HARI/TANGGAL : KAMIS, 22 FEBRUARI 2024
KELAS : I (SATU)
SEMESTER : II (DUA)
MATERI : P5 (RONCEKU KREATIVIRASKU)
Assalaamualaikum Wr Wb
Selamat pagi anak sholeh sholehah Ibu guru, apa kabarnya? semoga semua dalam keadaan sehat wal afiat.
Hari ini kita kembali memulai pembelajaran di awal semester genap tahun pelajaran 2023/2024.
Sebelum memulai pembelajaran silahkan persipakan dirimu dahulu dengan membaca doa.
Hari ini kita akan melaksanakan pembelajaran P5 dengan Tema Kewirausahaan, Topik Ronceku Kreativitasku. Berikut uraian pembelajaran secara lengkap.
Tema : Kewirausahaan
Topik : Ronceku Kreativitasku
Tujuan : Dengan mengangkat tema “kewirausahaan” dan mengacu kepada Profil Pelajar Pancasila, projek penguatan profil pelajar Pancasila ini ditujukan untuk melatih peserta didik melakukan aktivitas yang bermanfaat bagi perkembangan motoriknya dengan cara meronce memanfaatkan alat dan bahan di sekitarnya dan menghasilkan karya yang memiliki nilai jual.
Target Pencapaian Projek Profil: Melalui pengalaman pengelolaan projek profil ini, selain memahami tema “Kewirausahaan” dan mengadopsinya sebagai gaya hidup sehari-hari, peserta didik diharapkan telah mengembangkan tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu kreatif, mandiri, dan bernalar kritis.
Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran P5 dengan membuat perencana aksi. Sebelum kalian mempraktikkan cara membuat ronde dari jenis jenisnya silahkan kalian memperhatikan dan menyimak ibu guru memperagakan cara membuat kerajinan meronce dan menyimak video berbagai jenis meronce beserta alat dan bahan yang akan digunakan untuk meronce:
1. Ibu guru akan memperagakan cara membuat kerajinan dari meronce
2. Peserta didik memperhatikan dan mengamati cara membuat kerajinan meronce
3. Peserta didik dipersilahkan menanyakan hal hal yang mereka tidak paham
4. Pendidik menjawab dan menjelaskan suatu materi yang di tanyakan oleh peserta didik
5. Pendidik mempersilahkan beberapa siswa mencoba secara langsung dalam membuat kerajinan meronce
6. Pendidik mengevaluasi dan merefleksi hasil peserta didik
7. Peserta didik diminta untuk menentukan hasil karya ronce yang akan di buat pada tahap aksi
8. Pendidik memberikan penguatan kepada peserta didik
Kemudian peserta didik mengamati dan menyimak video yang ibu guru tampilkan di tv
1. Meronce dari bahan alam. Bahan alam yang dimaksud adalah bahan yang diperoleh dari lingkungan alam sekitar secara langsung. Contohnya, janur, bunga segar, buah-buahan, bunga kering,
2. Meronce dari bahan buatan. Bahan buatan yang dapat digunakan bisa berasal dari produk hasil buatan manusia seperti monte, manik-manik, pita sintesis, kertas berwarna, sedotan, rantai plastik, dan masih banyak lagi.
3. Meronce dari bahan bekas. Bahan-bahan yang dapat digunakan seperti serutan kayu, gelas plastik, dan lainnya.
Simak video berikut ini : https://youtu.be/XJp9kVZ_mHo?si=wB0Fd6V62UZS8yuS
Berikutnya kita akan melakukan assesment formatif di pertemuan berikutnya🥰🥰
Demikian pembelajaran hari ini, semoga selalu dilimpahi ilmu yang bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu berdoa dan sholat lima waktu. Sampai jumpa pada pembelajaran selanjutnya.
Terimakasih
Wassalaamualaikum Wr Wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar