahoutek, Hyakutake, dan Shoemaker-Levy |
2. Beberapa pengelompokan dalam sistem tata surya sudah pernah dilakukan selain pengelompokan planet berdasarkan garis edar Bumi. Pengelompokan sistem tata surya apa sajakah yang telah kamu ketahui? Bagaimana kamu membedakannya?
Pengelompokkan dalam Sistem Tata Surya :
Berdasarakan posisi planet yang dilihat dari orbit Bumi : Planet inferior adalah planet yang terletak di dalam orbit Bumi, yaitu Merkurius dan Venus. Planet Superior adalah planet yang terletak di luar orbit Bumi, yaitu Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.
· Berdasarkan material penyusun : Planet terrestial adalah planet dengan ukuran yang relatif kecil, berbatu, dan memiliki atmosfer yang tipis. Planet tersebut antara lain Merkurius, Venus, Bumi dan Mars Planet Jovian adalah planet dengan ukuran yang relatif lebih besar, tersusun dari gas, cairan, dan es tebal.
· Berdasarkan letaknya yang dilihat dari orbit asteroid : Planet dalam adalah planet yang berada di dalam orbit asteroid, yaitu Merkurius, Venus, Bumi dan Mars Planet luar adalah planet yang berada di luar orbit asteroid, yaitu Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus
Untuk lebih memahami materi pembelajaran hari ini mari kita simak video berikut ini !
Tugas tematik hari ini: KLIK DI SINI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar