Senin, 29 Juli 2024

Materi Ajar Senin, 29 Juli 2024

 Hari/Tanggal : Kamis / 25 Juli 2024

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung

Fase/Kelas : A/2

BAB/Tema : 1 / Bilangan 1 sampai 1.000

Materi     : Bilangan yang Lebih Besar dari 100














Capaian Pembelajaran :

Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.

• Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20. Peserta didik menunjukkan pemahaman pecahan sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak, pecahan yang diperkenalkan adalah setengah dan seperempat.


Tujuan Pembelajaran : 

• Mampu memahami makna dan representasi bilangan, serta mengembangkan kemampuan penggunaan bilangan.
• Mampu membilang dengan mengelompokkan benda dalam ukuran yang sama untuk tiap kelompok.
• Memahami cara merepresentasikan bilangan dengan menuliskan lambang bilangannya sampai bilangan ribuan, serta dapat mengurutkan bilangan.
• Mampu memahami ukuran relatif bilangan seperti melihat bilangan dalam ukuran puluhan atau ratusan.

Kegiatan Inti

50 Menit




  • Menyatakan bilangan secara akurat dari situasi tertentu.

  • Pastikan peserta didik telah memahami nilai tempat bilangan 3 angka.

  • Bagi anak yang belum memahami dengan baik, berikan penjelasan secara visual menggunakan balok satuan, model uang, maupun bagan nilai tempat.

  • Pastikan anak telah memahami nilai tempat bilangan 3 angka.

  • Pastikan peserta didik telah menguasai perbandingan nilai besar kecilnya bilangan 3 angka.

  • Pastikan pemahaman peserta didik tentang soal ini dengan meminta mereka menjelaskan alasan dan cara membandingkan kedua bilangan tersebut.

  • Berapa banyak buku yang ada di tempat penyimpanan? 

  • Temukan berbagai macam kombinasi banyaknya paket buku, kemudian tuliskan kemungkinan tersebut pada tabel yang disediakan. Pada bagian ini dikenalkan ungkapan jika … maka …, yang dapat disesuaikan dengan kombinasi banyaknya paket buku pada tabel, seperti misalnya: Jika banyaknya paket berisi 10 buku ada 1 paket, maka banyaknya paket buku berisi 1 buku ada 4 paket.

  • Ibu Ana membeli beberapa paket buku tulis. Setiap paket berisi 10 buah buku. Total banyaknya buku yang dibeli adalah 90. Ada berapa paket buku yang dibeli Ibu Ana?

  • Diketahui bahwa banyaknya buku yang dibeli semuanya ada 90 buah buku. Ajak peserta didik untuk menemukan banyaknya paket buku jika diketahui setiap paket berisi 10 buku dan total ada 90 buku. Peserta didik boleh menggambar paket-paket buku yang masing-masing paket berisi 10.

Peserta didik dapat mulai menggambar 2 paket yang berisi 20 buku, 3 paket berisi 30 buku dan seterusnya, sampai peserta didik menemukan bahwa menemukan banyaknya paket berisi total 90 buku.

  • Di ruang penyimpanan awalnya masih ada 5 paket kemudian bertambah 9 paket lagi. Jadi semuanya ada 5 + 9 = 14 paket.



PENUTUP 
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, 
Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar Jum'at, 22 November 2024

  Hari / Tanggal                   :  Jum'at, 22 November 2024 Kelas                                 :  2A Mata Pelajaran               ...