Hari/Tanggal : Jum'at, 15 September 2023 Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung Fase/Kelas : A/1 BAB/Tema : Bermain dan Bernyanyi
Materi Pembelajaran : Tepuk Tangan dan Entakan Kaki
CP :
Peserta didik mampu memahami denyut/pulsa, tempo dan pola ritme sederhana
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik mampu membangun persepsi musikal tentang pulsa, tempo dan ritme dengan cara mendengar, mengamati dan menirukan berbagai sumber bunyi dari tubuh dan lingkungan sekitar mereka. |
ATP :
1.1 Mampu bernyanyi secara mandiri dan bersama lagu nasional guna membangun rasa nasionalisme. Mampu bernyanyi bersama lagu daerah secara mandiri dan bersama. Menemukan perbedaan lagu nasional dan lagu daerah dengan tepat. Membuat kategori lagu nasional dan lagu daerah berdasarkan pada lirik lagu.
Assalamualaikum anak sholih/ah.. Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah? Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang.. Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? Hari ini kita akan belajaran mata pelajaran SBdp Seni Musik.
Tujuan Pembelajaran:
Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menirukan pulsa dengan tempo sederhana. Baik, hari ini kita akan mempelajari tentang musik dan berlajar bernyanyi dengan tepuk tangan dan entakan kaki |
Kita sering bertepuk dan entakan kaki saat sedang bernyanyi, tepukan tangan atau entakan kaki membentuk irwma atau ritme musik
A. Ketukan dalam Musik
Dalam irama musik, kita mendengar ketukan.
Ketukan berulang dan teratur yang disebut pulsa.
Contoh ketukan berulang dan teratur, seperti dengut jantung, tetesan air, dan detak arloji atau jam dinding.
Pulsa atau ketukan dapat bergerak cepat, sedang dan lambat.
Kecepatan gerak lagu itu disebut tempo.
Tempo pada lagu terdapat 3 jenis yaitu:
1. Tempo Lambat
2. Tempo Sedang
3. Tempo Cepat
Contoh lagu:
Contoh lagu tempo lambat : Bagimu Negeri
Contoh lagu tempo sedang : Ampar-ampar Pisang
Contoh lagu tempo cepat : Halo-halo Bandung
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini?
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu guru akhiri, Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar